Sukses

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui adalah Terbatas dan Pasti Habis

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui? Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang jumlahnya terbatas dan pasti habis.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjelaskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah tidak dapat dipulihkan sama sekali dikarenakan pembentukkannya sangat lambat.

“… bahan mineral, batu bara, minyak bumi, gas alam,” dicontohkan.

Dalam buku berjudul Geografi: Membuka Cakrawala Dunia oleh Bambang Utoyo, dijelaskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam yang jika persediaan di alam habis maka tidak dapat diperbarui lagi.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan contohnya, Senin (13/6/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Arti Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui adalah Terbatas dan Pasti Habis

Sumber daya alam adalah bagian dari sumber energi, mampu menjaga keseimbangan alam, memenuhi kebutuhan makhluk hidup, hingga menjadi sumber ekonomi seperti cadangan devisa negara.

Sumber daya alam adalah segala potensi alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menunjang kelangsungan hidupnya. Apa itu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui?

Memahami sumber daya alam adalah segala yang berasal dari alam, ada yang jumlahnya kekal atau tidak akan pernah habis, bisa diperbaharui, dan ada yang tidak dapat diperbaharui atau jumlahnya terbatas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjelaskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah tidak dapat dipulihkan sama sekali dikarenakan pembentukkannya sangat lambat bila dibandingkan dengn umur manusia serta jumlah sumber daya alam ini relatif statis.

“… bahan mineral, batu bara, minyak bumi, gas alam,” dicontohkan.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang jumlahnya terbatas dan pasti habis. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources) adalah harus dimanfaatkan atau diolah dengan ukuran tertentu.

Dalam buku berjudul Geografi: Membuka Cakrawala Dunia oleh Bambang Utoyo, dijelaskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam yang jika persediaan di alam habis maka tidak dapat diperbarui lagi.

Harga jual dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah lebih mahal daripada sumber daya alam yang bisa diperbaharui.

3 dari 4 halaman

Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui adalah Batu Bara hingga Minyak Mentah

Ini contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Batu Bara

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah batu bara. Batu bara adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui berasal dari sisa-sia batang dan ranting sejenis pohon pakis yang hidup sekitar zaman karbon.

Dalam pengaruh tekanan yang sangat tinggi, sisa tumbuhan tersebut mengalami proses metamorfosis dinamo dan terjadi perubahan wujud dari batang tanaman menjadi gambut (veen), baru bara muda (lignit), batu bara pertengahan (bitumin), batu bara tua (antrasit), dan grafit.

2. Timah Putih

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah timah putih. Timah putih sebagai contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah mineral logam yang banyak terkandung dalam batuan granit.

Pada proses pengikisan batuan oleh aliran sungai maka terjadi pemilahan antara massa batu granit dan bijih timah putih. Mineral logam kemudian diendapkan di dasar sungai.

Jenis bahan tambang atau contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah seperti timah putih banyak dimanfaatkan untuk menyambung atau mematri kabel dalam industri elektronik, pelapis besi agar tidak mudah berkarat, dan sebagai pelapis kemasan obat.

3. Gas Alam

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah gas alam. Gas alam biasa digunakan untuk memasak di dapur. Penggunaan lainnya, yakni untuk proses pembakaran dan pemanasan di sektor industri seperti sebagai pembangkit tenaga listrik (PLTU). Gas alam sebagai contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah berasal dari fosil yang membentuk gas metana.

4. Bauksit

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bauksit. Bauksit atau bijih aluminium terkandung dalam batuan yang mengalami proses pencucian. Aluminium banyak digunakan untuk sebagai pelapis badan pesawat terbang.

5. Nikel

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah nikel. Nikel adalah jenis mineral logam yang banyak terkandung di wilayah laut dalam, seperti di dasar lempengan samudra. Akibat proses endogen berupa pengangkatan, wilayah laut itu naik ke permukaan darat.

6. Minyak Mentah

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah minyak mentah. Minyak mentah adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui berasal dari fosil purba yang terperangkap di perut bumi.

Setelah ditambang, minyak mentah akan diolah menjadi berbagai jenis bahan bakar seperti bensin, solar, hingga minyak tanah. Selain itu, produk sampingan lain dari contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi adalah plastik dan aspal.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam dan Penjelasannya

Ada lima jenis sumber daya alam yang perlu diketahui. Apa saja? Ini penjelasan jenis-jenis sumber daya alam yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan sifatnya. Ini jenis sumber daya alam adalah berdasarkan sifatnya yang dibagi menjadi 2, yaitu:

- Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, air, sinar matahari, dan mikroorganisme lainnya.

- Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sedangkan jenis sumber daya alam satu ini mempunyai jumlah yang terbatas. Hal ini dikarenakan proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga apabila digunakan terus menerus akan habis. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan-bahan galian atau barang tambang.

2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan jenisnya. Sumber daya alam berdasarkan jenisnya dibagi menjadi 2, yaitu:

- Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam hayati ini dibedakan menjadi 2, yaitu :

Sumber daya alam hayati yang berasal dari hewan atau binatang seperti telur, daging, ikan, dan lain sebagainya.

Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan merupakan produsen atau penyusun utama dari rantai makanan.

- Sumber Daya Alam Non Hayati (abiotik)

Sumber daya alam non hayati ini berasal dari benda-benda mati. Seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan hasil tambang.

3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan lokasinya, yaitu:

- Sumber Daya Alam Akuatik

Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang dijumpai di daerah perairan. Seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, udang, kepiting, dan lain sebagainya.

- Sumber Daya Alam Terrestrial

Sedangkan sumber daya alam terrestrial adalah sumber daya alam yang hanya dijumpai di daerah atau wilayah di daratan. Seperti hasil hutan, bahan-bahan tambang, dan lain sebagainya

4. Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukannya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan pembentukannya. Ada 4 jenis sumber daya alam berdasar pembentukannya, yaitu:

- Sumber Daya Alam Materi

Sumber daya alam yang berupa benda mati dan bisa didapatkan secara langsung dari alam, bisa melalui beberapa proses seperti penambangan dan pengolahan yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.

- Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya alam ini bisa menghasilkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Contohnya seperti minyak bumi, batu bara, gas bumi, air, udara dan sinar matahari

- Sumber Daya Alam Ruang

Sumber daya alam ruang adalah yang berupa ruang, tempat, atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidup. Sumber daya alam ruang ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti letak astronomis, topografi, maupun reliefnya. Seperti gunung dan lembah

- Sumber Daya Waktu

Sumber daya alam ini keberadaannya tergantung oleh waktu atau musim. Misalnya air ketika musim kemarau keberadaannya sangat sulit ditemukan, tetapi ketika musim hujan sangat berlimpah.

5. Sumber Daya Alam Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomisnya

Jenis sumber daya alam adalah bisa dilihat berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya, yaitu:

- Sumber Daya Alam Ekonomis

Contohnya seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara dan timah.

- Sumber Daya Alam Non-Ekonomis

Contohnya sinar matahari, udara, dan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.