Sukses

15 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan, Lengkap Cara Mengolahnya

Ada banyak manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mengatasi jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan. Kayu manis merupakan jenis rempah yang lezat dan memiliki aroma yang khas. Umumnya, kayu manis digunakan sebagai bumbu masak.

Aroma dan rasa kayu manis yang khas berasal dari bagian yang berminyak sangat tinggi dalam senyawa cinnamaldehyde. Para ilmuwan percaya bahwa cinnamaldehyde adalah senyawa yang bertanggungjawab atas manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam kulit batang kayu manis bahkan mampu mengobati berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis. Tak hanya itu, kayu manis juga dipercaya dapat merawat kulit wajah menjadi lebih sehat.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan beserta cara mengolahnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

1. Meringankan Berbagai Gejala Menstruasi

Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang pertama adalah mampu meringankan gejala menstruasi. Pada kaum wanita menjelang masuknya periode menstruasi selalu timbul berbagai gejala yang menjadi tanda akan terjadi peluruhan dinding rahim. Gejala ini disebut dengan PMS atau Sindrom Pramenstruasi.

Gejala yang timbul dari setiap wanita bisa berbeda-beda. Mulai dari nyeri perut bagian bawah, nyeri pinggang, mual, muntah bahkan sebagian orang bisa terjadi pingsan. Munculnya gejala ini dapat diminimalisir dengan mengonsumsi rebusan kayu manis yang dicampur dengan teh.

Ramuan bahan alami ini mampu meredakan rasa nyeri saat haid juga menenangkan perut dari kontraksi. Bahkan dikatakan bahwa ramuan ini dapat mengurangi frekuensi muntah dan rasa mual yang parah saat PMS.

2. Melawan Bakteri dan Jamur

Kandungan antibakteri dan antijamur pada kayu manis mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Hal yang paling utama, kandungan antibakteri dan antijamur dapat mencegah berbagai infeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur. Seperti bakteri E.coli, Salmonella, atau Staphylococcus.

Bukan hanya itu, sifat antibakteri dan antijamur juga bermanfaat untuk mengurangi bau mulut, mencegah kerusakan gigi hingga mempercepat proses penyembuhan luka. Kedua hal ini termasuk dalam manfaat kayu manis yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsinya secara rutin.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat kayu manis jika dikonsumsi sangat berguna untuk kesehatan jantung. Hal ini tidak lain karena senyawa yang terdapat dalam kayu manis mampu mengurangi tekanan darah, serta kadar trigliserida dan kolesterol buruk.

Dalam waktu yang bersamaan, kandungan rebusan kayu manis dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan jantung. Selain itu, kayu manis juga mengandung kumarin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah.

 

3 dari 6 halaman

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

4. Bagus untuk Kesehatan Otak

Mengonsumsi kayu manis ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak dengan baik. Manfaat kayu manis yang satu ini membantu melindungi neuron, meningkatkan neotransmitter yang dinormalisasi dan meningkatkan fungsi motorik. Manfaat ini juga dapat mencegah penyakit degeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer yang ditandai dengan hilangnya struktur dan fungsi sel-sel otak secara bertahap.

5. Menurunkan Gula Darah

Sifat antidiabetik yang dimiliki kayu manis sangat efektif dalam menurunkan gula darah dalam tubuh. Kayu manis ini dapat bekerja selayaknya insulin, yaitu hormon yang bertugas untuk mengeluarkan gula dari aliran darah.

Bahkan kayu manis juga berguna untuk membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus, juga mencegah meningkatnya kadar gula darah setelah makan. Bukan hanya itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu menstabilkan kadar glukosa dan lipid pada penderita diabetes tipe 2.

6. Mendukung Penurunan Berat Badan

Kabar baik bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet, bahwa rebusan kayu manis dapat dijadikan minuman untuk menurunkan berat badan. Manfaat kayu manis yang satu ini memang diyakini dapat membantu dalam penurunan lemak dan pengurangan lingkar pinggang.

Bahkan kayu manis juga bisa membantu mengurangi respon negatif terhadap makanan berlemak tinggi yang dapat menyebabkan naiknya berat badan. Bagi Anda yang tertarik dengan khasiat ini, Anda bisa mulai membuatnya sendiri di rumah.

4 dari 6 halaman

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

 

7. Melindungi Tubuh dari Bahaya Radikal Bebas

Manfaat kayu manis berikutnya adalah dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Hal ini tidak lain karena kandungan antioksidan yang banyak terdapat dalam kulit batang kayu beraroma harum ini.

Jenis kandungan yang satu ini sangat berguna untuk melawan oksidasi dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Jika radikal bebas dibiarkan saja masuk ke dalam tubuh, maka tubuh menjadi rentan terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari diabetes, jantung hingga kanker.

Antioksidan polifenol yang banyak ditemukan dalam kayu manis juga dapat membantu mencegah pembekuan darah, mengurangi kadar gula darah, hingga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Bukan hanya itu, senyawa ini juga dapat meningkatkan fungsi otak, sistem pencernaan dan dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker.

8. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada kayu manis juga bekerja secara efektif untuk memperkuat kekebalan tubuh. Sifat antiperadangan ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang berbagai ancaman penyakit. Ini merupakan salah satu manfaat kayu manis yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin.

9. Anti-kanker

Lagi-lagi sifat antioksidan yang terdapat dalam kayu manis memberikan manfaat lain yang tidak kalah menakjubkan. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu tubuh membunuh jenis sel kanker tertentu, termasuk sel kanker kulit.

Khasiat ini bisa Anda dapatkan melalui konsumsi rebusan kayu manis secara rutin. Manfaat kayu manis yang satu ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda untuk hidup sehat bebas dari risiko penyakit kanker.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan dan Mengolahnya

10. Pelembap Bibir Alami

Manfaat kayu manis untuk kecantikan adalah sebagai pelembap bibir alami. Pelembab bibir dengan kayu manis mungkin terdengar aneh. Namun, bagi kamu yang memiliki bibir kering dan pecah-pecah, rempah ini sangat bermanfaat. Penggunaannya mudah, anda hanya perlu mencampurkan bubuk kayu manis dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bibir.

11. Mencegah Penuaan Dini

Fakta menarik lainnya ternyata manfaat kayu manis dapat berguna untuk mencegah penuaan dini. Kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat meningkatkan kolagen, elastisitas dan hidrasi pada kulit. Hal ini pun secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya kerutan-kerutan halus pada wajah dan penggelapan kantung mata.

Bukan hanya itu, sifat antibakteri yang terdapat pada kayu manis juga dapat melindungi kulit dari bakteri atau kuman penyebab jerawat. Bagi Anda yang ingin mendapatkan khasiat kecantikan ini, tidak ada salahnya mencoba ramuan herbal yang dibuat dari kayu manis.

12. Masker Jerawat

Manfaat kayu manis untuk kecantikan selanjutnya yaitu sebagai masker jerawat. Kayu manis telah terbukti tinggi antioksidan, salah satunya polifenol. Polifenol bekerja melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas dari sinar UV matahari dan polusi udara yang menyebabkan penuaan dini serta jerawat meradang.

Kayu manis juga telah terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiparasit untuk melawan bakteri penyebab jerawat, serta memiliki sifat penyembuh luka yang bisa berguna untuk mencegah terjadi luka bekas jerawat. 

Cara penggunaannya, campur tiga sendok makan madu dengan satu sendok makan kayu manis bubuk. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan sampai mengering. Kemudian, bilas wajah hingga bersih.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan dan Mengolahnya

13. Melembapkan Kulit

Selain untuk mengatasi jerawat, manfaat kayu manis untuk kecantikan kulit wajah juga dapat sebagai melembapkan kulit. Kulit kering dan bersisik merupakan masalah yang sering dialami oleh perempuan. Kulit yang bersisik selain mengurangi rasa percaya diri, juga dapat menimbulkan rasa gatal yang tidak tertahankan.

Untuk mengembalikan kelembaban kulit, gunakan lulur yang terbuat dari campuran garam laut, minyak almond, minyak zaitun, madu, dan kayu manis bubuk. Dengan begitu, masalah kulit kering dan bersisik bisa anda hindari.

14. Sebagai Foundation untuk Kulit Bercahaya

Selain itu, kayu manis juga bisa digunakan sebagai foundation untuk kulit bercahaya. Riasan wajah yang glowing bisa didapat dengan bantuan bubuk kayu manis. Caranya, bubuhkan bubuk kayu manis ke dalam foundation atau loose powder. Oleskan pada wajah untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

15. Meningkatkan Pigmen Kulit

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas pigmen atau warna kulit, segera siapkan kayu manis. Sifat antibakteri dan antijamur yang ada dalam rempah-rempah ini mampu membuat kulit jadi cantik. Caranya, buatlah campuran pasta dari bubuk kayu manis, yoghurt, pisang matang, dan jus lemon. Oleskan pasta ini di wajah. Diamkan sampai wajah terasa kering. Kemudian, cuci wajah dengan air hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.