Sukses

SKS Adalah Satuan Kredit Semester, Ketahui Fungsi dan Jumlahnya dalam Perkuliahan

SKS adalah ukuran beban studi yang secara umum digunakan pada tingkat perguruan tinggi.

Liputan6.com, Jakarta SKS adalah singkatan dari satuan kredit semester. Sistem SKS ini digunakan umumnya di perguruan tinggi. Dengan sistem ini, mahasiswa dimungkinkan untuk memilih sendiri mata kuliah yang akan ia ambil dalam satu semester.

Bagi mahasiswa yang baru masuk perguruan tinggi, wajib mengetahui pengertian SKS dan fungsinya. Pasalnya, SKS adalah bagian penting dalam proses akademik selama perkuliahan. Selain itu, SKS adalah penentu waktu dan beban studi yang harus diambil.

SKS ini sudah ditentukan oleh perguruan tinggi berdasarkan panduan Permendikbud. Meskipun begitu, setiap perguruan tinggi memiliki aturan SKS yang berbeda. Meski begitu, SKS adalah satuan yang menjadi acuan seluruh perguruan tinggi di Indonesia. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian SKS beserta fungsi dan jumlahnya dalam perguruan tinggi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian SKS

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa SKS adalah singkatan dari satuan kredit semester. Sementara jika dilihat dari pengertiannya sendiri SKS adalah ukuran beban studi yang secara umum digunakan pada tingkat perguruan tinggi.

Menurut Permendikbud No. 3 Tahun 2020, SKS adalah takaran waktu kegiatan belajar yang di bebankan pada mahasiswa per minggu per semester dalam proses pembelajaran melalui berbagai bentuk pembelajaran atau besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha mahasiswa dalam mengikuti kegiatan kurikuler di suatu program studi.

3 dari 6 halaman

Fungsi SKS dalam Perkuliahan

Fungsi utama dari SKS adalah agar perguruan tinggi tersebut dapat lebih memenuhi tuntutan pembangunan, karena didalamnya dimungkinkan penyajian program pendidikan yang bervariasi dan fleksibel, sehingga memberi kemungkinan lebih luas kepada mahasiswa untuk memilih program menuju suatu jenjang profesi tertentu.

Dalam perkuliahan, SKS adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan:

1. Besarnya beban studi mahasiswa;

2. Besarnya pengakuan atas keberhasilan usaha belajar mahasiswa;

3. Besarnya usaha yang diperlukan mahasiswa untuk menyelesaikan suatu program, baik program semesteran maupun program lengkap;

4. Besarnya usaha penyelenggaraan pendidikan bagi tenaga pengajar.

4 dari 6 halaman

Jumlah SKS yang Digunakan Sebagai Syarat Kelulusan

Pada jenjang perguruan tinggi ada beberapa program studi yang dapat anda pilih dan ikuti. Setiap program tersebut membutuhkan waktu kuliah yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini juga berkaitan dengan jumlah SKS yang harus diambil olehnya selama masa perkuliahan tersebut.

Menurut Permendikbud no 3 tahun 2020, untuk program D1, mahasiswa paling sedikit harus menempuh 36 SKS, D2 paling sedikit harus menempuh 72 SKS, D3 paling sedikit harus menempuh 108 SKS, Sarjana dan D4 paling sedikit harus menempuh 144 SKS, pendidikan profesi paling sedikit harus menempuh 24 SKS, magister paling sedikit harus menempuh 36 SKS, dan doktoral paling sedikit harus menempuh 42 SKS.

Beban normal belajar mahasiswa adalah 8 (delapan) jam per hari atau 48 (empat puluh delapan) jam per minggu setara dengan 18 (delapan belas) sks per semester, sampai dengan 9 (sembilan) jam per hari atau 54 (lima puluh empat) jam per minggu setara dengan 20 (dua puluh) sks per semester.

5 dari 6 halaman

Durasi SKS dalam Perkuliahan

Perlu diketahui bahwa satu SKS dalam bentuk kuliah setara dengan 170 (seratus enam puluh) menit kegiatan belajar per minggu per semester (50 menit tatap muka, 60 menit tugas terstruktur dan 60 menit tugas mandiri). Setiap mata kuliah paling sedikit memiliki bobot 1 (satu) sks.

Sementara untuk bentuk pembelajaran seperti seminar dan bentuk lainnya, 1 SKS terdiri dari 100 menit kegiatan proses belajar per minggu per semester dan 70 menit kegiata mandiri per minggu per semester.

1 (satu) sks pada bentuk pembelajaran praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara, adalah 170 (seratus enam puluh) menit per minggu per semester.

6 dari 6 halaman

Jenis Program Kuliah S1 dan Nilai SKS yang Harus Dipenuhi

Selain beberapa syarat kelulusan berdasarkan program studi yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi. Ada pula jenis program kuliah yang tentunya dapat anda pilih dan ikuti. Jenis program kuliah tersebut hanya terdapat pada jenjang program studi S1 yang diantaranya terdiri dari :

1. Program Reguler

Program reguler dikenal sebagai program kuliah yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran kuliah setelah dirinya lulus dari tingkat SLTA atau SMA. Jika dilihat dari jumlah SKS yang harus dipenuhinya semasa kuliah. Jumlah SKS S1 yang harus dipenuhi minimal 144 dan maksimal sebanyak 160 SKS . Program S1 reguler ini umumnya ditempuh selama 8 hingga 10 semester dengan perkiraan waktu selama 4 hingga 5 tahun masa perkuliahan.

2. Program Ekstensi

Berbeda dengan program di bagian atas. Untuk program ekstensi adalah jenis program studi S1 yang ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi setelah lulus dari tingkat D3. Dengan kata lain, program pendidikan ini memang secara khusus ditujukan bagi mereka yang telah memiliki gelar Ahli Madya (A.Md.) untuk melanjutkan studi pada jenjang sarjana.

Merujuk pada hal tersebut, tidak heran jika kelas ini banyak diambil oleh mereka yang telah bekerja atau karyawan. Karena itulah waktu perkuliahan yang dimilikinya pun dimulai dari sore hingga waktu malam hari. Tidak hanya itu, beberapa di antaranya bahkan diadakan pada akhir pekan.

Program ekstensi bersifat meneruskan dari pendidikan sebelumnya. Karena itulah waktu perkuliahan yang dibutuhkannya pun tidak lama hanya terdiri dari 4 hingga 6 semester saja. Sedangkan setiap semesternya terdiri dari 18 SKS, sehingga anda yang mengambil program ini hanya membutuhkan 76 SKS saja hingga kelulusan tiba.

Namun patut untuk anda perhatikan pula, bahwa semakin sedikit jumlah SKS per semester yang anda ambil, maka akan mempengaruhi waktu perkuliahan yang tentunya akan berjalan lebih lama dari semestinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.