Sukses

20 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan, Gizinya Melimpah

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat alpukat diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung pada buah berwarna hijau ini. Selain bernutrisi, buah alpukat juga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.

Buah alpukat dikenal dengan kandungan lemak baiknya, yakni lemak tak jenuh tunggal. Buah ini juga mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung nutrisi tersebut, alpukat mengandung kalium, magnesium, lutein, folat, dan aneka vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Buah berwarna hijau ini juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu mencegah beragam jenis penyakit. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah alpukat yang memiliki nama latin persea americana ini juga berkhasiat untuk kecantikan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/6/2022).

2 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Berat Badan

Karena alpukat mengandung karbohidrat dan serat, mengonsumsi buah ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Meski berlemak, alpukat tidak menyebabkan berat badan cepat meningkat, karena jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik. Namun, untuk mendapatkan manfaat alpukat yang satu ini, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan mengingat kalorinya cukup tinggi, yaitu sektiar 150–200 kalori per buahnya. Selain itu, untuk menurunkan berat badan, Anda juga dianjurkan untuk rutin berolahraga.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Buah alpukat merupakan sumber lemak sehat, protein, serat, serta aneka vitamin dan mineral yang baik bagi jantung. Riset menunjukkan bahwa pola makan tinggi buah dan sayuan, termasuk buah alpukat, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kolesterol LDL yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan sumbatan di pembuluh darah jantung dan memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, buah alpukat baik dikonsumsi untuk mengontrol kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan mata. Asupan lutein dan zeaxhantin yang cukup juga baik untuk mencegah penyakit pada mata akibat penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

4. Mencegah dan Memaksimalkan Pengobatan Kanker

Selain mengandung lemak sehat, alpukat juga terkenal memiliki asupan folat yang baik untuk tubuh. Dalam berbagai studi ditemukan bahwa folat mampu melindungi tubuh dari mutasi DNA yang tidak diinginkan. Bahkan, alpukat dapat berperan dalam pengobatan kanker.

Hal ini disebabkan karena fitokimia pada alpukat dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker, dalam waktu bersamaan juga meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Oleh karena itu, manfaat alpukat mampu melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker lambung, kanker pankreas, hingga kanker serviks.

3 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

5. Mencegah Osteoporosis

Alpukat juga kaya akan kalsium, vitamin D, dan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang. Manfaat alpukat dengan ketiga asupan nutrisi tersebut adalah untuk mencegah anda terkena osteoporosis. Bagi anda yang tidak terlalu menyukai susu, alpukat dapat menjadi pengganti asupan nutrisi-nutrisi tersebut untuk menjaga kepadatan tulang.

6. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Alpukat juga baik untuk ibu hamil dan janin. Selain kaya akan folat, alpukat juga kaya kandungan serat, yang dibutuhkan bagi para wanita yang sedang hamil muda. Manfaat alpukat untuk kesehatan ibu hamil bahkan dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir akibat perubahan hormonal yang umum terjadi saat hamil.

7. Menurunkan Risiko Depresi

Manfaat alpukat ini dipengaruhi oleh kandungan folatnya. Makanan yang mengandung folat tinggi bisa mengurangi risiko Depresi. Ini karena folat bisa mencegah penumpukan homosistein, yakni zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan transportasi nutrisi ke otak. Seseorang dengan kelebihan homosistein dalam tubuh dapat mengalami gangguan produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang mengatur suasana hati, tidur, serta nafsu makan.

8. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat alpukat yang tinggi serat dapat meningkatkan pergerakan usus sehingga pembuangan racun dapat dilakukan setiap hari, melalui empedu dan feses. Meningkatkan konsumsi serat dalam alpukat dapat mengendalikan sistem kekebalan tubuh dan peradangan. Selain itu, alpukat juga mengandung zat yang memiliki aktivitas antimikroba, terutama Escherichia coli, bakteri yang sering menyebabkan keracunan makanan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Alpukat mengandung vitamin E yang dapat membantu melindungi anda dari penyakit Alzheimer, perlambatan dalam kemampuan berpikir dan mengingat. Manfaat alpukat untuk kesehatan ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam vitamin E. Antioksidan bisa melawan kerusakan sel yang terjadi akibat paparan polusi dan radiasi sinar matahari. 

10. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Sembelit bisa terjadi karena kekurangan asupan serat atau kurang minum air putih. Oleh karena itu, untuk mencegah atau mengatasi sembelit, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi serat yang salah satunya adalah alpkukat. Untuk memaksimalkan manfaat buah alpukat untuk sembelit, Anda juga dianjurkan minum air putih yang cukup dan rutin berolahraga.

11. Mengontrol Tekanan Darah

Alpukat kaya akan kalium. Mineral ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Kalium juga baik untuk mengatur irama jantung agar tetap teratur.

12. Mencegah Radang Sendi

Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi. Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi alpukat, seseorang akan memiliki risiko yang lebih kecil terkena radang sendi (arthritis). Namun, hal ini masih harus diteliti lebih lanjut.

5 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

13. Merawat Kulit Wajah Kusam

Buah alpukat mengandung lemak sehat, vitamin, dan antioksidan, yang merupakan beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaat alpukat bagi kecantikan ini, anda bisa menjadikannya sebagai masker alias dengan menghaluskan daging buahnya. Anda bisa menggunakan masker alpukat sebagai perawatan wajah untuk mengurangi masalah kulit kusam. Masker buah alpukat ini mampu membantu melembapkan dan merevitalisasi kulit.

14. Mengurangi Keriput pada Wajah

Manfaat alpukat untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat mengurangi keriput di wajah. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan menggunakan minyak alpukat. Hal ini dikarenakan minyak alpukat kaya vitamin yang mampu membantu menumbuhkan dan melembapkan kulit. Minyak alpukat ini mampu mengurangi keriput secara perlahan jika digunakan secara rutin.

15. Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Paparan Sinar Matahari

Ketika banyak melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari langsung anda bisa meringankan kondisi kulit yang terbakar dengan menggunakan alpukat. Adanya kandungan antioksidan dan lemak sehat mampu membantu menghidrasi kulit yang terbakar sinar matahari dan mengurangi rasa sakitnya. Oleskan alpukat yang sudah dihaluskan ke bagian kulit yang bermasalah. Anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun sebelum mengoleskannya untuk menenangkan kulit secara instan.

16. Melembapkan Kulit

Alpukat mampu melembapkan kulit, karena buah ini kaya akan lemak, air, serta vitamin dan mineral. Berkat kandungan tersebut, alpukat bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering atau pecah-pecah. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalam alpukat dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat masalah tertentu, seperti eksim dan jerawat.

6 dari 6 halaman

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan

17. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat alpukat untuk kecantikan selanjutnya adalah meningkatkan elastisitas kulit wajah. Manfaat ini dapat diperoleh karena dalam alpukat terkandung mangan dan vitamin C, yaitu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya. Selain itu, ada juga riset yang menunjukkan bahwa kandungan lemak sehat pada alpukat dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan wajah.

18. Mencegah Munculnya Jerawat

Manfaat alpukat untuk kecantikan selanjutnya adalah mengurangi munculnya jerawat. Hal ini karena kandungan vitamin C dan omega 3 pada alpukat dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga mampu mengurangi kemunculan jerawat. Selain vitamin C dan omega 3, alpukat yang sudah diolah menjadi minyak alpukat juga mengandung antimikroba, sehingga penggunaannya juga dapat mengurangi jerawat di wajah.

19. Menumbuhkan Rambut

Buah alpukat sangat kaya akan vitamin B dan vitamin E. Kedua vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaat alpukat untuk rambut, anda bisa menggunakan masker alpukat. Vitamin E berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan pada kulit kepala. Sedangkan vitamin B meningkatkan pergantian sel yang mampu menghasilkan rambut yang kuat.

20. Mengatasi Rambut Kusut

Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh yang terkandung pada alpukat mampu membantu mengembangkan sel baik di dalam maupun di luar tubuh. Apabila anda ingin mengembalikan penampilan yang mengkilap dan tekstur halus pada rambut, anda bisa menggunakan kondisioner yang mengandung bahan alpukat di dalamnya. Produk yang mengandung alpukat mampu membantu melembapkan dan menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujung rambut.