Sukses

4 Fakta Terbaru Terkait Meninggalnya Eril Anak Ridwan Kamil, Ditemukan oleh Guru SD

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan pencarian selama kurang lebih 2 minggu, akhirnya jenazah putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril berhasil ditemukan. Jenazah Eril sendiri diketahui berhasil ditemukan di bendungan Engehalde Bern pada Rabu (8/6/2022).

Bahkan, melalui tes DNA yang dilakukan oleh tim pencarian setempat, jenazah tersebut juga dipastikan merupakan putra dari Ridwan Kamil. Hal ini juga disampaikan langsung oleh KBRI Bern dalam konferensi pers pada Kamis (9/6/2022).

Melalui akun Instagram, Ridwan Kamil kembali berada di Swiss juga turut bersaksi mengenai kondisi jenazah sang anak yang masih utuh. Bahkan, dalam Instagram Storiesnya, gubernur Jawa Barat ini turut menyampaikan alasan mengenai kondisi jenazah Eril yang tetap utuh meski telah hilang selama 14 hari.

Bukan hanya itu saja, dalam akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil juga turut mengungkap mengenai sosok yang pertama kali menemukan jenazah anaknya. Ia diketahui bernama Geraldine Beldi dan berprofesi sebagai guru SD di Bern, Swiss.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terbaru terkait dengan meninggalnya Eril, putra Ridwan Kamil, Sabtu (11/6/2022).

2 dari 5 halaman

1. Kronologi ditemukannya Eril

Jenazah Eril berhasil ditemukan pada Rabu (8/6/2022) di bendungan Engehalde Bern. Rupanya, jenazah tersebut ditemukan oleh seorang guru SD bernama Geraldine Beldi. Dalam akun Instagram, Ridwan Kamil juga turut membagikan kronologi singkat mengenai kejadian tersebut.

Ridwan kamil menyebutkan jika Geraldine Beldi merupakan seorang guru SD tengah berjalan pagi menuju tempatnya mengajar saat menemukan jenazah Eril. Bahkan, ia langsung menelpon polisi setempat untuk mengangkat jenazah. Ridwan Kamil juga mengarahkan pada tim untuk mencari sosok Geraldine yang berhasil menemukan jenazah anaknya.

"“Mohon Carikan ibu guru itu,” itu arahan saya ke tim di Bern. “Saya berkewajiban menghaturkan terima kasih, sebelum pulang ke tanah air"" tulisnya.

3 dari 5 halaman

2. Geraldine Beldi selalu melihat ke arah sungai saat berjalan menuju tempatnya mengajar

Kabar hilangnya Eril sendiri sudah diketahui secara luas oleh warga kota Bern, termasuk Geraldine. Bahkan, ia mengaku jika setiap jalan kaki selalu melihat ke arah sungai Aare dan berharap bisa menemukannya.

"“Kami warga Kota Bern, tahu semua tentang berita Eril. Dan saya pun punya 2 anak. Jadi saya tiap jalan kaki, selalu melihat ke arah sungai Aare. Dan ternyata saya yang menemukannya. Turut berduka cita ya Pak”, ujar Geraldine Beldi.

Tak sampai disitu saja, sebagai rasa terima kasih, Ridwan Kamil juga turut menyampaikan jika sang guru SD tersebut berkeinginan liburan ke Indonesia, ia siap untuk mengurus segala urusannya.

“Ibu Geraldine kalo ingin berlibur ke Indonesia, tolong kabari saya ya. Nanti semuanya saya yg urus sebagai rasa terima kasih kami” tulis Ridwan kamil.

 

4 dari 5 halaman

3. Jenazah Eril akan dimakamkan di pemakaman keluarga

Usai ditemukan, jenazah Eril sendiri rencananya akan diterbangkan ke Indonesia pada Sabtu (11/6/2022) dan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6/2022). Setelah disemayamkan, jenazah diketahui akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang berada di daerah Cimauk, Kabupaten Bandung.

"Rencananya almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Cimauk, Kabupaten Bandung. Setelah pemakaman akan dilakukan doa bersama di Gedung Pakuan ini selama satu minggu," ujar salah satu pihak keluarga.

5 dari 5 halaman

4. Dimakamkan di kompleks masjid yang didesain Ridwan Kamil

Jenazah Eril sendiri diketahui akan dimakamkan di kompleks masjid yang kini tengah dibangun oleh Ridwan Kamil. Melalui akun Instagram pribadinya, Ridwan Kamil menyebutkan jika tempat peristirahan terakhir sang anak berada sebelah masjid yang ada di kampung halaman ibunya. Masjid tersebut jika didesain langsung oleh Ridwan Kamil.

"Dear Eril, Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz." tulis Ridwan Kamil

Ridwan Kamil juga turut mengunggah desain dari masjid serta makam sang anak dalam akun Instagram pribadinya. Ia menyebutkan jika rumah akhir sang anak didesain berada di sebelah sungai kecil dengan pemandangan gunung serta persawahan.