Sukses

Pecahkan Rekor, Pria Ini Berhasil Bikin Pesawat Kertas Terbang Sejauh 77.134 Meter

Pemuda ini pecahkan rekor dunia dengan pesawat terbang kertas.

Liputan6.com, Jakarta Saat masih kecil kamu pasti pernah bermain pesawat terbang yang terbuat dari kertas. Mainan ini memang seru terlebih lagi jika dilakukan bersama teman di area terbuka. Selain itu, cara membuat pesawat terbang dari kertas ini pun cukup mudah.

Ketika bermain pesawat kertas ini, seberapa jauh pesawat kamu bisa terbang? Umumnya pesawat kertas ini hanya bisa terbang sejauh satu atau dua meter saja. Tergantung dari bentuk pesawat yang dibuat. Namun tahukah kamu kalau ada pesawat kertas yang bisa terbang sejauh ribuan meter?

Pesawat kertas itu adalah buatan tiga pemuda pecinta origami asal Malaysia. Pemuda yang sudah lama menetap di Amerika Seriakt itu tercatat memecahkan rekor dunia dengan hasil origaminya itu.

Bagaimana tidak, pesawat kertas yang dibuatnya berhasil terbang sejauh 77.134 meter. Alhasil, ia memecahkan rekor dalam kategori "penerbangan paling jauh dengan pesawat kertas" sedunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikut Kompetisi Pesawat Terbang Kertas

Dikutip dari Lobak Merah oleh Liputan6.com, Rabu (8/6/2022) pemuda asal Malaysia yang sudah lama menetap di Amerika Serikat bernama Chee Yie Jian berhasil menorehkan namanya di buku Guiness World Records. Ia bersama dua temannya asal Korea Selatan, Kim Kyu Tae dan Shin Moo Joon, adalah pencinta origami.

Mereka bertiga mengikuti kompetisi dunia pesawat terbang kertas di Daegu, Korea Selatan pada April 2022 lalu. Dalam kompetisi itu, ketiganya membuat pesawat terbang kertas yang mengadopsi dari desain pesawat airbus.

3 dari 3 halaman

Terbang Sejauh 77.134 Meter

Di kompetisi yang digelar di Daegu itu, Chee Yie Jian bersama Kim Kyu Tae dan Shin Moo Joon memiliki perannya masing-masing. Chee adalah desainer pesawat kertas yang mengadopsi dari bentuk pesawat airbus.

Sementara Kim Kyu Tae bertanggung jawab membuat perkiraan lontaran dan Shin Moo Joon adalah orang yang melipat kertas menjadi pesawat terbang. Ketika diuji, ketiganya sukses menerbangkan pesawat kertas dengan jarak terjauh 77.134 meter dan jarak terdekat adalah 71.813 meter.

Dikutip dari The Star, faktor yang membuat pesawat mereka bisa terbang jauh yakni sayap yang kecil dan ramping. Berkat keberhasilan mereka, ketiganya pun disebut memecahkan rekor dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini