Sukses

15 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alami, Aman dan Tanpa Efek Samping

Liputan6.com, Jakarta Bekas luka yang terdapat pada wajah dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami yang dapat anda coba lakukan.

Bekas luka di wajah bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti jerawat, cacar air, peradangan, luka bakar, kecelakaan, cedera, atau efek pascaoperasi. Bekas luka umumnya berupa jaringan parut yang terbentuk sebagai bagian dari proses alami tubuh dalam memperbaiki kulit yang rusak dan menutup area yang terbuka.

Meski bekas luka biasanya akan memudar dengan sendirinya dari waktu ke waktu, Anda bisa melakukan berbagai cara agar bekas luka di wajah cepat memudar atau menghilang. Pilihan cara menghilangkan bekas luka di wajah dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan seberapa besar ukuran bekas luka yang Anda miliki.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/6/2022).

2 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alami

1. Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Selain bisa mengatasi kulit kering dan mencerahkan kulit, lidah buaya juga bisa membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka membandel.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan lidah buaya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area bekas luka, kemudian diamkan selama sektiar 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air bersih. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan gel lidah buaya sebanyak 2 kali sehari.

2. Madu

Di balik rasanya yang manis, madu bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, sekaligus menghilangkan bekas luka yang membandel. Ini karena madu mengandung efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang baik untuk proses pemulihan luka di kulit.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan cukup mengoleskan madu ke area bekas luka, lalu balut dengan perban. Setelah itu, diamkan semalaman dan lepaskan perban di pagi hari. Kemudian, bersihkan kulit dengan air hangat.

3. Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun

Tingginya kandungan antioksidan di dalam minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun dipercaya mampu menghilangkan bekas luka, terutama akibat jerawat atau dermatitis. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan cukup mengoleskan langsung minyak zaitun atau minyak kelapa ke bekas luka, sambil memijit secara perlahan selama sekitar 10 menit. Selanjutnya, biarkan kulit menyerap minyak selama minimal satu jam.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alami

4. Bawang Putih

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk masalah pada kulit. Tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat, bawang putih juga dipercaya bisa membantu menghilangkan bekas luka akibat psoriasis.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan cukup mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada area bekas luka, kemudian diamkan beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan bawang putih dengan campuran lidah buaya atau madu.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung zat asam yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah infeksi bakteri, mengurangi produksi sebum, dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, cairan ini dinilai efektif dalam membantu menghilangkan bekas luka membandel, terutama bekas luka akibat jerawat.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah, Anda perlu mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dengan 2 atau 3 sendok makan air putih, kemudian oleskan campuran cuka sari apel tersebut menggunakan bola kapas ke kulit. Jika kulit Anda sensitif, Anda perlu membuat larutan air cuka yang lebih encer, yakni dengan 2 sendok teh cuka apel dan 5–7 sendok makan air bersih.

6. Baking Soda

Meski sering digunakan untuk membuat adonan kue agar dapat mengembang, baking soda juga menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya bisa menghilangkan bekas luka. Anda cukup mencampurkan baking soda dengan air suling sedikit demi sedikit hingga berubah menjadi kental. Setelah itu, oleskan ke area bekas luka. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Meski beberapa bahan alami alami di atas dinilai dapat membantu menghilangkan bekas luka membandel, ada baiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakannya. Pasalnya, sebagian orang, terutama yang memiliki kulit sensitif atau riwayat alergi, mungkin bisa mengalami iritasi setelah menggunakan bahan-bahan di atas.

4 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alami

7. Daun Sirih

Daun sirih juga disebut bisa membantu menghilangkan bekas luka di wajah. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung senyawa alkaloid, antoksidan, dan juga vitamin C yang akan membantu meredakan peradangan pada bagian kulit yang luka.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan menghancurkan 3-5 lembar daun sirih, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di area kulit yang terbakar. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari.

8. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan minyak kelapa.  Hal ini disebabkan karena kandungan analgesik dan juga anti peradangan yang sangat kuat yang ada di dalam minyak tersebut. Anda hanya perlu menghangatkan minyak kelapa sebelum digunakan. Ketika minyak sudah mulai hangat balurkan minyak ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Pijat lembut wajah anda setelah menggunakan minyak kelapa ini lalu diamkan. Pastikan setelah menggunakan minyak anda tidak membasuhnya. Sebaiknya lakukan perawatan ini sebelum tidur hingga keesokan paginya untuk mendapatkan hasil maksimal.

9. Masker Oatmeal

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam oatmeal dapat membantu mempercantik kulit wajah, termasuk memudarkan bekas jerawat dan bekas luka lainnya yang ada di wajah. Caranya dengan memakai oatmeal sebagai bahan membuat masker.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan mencampurkan setengah gelas oatmeal dengan 1 gelas air, 2 tetes perasan lemon dan 1 sendok bubuk kayu manis. Lalu, oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20-30 menit hingga masker mengering. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat dan aplikasikan pelembab setelahnya agar kulit tidak kering. Lakukan cara ini secara rutin, agar seluruh bekas luka di wajah hilang dan memudar.

5 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alami

10. Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis dan lemon kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Nutrisi ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan bisa dijadikan cara menghilangkan bekas luka di wajah. Cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami dengan menggunakan jeruk nipis atau lemon terbilang cukup mudah, yakni:

a. Belah buah jeruk nipis/lemon menjadi dua bagian.

b. Oleskan pada kulit secara merata.

c. Diamkan selama 30 menit.

d. Bilas dengan air bersih.

11. Ekstrak Biji Anggur, Biji Rami dan Minyak Lavender

Ketiga bahan ini sering sekali digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka di wajah. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan ketiga bahan tersebut yaitu dengan menumbuk biji anggur lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena luka. Sedangkan untuk minyak lavender dan minyak biji rami, Anda dapat mengoleskannya secara langsung.

12. Mengkudu dan Timun

Baik mengkudu maupun mentimun juga sering digunakan untuk cara menghilangkan bekas luka di wajah atau yang lainnya. Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan mengkudu dan timun adalah:

a. Ambil buah timun atau mengkudu, lalu dihaluskan dan balutkan pada bekas luka. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit dan kemudian dibersihkan dengan air.

b. Cara menghilangkan bekas luka di wajah ini bisa anda lakukan saat malam hari dan dibiarkan hingga fajar tiba atau bangun tidur. Agar tidak berceceran, anda bisa membalutnya menggunakan kain bersih atau perban. Lakukanlah secara rutin agar bekas luka segera tersamarkan.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah Secara Alami

13. Teh Hijau

Manfaat teh hijau atau green tea untuk kecantikan memang tak perlu diragukan lagi. Anda perlu mencoba menggunakan teh hijau sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Menurut hasil penelitian dari Medical College of Georgia pada 2003 menyatakan mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan efektif, mendetoks racun dan bakteri secara alami, mengatasi inflamasi atau peradangan, bahkan menghilangkan noda luka yang membekas pada kulit.

Sebuah studi dalam Journal of Investigative Dermatology, teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG). Kandungan itu mampu untuk mengatasi noda bekas jerawat dengan cara memodulasi objek molekuler intraseluler. Maka tak heran jika banyak produk kecantikan yang memakai teh hijau sebagai bahan utamanya. Cara penggunaannya ialah dengan menggosokkan ampas teh hijau pada bekas luka dengan rutin setiap hari.

14. Minyak Zaitun dan Madu

Minyak zaitun yang dipadukan dengan madu juga disebut sebagai bahan alami yang ampuh menghilangkan bekas luka bakar. Caranya ialah dengan mengoleskan madu atau minyak zaitun pada area luka, lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit. Cara ini bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang maupun malam hari. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa mengoleskannya sambil melakukan pemijatan agar minyak zaitun dan madu bisa meresap ke dalam kulit.

15. Air Kelapa

Cara menghilangkan bekas luka di wajah berikutnya adalah dengan memanfaatkan air kelapa. Membasuh bekas luka yang hitam dengan menggunakan air kelapa ternyata cukup manjur. Berikut caranya:

a. Siapkan air kelapa secukupnya.

b. Gunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka di wajah anda.

c. Biarkan beberapa saat.

d. Kemudian, bilas dengan air bersih.