Sukses

Stakeholder Adalah Pemangku Kepentingan, Ketahui Macamnya

Stakeholder membantu perusahaan memenuhi tujuan strategisnya.

Liputan6.com, Jakarta Stakeholder adalah elemen penting dalam jalannya sebuah perusahaan. Stakeholder adalah seseorang terlibat dalam proyek, bisnis, atau perusahaan. Stakeholder adalah bisa siapa saja yang memiliki pengaruh atau siapa saja yang dapat dipengaruhi oleh proyek.

Ada banyak jenis stakeholder, mulai dari internal sampai eksternal. Contoh stakeholder adalah pelanggan, pemasok, karyawan, hingga investor. Stakeholder adalah mereka yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi organisasi atau proyek dalam beberapa cara.

Stakeholder adalah elemen yang memiliki dampak yang signifikan pada keputusan mengenai operasi dan keuangan organisasi. Peran utama stakeholder adalah membantu perusahaan memenuhi tujuan strategisnya. Berikut penjelasan tentang apa itu stakeholder dan macamnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(10/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu stakeholder?

Dalam bahasa Indonesia, arti stakeholder adalah pemangku kepentingan. Stakeholder adalah siapa saja yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh suatu organisasi, strategi, atau proyek. Mereka bisa internal atau eksternal dan mereka bisa di tingkat senior atau junior.

Melansir Investopedia, stakeholder adalah pihak yang memiliki kepentingan dalam perusahaan dan dapat memengaruhi atau dipengaruhi oleh bisnis. Stakeholder adalah individu, kelompok, atau organisasi yang dipengaruhi oleh hasil proyek atau usaha bisnis.

3 dari 6 halaman

Pengertian stakeholder menurut ahli

Eden dan Ackermann

Stakeholder adalah orang atau kelompok kecil dengan kekuatan untuk menanggapi, bernegosiasi, dan mengubah masa depan strategis organisasi.

Edward Freeman Stakeholder adalah setiap kelompok atau individu yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh pencapaian tujuan organisasi.

Rhenald Kasali

Stakeholder adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun di luar perusahaan yang mempunyai peran dalam menentukan keberhasilan suatu peruahaan. Stakeholder bias berarti pula setiap orang yang mempertaruhkan hidupnya pada perusahaan.

Peran stakeholder

Melansir Masterclass, peran utama stakeholder adalah membantu perusahaan memenuhi tujuan strategisnya dengan menyumbangkan pengalaman dan perspektif mereka ke sebuah proyek. Mereka juga dapat menyediakan bahan dan sumber daya yang diperlukan. Dukungan mereka sangat penting untuk proyek yang sukses; jika mereka tidak menyukai hasilnya, proyek sering kali dianggap gagal, bahkan jika semua tujuan tercapai.

 

 

4 dari 6 halaman

Tipe stakeholder

Melansir The Balance, ada dua tipe dasar pemangku kepentingan:

Stakeholder utama

Stakeholder utama adalah orang-orang yang secara langsung dipengaruhi oleh bisnis dan aktivitas atau keputusannya. Pemegang saham termasuk dalam kategori ini, karena keuntungan mereka bergantung pada bagaimana bisnis memilih untuk beroperasi.

Stakeholder sekunder

Stakeholder sekunder adalah orang-orang yang secara tidak langsung dipengaruhi oleh bisnis dan aktivitas atau keputusannya. Mereka tidak secara langsung terlibat dengan bisnis, tetapi mereka mungkin terlibat atau terhubung dengan pemangku kepentingan utama. Anggota komunitas lokal tempat bisnis beroperasi yang tidak benar-benar berbelanja di bisnis tersebut termasuk dalam kategori ini.

 

5 dari 6 halaman

Jenis stakeholder

Stakeholder internal

Stakeholder internal orang atau kelompok yang terkait langsung dengan perusahaan yang melakukan proyek. Stakeholder internal dapat mencakup karyawan, yang merupakan anggota tim proyek yang akan menyelesaikannya, manajer proyek, manajer sumber daya, dan manajer lini. Manajemen puncak perusahaan, seperti presiden perusahaan, dewan direksi, dan komite operasi, dan kontributor luar, seperti subkontraktor dan konsultan, juga dapat dianggap sebagai stakeholder internal.

Stakeholder eksternal

Stakeholder eksternal adalah entitas yang tidak secara langsung terkait dengan perusahaan yang terlibat dalam proyek tetapi masih dipengaruhi oleh hasilnya. Pemangku kepentingan eksternal dapat mencakup vendor, pemasok, kreditur, pelanggan proyek, penguji proyek, dan kelompok pengguna produk.

6 dari 6 halaman

Contoh stakeholder

Pelanggan

Pelanggan adalah stakeholder utama, yang merupakan entitas yang terkait langsung dengan perusahaan dan keberhasilan ekonominya. Pemilik bisnis umumnya menganggap pelanggan sebagai pemangku kepentingan yang paling kritis karena dukungan mereka memungkinkan perusahaan untuk terus menjalankan bisnis.

Karyawan

Karyawan perusahaan adalah pemangku kepentingan utama karena mereka menciptakan barang dan jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan, dan kualitas pekerjaan mereka berdampak langsung pada dukungan pelanggan. Karyawan, pada gilirannya, mendapat manfaat finansial dari kinerja dan kesuksesan perusahaan yang berkelanjutan.

Pemerintah

Pemerintah adalah pemangku kepentingan sekunder (artinya secara tidak langsung terkait dengan perusahaan) melalui pemungutan pajak dari karyawan dan perusahaan melalui pajak perusahaan.

Investor dan pemegang saham

Investor, pemegang saham, dan pemegang saham adalah semua jenis pemegang saham utama yang membuat perusahaan tetap layak secara finansial dan memungkinkan proyek dengan menyediakan dana. Mereka juga dapat secara langsung memengaruhi pandangan perusahaan ketika mereka tidak puas dengan rencana atau arah bisnisnya.

Komunitas lokal

Area di mana bisnis berada dianggap sebagai pemangku kepentingan sekunder karena mendapat manfaat dari investasi ekonomi perusahaan melalui penciptaan lapangan kerja. Karyawan berbasis lokal kemudian dapat menginvestasikan kembali pendapatan mereka ke masyarakat dan meningkatkan kondisi keuangannya.

Pemasok dan vendor

Meskipun pemasok dan vendor ada di luar perusahaan, mereka masih dianggap sebagai pemangku kepentingan utama karena mereka dan perusahaan yang mereka jual mendapatkan keuntungan langsung dari pendapatan yang dihasilkan dari penjualan dan layanan. Mereka menyumbangkan sumber daya, bahan, dan, dalam banyak kasus, keahlian yang tidak dimiliki perusahaan, yang dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan pemegang saham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.