Sukses

Sel Adalah Pembentuk Makhluk Hidup, Ketahui Fungsi dan Cirinya

Liputan6.com, Jakarta Sel adalah bagian dasar pembentuk organisme. Semua organisme hidup adalah sel tunggal, atau organisme multiseluler yang terdiri dari banyak sel yang bekerja bersama. Sel adalah dunia terkecil yang diketahui melakukan semua fungsi kehidupan.

Sel adalah unit kehidupan terkecil yang dapat bereplikasi. Ilmu yang mempelajari tentang sel adalah biologi sel atau sitologi. Mempelajari sel adalah bagian dari memahami alam semesta.

Dalam klasifikasinya, sel adalah elemen yang ditandai dengan cara yang berbeda. Sel adalah kompleks dan komponennya melakukan berbagai fungsi dalam suatu organisme. Berikut penjelasan tentang apa itu sel, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(9/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Apa itu sel?

Sel adalah unit terkecil, dasar kehidupan yang bertanggung jawab atas semua proses kehidupan. Istilah "sel" berasal dari bahasa Latin "cella", "cellula", yang berarti "ruangan kecil". Sel adalah tingkat organisasi terendah dalam setiap bentuk kehidupan.

Semua organisme hidup terdiri dari sel. Dalam biologi, sel adalah unit struktural, fungsional, dan biologis dari semua organisme. Dari organisme ke organisme, jumlah sel dapat bervariasi. Sel adalah unit otonom yang dapat mereplikasi diri sendiri.

3 dari 6 halaman

Struktur sel

Struktur sel terdiri dari komponen individu dengan fungsi khusus yang penting untuk melakukan proses kehidupan. Komponen-komponen ini meliputi- dinding sel, membran sel, sitoplasma, nukleus, dan organel sel.

Membran sel

Membran sel mendukung dan melindungi sel. Ini mengontrol pergerakan zat masuk dan keluar dari sel. Ini memisahkan sel dari lingkungan eksternal. Membran sel hadir di semua sel.

Dinding sel

Dinding sel adalah bagian paling menonjol dari struktur sel tumbuhan. Ini terdiri dari selulosa, hemiselulosa dan pektin. Dinding sel hadir secara eksklusif dalam sel tumbuhan. Ini melindungi membran plasma dan komponen seluler lainnya. Dinding sel juga merupakan lapisan terluar dari sel tumbuhan.

Sitoplasma

Sitoplasma adalah zat kental, bening, seperti jeli yang ada di dalam membran sel. Sebagian besar reaksi kimia dalam sel terjadi di sitoplasma ini. Organel sel seperti retikulum endoplasma, vakuola, mitokondria, ribosom, tersuspensi dalam sitoplasma ini.

Nukleus

Nukleus mengandung materi herediter sel, DNA. Ini mengirimkan sinyal ke sel untuk tumbuh, matang, membelah dan mati. Nukleus dikelilingi oleh selubung nukleus yang memisahkan DNA dari bagian sel lainnya.

Organel Sel

Sel terdiri dari berbagai organel sel yang melakukan fungsi spesifik tertentu untuk melakukan proses kehidupan. Organel sel yang berbeda, bersama dengan fungsi utamanya, adalah sebagai berikut:

 

4 dari 6 halaman

Jenis sel

Sel dapat diklasifikasikan dengan cara yang berbeda. Misalnya, berdasarkan keberadaan nukleus yang terdefinisi dengan baik, sel mungkin eukariotik atau prokariotik. Sel juga dapat diklasifikasikan berdasarkan jumlah sel yang membentuk suatu organisme, yaitu “uniseluler”, “multiseluler”, atau “aseluler”.

Sel prokariotik

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki inti sejati dan organel yang terikat membran. Sel prokariotik adalah mikroorganisme bersel tunggal yang dikenal paling awal di bumi. Prokariota termasuk Bakteri dan Archaea.

Sel eukariotik

Sel eukariotik adalah sel yang mengandung inti dan organel yang terikat membran. Sel eukariotik memiliki nukleus yang tertutup di dalam membran nukleus dan membentuk organisme besar dan kompleks. Protozoa, jamur, tumbuhan, dan hewan semuanya memiliki sel eukariotik.

5 dari 6 halaman

Fungsi Sel

Memberikan Dukungan dan Struktur

Semua organisme terdiri dari sel. Mereka membentuk dasar struktural dari semua organisme. Dinding sel dan membran sel merupakan komponen utama yang berfungsi memberikan dukungan dan struktur bagi organisme. Misalnya, kulit terdiri dari sejumlah besar sel.

Memfasilitasi Pertumbuhan Mitosis

Dalam proses mitosis, sel induk membelah menjadi sel anak. Dengan demikian, sel-sel berkembang biak dan memfasilitasi pertumbuhan dalam suatu organisme.

Memungkinkan Transportasi Zat

Berbagai nutrisi diimpor oleh sel untuk melakukan berbagai proses kimia yang terjadi di dalam sel. Limbah yang dihasilkan oleh proses kimia dihilangkan dari sel dengan transpor aktif dan pasif. Molekul kecil seperti oksigen, karbon dioksida, dan etanol berdifusi melintasi membran sel sepanjang gradien konsentrasi. Ini dikenal sebagai transpor pasif. Molekul yang lebih besar berdifusi melintasi membran sel melalui transpor aktif di mana sel membutuhkan banyak energi untuk mengangkut zat.

Produksi energi

Sel membutuhkan energi untuk melakukan berbagai proses kimia. Energi ini dihasilkan oleh sel melalui proses yang disebut fotosintesis pada tumbuhan dan respirasi pada hewan.

Bantuan dalam Reproduksi

Sebuah sel membantu dalam reproduksi melalui proses yang disebut mitosis dan meiosis. Mitosis disebut sebagai reproduksi aseksual di mana sel induk membelah untuk membentuk sel anak. Meiosis menyebabkan sel anak secara genetik berbeda dari sel induk.

6 dari 6 halaman

Ciri-ciri sel

Berikut ciri-ciri sel:

- Sel menyediakan struktur dan dukungan untuk tubuh suatu organisme.

- Interior sel diatur menjadi organel individu yang berbeda yang dikelilingi oleh membran terpisah.

- Nukleus (organel utama) menyimpan informasi genetik yang diperlukan untuk reproduksi dan pertumbuhan sel.

- Setiap sel memiliki satu nukleus dan organel yang terikat membran di dalam sitoplasma.

- Mitokondria, organel terikat membran ganda terutama bertanggung jawab untuk transaksi energi penting untuk kelangsungan hidup sel.

- Lisosom mencerna bahan yang tidak diinginkan di dalam sel.

- Retikulum endoplasma memainkan peran penting dalam organisasi internal sel dengan mensintesis molekul selektif dan memproses, mengarahkan dan menyortirnya ke lokasi yang sesuai.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS