Sukses

Cara Membuat Spotify Pie, Tools buat Share Lagu dan Genre Musik Favorit

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat Spotify Pie mungkin membuat penasaran banyak orang. Pasalnya, hal ini sedang menjadi perbincangan warganet di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia. Spotify Pie adalah alat yang memungkinkan pengguna Spotify mengetahui genre musik yang sering ia dengarkan.

Informasi ini akan selalu diperbarui setiap bulan, sehingga kamu akan mengetahui perubahan genre musik yang kamu dengar setiap bulannya. Kamu mungkin juga mengenal Spotify Wrapped yang mirip dengan Spotify Pie ini.

Namun, perbedaan dari Spotify Pie dengan Spotify Wrapped ada pada rentang waktunya. Saat Spotify Pie dapat terus memperbarui genre musik yang kamu dengarkan setiap bulannya, Spotify Wrapped hanya hadir setiap akhir tahun.

Cara membuat Spotify Pie juga tidak begitu sulit. Bahkan, kamu tinggal membuka situsnya dan menyetujui akses ke akun Spotify saja. Biasanya, setelah mendapatkan hasil Spotify Pie ini, banyak orang akan membagikannya di media sosial.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/6/2022) tentang cara membuat Spotify Pie.

2 dari 3 halaman

Mengenal Spotify Pie

Sebelum mengetahui cara membuat Spotify Pie, kamu perlu mengenal apa itu Spotify Pie terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Spotify Pie adalah tools yang mirip dengan Spotify Wrapped. Spotify Wrapped sendiri merupakan tools untuk mengetahui genre musik yang sering kamu dengarkan di layanan streaming musik tersebut setiap akhir tahun.

Spotify Pie adalah alat yang memungkinkan pengguna Spotify mengetahui genre musik yang sering ia dengarkan. Informasi di Spotify Pie ini akan diperbarui setiap bulannya. Dengan ini kamu dapat mengetahui apakah ada perubahan genre musik ketika mendengarkan Spotify.

Spotify Pie berbentuk seperti diagram lingkaran yang berisikan genre musik apa saja yang kamu dengarkan selama sebulan penuh. Diagram tersebut menampilkan berbagai macam warna sesuai dengan genre musik yang kamu dengarkan. Tools ini tidak hanya mengungkapkan genre yang paling sering kamu dengarkan, tetapi juga mencantumkan artis top kamu pada bulan ini di bawah bagan warna-warni.

Sebagai informasi, tools ini dibuat oleh Darren Huang, mahasiswa UCLA (University of California, Los Angeles), bukan tools yang dibuat oleh Spotify. Oleh karena itu, untuk menggunakan Spotify Pie, kamu harus mengunjungi situs milik Darren terlebih dahulu. Tools ini juga belum ada di Play Store, jadi kamu harus mengunjungi situs milik Darren untuk membuat Spotify Pie.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Spotify Pie

Cara membuat Spotify Pie tidak begitu sulit dipraktikkan. Berikut cara membuat Spotify Pie yang bisa kamu lakukan:

1. Kamu dapat mulai membuatnya dengan mengakses situs milik Darren: https://huangdarren1106.github.io/.

2. Setelah itu, kamu akan diminta untuk login ke akun Spotify untuk dapat mulai menggunakan tools Spotify Pie buatan Darren ini.

3. Kemudian, kamu akan diminta untuk memberikan izin akses untuk riwayat musik apa saja yang didengar di Spotify, lanjutkan dengan mengklik "Ok".

4. Tak butuh waktu lama, kamu akan disajikan diagram tentang genre dan siapa saja musisi atau band yang paling sering didengarkan pada aplikasi Spotify kamu.

Setelah mengikuti cara membuat Spotify Pie tersebut, kamu bisa segera membagikan atau share hasilnya ke media sosial.