Sukses

15 Wisata Alam Semarang Terpopuler dengan Pemandangan Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Semarang menawarkan pemandangan yang luar biasa. Belum lagi ditambah dengan udara yang sejuk khas pegunungan yang membuat liburan kamu makin tenang dan damai. Semarang sangat cocok dijadikan destinasi wisata yang menyegarkan pikiran.

Destinasi wisata alam seperti, umbul, kawasan hutan, pantai, danau, serta air terjun bisa kamu temui di Semarang. Sebagian dari destinasi wisata alam Semarang juga berlokasi tidak jauh dari pusat kota, sehingga kamu akan mudah untuk mengakses lokasinya.

Wisata alam Semarang menyajikan pemandangan dan kesejukan alam yang bikin tenang. Setelah menikmati destinasi wisata tersebut, kamu akan merasakan badan lebih lega dan lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas setelah berlibur sejenak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/6/2022) tentang wisata alam Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Wisata Alam Semarang

Umbul Sidomukti

Wisata alam Semarang yang pertama yaitu Umbul Sidomukti. Kolam renang alami ini membuat kamu akan merasakan berenang pada ketinggian 1200 mdpl karena terletak di lereng Gunung Ungaran. Di Umbul Sidomukti juga terdapat beberapa jenis kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda, yang bisa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa.

Air dari salah satu wisata alam Semarang ini sangat jernih dan tentunya sangat dingin. Kamu bisa juga sekalian menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian sembari berenang dan menghirup udara sejuk lereng pegunungan. Selain itu, sudah banyak fasilitas lainnya yang disediakan di Umbul Sidomukti ini.

Rawa Pening

Rawa pening adalah wisata alam Semarang berupa sebuah danau luas. Dengan luas yang mencapai 2670 hektar, danau ini memiliki panorama yang sangat memanjakan mata. panorama pegunungan dan airnya yang bening membuat Rawa Pening menjadi semakin indah dan sayang untuk dilewatkan. Di Rawa Pening ini, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Bahkan, kamu juga bisa memancing karena danau ini memiliki beragam jenis ikan yang hidup di dalamnya.

Hutan Mangrove Pantai Maron

Wisata alam Semarang berikutnya adalah Hutan Mangrove Pantai Maron. Hutan mangrove ini juga cocok buat keluarga dan kamu yang suka berswafoto. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti menyusuri jembatan bambu yang sudah disediakan, atau bisa juga naik ke spot gazebo tinggi untuk melihat secara keseluruhan wisata alam Semarang ini.

3 dari 6 halaman

Wisata Alam Semarang Pantai

Pantai Marina

Wisata alam Semarang berikutnya adalah Pantai Marina. Pantai Marina sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, jet ski, hingga taman bermain untuk anak-anak, sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Salah satu pantai di utara Pulau Jawa ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso.

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan alami. Walaupun berlokasi di dekat kota, namun suasana di Pantai Marina tetap sejuk karena banyak pohon-pohon rindang di sekitar pantai. Kamu juga bisa menikmati matahari tenggelam dan hembusan angin pantai yang sangat menyegarkan.

Pantai Tirang

Pantai Tirang dikenal memiliki suasana yang tenang dan damai. Cocok buat kamu yang sedang ingin bersantai. Kamu juga bisa memancing, bermain air, atau hanya sekedar melihat terumbu karang. Pantai Tirang berlokasi di Tugurejo, dan bisa diakses melalui empat jalur yaitu dari Stasiun Poncol, Stasiun Tawang, Bandar Udara Ahmad Yani serta Terminal Bus Semarang.

Pantai Baruna

Pantai Baruna merupakan wisata alam Semarang yang tak kalah indah dari Pantai Marina dan Pantai Tirang. Pantai ini terkenal dengan padang ilalangnya yang hijau dan segar. Pantai Baruna terletak di kawasan Baruna, Semarang Tengah. Tepatnya berada di sisi timur Pantai Marina.

4 dari 6 halaman

Wisata Alam Semarang

Wana Wisata Penggaron

Wisata alam Semarang selanjutnya adalah Wana Wisata Penggaron. Wana Wisata Penggaron adalah hutan lebat alami dengan udara segar yang terletak di Desa Susukan, Ungaran. Kamu akan disuguhkan kehidupan hutan dengan banyaknya hewan liar, terutama burung dari beragam spesies. Banyak orang yang sengaja menginap dengan mendirikan tenda di Wana Wisata Penggaron ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan seru seperti trekking, latihan SAR dan pramuka, serta off road.

Brown Canyon

Brown Canyon merupakan wisata alam Semarang berupa bukit yang terletak di Rowosari, Tembalang. Tempat ini merupakan bekas penambangan di Semarang. Brown Canyon kerap disebut Grand Canyon-nya Semarang. Brown Canyon memang memiliki tampilan mirip Grand Canyon dengan bukit-bukit batu yang menjulang tinggi.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan wisata budaya, sekaligus wisata alam Semarang karena menawarkan panorama indah. Candi bercorak Hindu ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, sehingga memiliki pemandangan yang indah. Tak sedikit pencinta foto yang mengabadikan panorama matahari terbit dari Candi Gedong Songo. Keunikan memotret matahari terbit dari Candi Gedong Songo adalah terdapat gugusan awan, gunung-gunung di Jawa Tengah, dan matahari terbit di antara candi, sehingga terlihat lebih sakral. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam pemandian air panas yang memiliki kandungan belerang. Lokasinya berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Hutan Pinus Kayon Semarang

Wisata alam Semarang selanjutnya adalah Hutan Pinus Kayon, yang berada di lereng gunung Merbabu. Lokasinya berada di bagian selatan Kabupaten Semarang, tak jauh dari Kota Ambarawa. Dengan ketinggian 1500 mdpl, hutan ini menawarkan udara segar dengan pemandangan khas ketinggian. Di sini, kamu bisa berselfie di berbagai spot yang instagramable dan juga berkemah di area camp. Secara resmi, nama tempat ini adalah Pesona Wisata Alam Kali Pasang (PWAKP) dan dikelola oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu.

5 dari 6 halaman

Wisata Alam Semarang Air Terjun

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur merupakan salah satu wisata alam Semarang yang sangat populer. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Semarang dengan ketinggian 150 meter. Lokasinya terletak di Desa Nogosaren Kecamatan Getasan. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melewati 900 tangga. Oleh karena itu, kamu tentunya harus menyiapkan stamina agar bisa bersenang-senang saat sampai di lokasi air terjun.

Curug Lawe

Curug Lawe berlokasi tidak terlalu jauh dari pusat Kota Semarang. Pesona air terjunnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Curug Lawe sangat tepat dijadikan sebagai tempat bersantai, apalagi pada pagi hari. Masih sama dengan Air Terjun Kali Pancur, kamu harus melewati perjalanan yang cukup panjang dengan jalan berbatu, tanah, hingga jembatan kayu untuk sampai ke air terjun satu ini.

Air Terjun Semirang

Wisata air terjun ini terletak cukup tersembunyi di tengah hutan. Hal ini membuat Air Terjun Semirang menjadi wisata alam Semarang yang menyejukkan. Kamu bisa mencapai Air Terjun Semirang ini dengan mudah, tetapi membutuhkan stamina yang fit karena lokasinya yang berada di lereng pegunungan yang mengharuskan kamu untuk berjalan kaki sampai lokasi air terjun. Tapi tidak perlu cemas, kamu akan puas dan lelahmu akan segera terobati setelah melihat indahnya air terjun yang terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat ini.

6 dari 6 halaman

Wisata Alam Semarang Pegunungan

Gunung Telomoyo

Bagi pencinta gunung, Telomoyo adalah wisata alam Semarang yang paling direkomendasikan. Keindahan gunung Telomoyo bisa kamu nikmati dengan cukup mudah karena kamu bisa mencapai puncaknya dengan sepeda motor dan mobil hanya dengan waktu kurang lebih 30 menit dari pintu pos. Bahkan, jalannya pun sudah beraspal dan mudah untuk dilalui. Tidak perlu takut, jalannya sudah beraspal dan mudah untuk dilalui. Di puncak terdapat stasiun pemancar, antena dan juga tower yang masih beroperasi hingga saat ini.

Gunung Ungaran

Wisata alam Semarang berupa pegunungan selanjutnya yaitu Gunung Ungaran. Tingginya mencapai 2050 mdp, sehingga sangat tepat untuk pendaki pemula. Pemandangannya sangat luar biasa ke berbagai sisi. Di sini kamu bisa berkemah dan menikmati pemandangan matahari terbit yang indah. Panorama alam yang bisa kamu lihat dari puncak Gunung Ungaran sangat memesona.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS