Sukses

Software Adalah Perangkat Lunak Komputer, Pahami Peran dan Jenis-Jenisnya

Software adalah suatu perangkat lunak yang menjadi catatan untuk mesin komputer dalam menyimpan perintah dan berbagai dokumen ataupun arsip lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Software adalah suatu perangkat lunak yang menjadi catatan untuk mesin komputer dalam menyimpan perintah dan berbagai dokumen ataupun arsip lainnya. Software memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem operasi komputer.

Dikutip dari Computer Hope, software adalah sekumpulan instruksi atau program yang menginstruksikan komputer untuk melakukan tugas tertentu. Sedangkan menurut Encyclopaedia Britannica, software terdiri dari seluruh rangkaian program, prosedur, dan rutinitas yang terkait dengan pengoperasian sistem komputer.

Software sendiri dibuat untuk dapat mempermudah pekerjaan manusia, seperti untuk berhitung, membuat dokumen, hingga mengolah gambar. Selain itu, dalam pengoperasian komputer, software memiliki jenis-jenisnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian software beserta peran dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Software

Istilah software biasanya digunakan untuk menggambarkan program komputer yang berjalan di PC, ponsel, tablet, atau perangkat pintar lainnya. Pengertian software adalah suatu program komputer yang mampu menjembatani para pengguna dengan perangkat keras, baik itu komputer ataupun PC. Selain itu, software adalah suatu aplikasi yang terbuat dari sekumpulan kode bahasa pemrograman tertentu.

Itu artinya, pengertian software adalah suatu data yang diprogram ataupun disimpan secara digital dan tidak mempunyai wujud, tapi berada di dalam suatu komputer. Software itu sendiri dibuat oleh para developer atau programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu agar bisa digabungkan menjadi sebuah kode yang mampu dikenali oleh perangkat keras.

Software atau perangkat lunak memang tidak terlihat secara fisik, namun perannya sangat penting sebagai penggerak perangkat keras. Peran software adalah untuk membuat komputer dapat menjalankan perintah pengguna.

3 dari 5 halaman

Peran Software

Software memiliki berbagai peran untuk para penggunanya. Beberapa peran utama dari software adalah sebagai berikut:

1. Menyediakan berbagai fungsi dasar untuk keperluan komputer agar bisa dijalankan. Seperti untuk menyediakan sistem operasi dan berbagai sistem pendukung lainnya di dalam komputer.

2. Mengatur kinerja hardware yang terdapat di dalam komputer agar bisa berjalan secara lebih simultan.

3. Sebagai penghubung antar setiap software dan hardware yang terdapat di dalam komputer.

4. Sebagai penerjemah atas suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga akan lebih mudah untuk dimengerti ataupun diterima oleh hardware.

5. Berguna untuk melakukan identifikasi pada suatu program komputer.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Software Berdasarkan Fungsinya

Jenis-jenis software atau perangkat lunak komputer dibagi menjadi 4 jenis menurut fungsinya. Sebagai program yang berisi instruksi yang akan menjalankan perintah untuk melakukan pengolahan data, berikut jenis-jenis software yang perlu kamu ketahui:

1. Sistem Operasi

Sistem operasi atau operating sistem (OS) adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer. Contoh sistem operasi adalah Windows, sebagai sistem operasi yang umum digunakan. Selain contoh sistem operasi adalah UNIX, Macintosh Operating System, dan Linux.

2. Software Aplikasi

Software aplikasi adalah suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh program aplikasi yang sering digunakan pada komputer yaitu Microsoft Office hingga Adobe Photoshop.

3. Software Pembantu

Software bantu adalah suatu program untuk membantu sistem operasi. Contoh dari jenis software satu ini adalah perangkat lunak keamanan, seperti AVAST Antivirus, Kaspersky, hingga Smadav. Fungsinya untuk melindungi komputer dari berbagai macam serangan program perusak seperti malware, spyware, adware, trojan dan lain sebagainya.

4. Software atau Program Perusak

Software atau program perusak ini mungkin lebih terkenal dengan sebutan malware. Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi. Contohnya adalah virus, progam yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, memanipulasi data, menginveksi, serta mengubah dan merusak progam lain.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Software Berdasarkan Distribusinya

Di bawah beberapa pengelompokannya dalam jenis software:

1. Freeware

Perangkat lunak ini gratis dan dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu. Biasanya pengembang software membuat perangkat lunak ini untuk komunitas tertentu. Hak cipta tetap dipertahankan sehingga siapa saja dapat melakukan update software terbaru. Contoh software freeware adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, dan sebagainya.

2. Firmware

Perangkat lunak penyimpanan yang hanya dapat dibaca, atau Memory Read Only. Software ini bersifat paten sehingga tidak bisa dilakukan modifikasi atau pengembangan meskipun terdapat masalah dalam fungsinya. Biasanya firmware telah menyatu dengan perangkat keras, sehingga dianggap bukan perangkat lunak seutuhnya.

3. Adware

Adware merupakan jenis perangkat yang diperoleh serta digunakan tanpa biaya. Akan tetapi, perangkat lunak ini masih menyediakan kompensasi dengan adanya iklan yang muncul pada perangkat komputer yang digunakan.

4. Malware

Perangkat lunak ini dianggap sebagai perusak, sehingga bisa berbahaya jika disalahgunakan. Tujuan perangkat lunak ini untuk menyusup, bahkan merusak sistem jaringan komputer. Contoh malware adalah spyware (perangkat lunak pengintai), adware (perangkat lunak untuk iklan yang tidak jujur), virus komputer, dan software lainnya yang dibuat dengan tujuan merugikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.