Sukses

12 Manfaat Donor Darah Rutin yang Jarang Diketahui

PMI merekomendasikan donor darah dilakukan rutin minimal tiga bulan sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Mendonorkan darah rutin setiap 3 bulan sekali bisa mendatangkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain bermanfaat bagi tubuh pendonor, aktivitas ini membantu menambah produksi darah untuk kebutuhan transfusi yang masih kurang.

Palang Merah Indonesia (PMI) merekomendasikan donor darah dilakukan rutin minimal tiga bulan sekali. Meski demikian, rata-rata pendonor boleh melakukan donor darah setiap 3-4 bulan sekali dan maksimal 5 kali dalam kurun waktu 2 tahun.

Apa saja manfaat donor darah rutin tersebut? Manfaat donor darah rutin adalah membantu mengurangi stres, mengendalikan kolesterol darah, mencegah obesitas, menyehatkan jantung, hingga menurunkan risiko terkena kanker.

Direktur Loyola University Health System, Amerika Serikat, Phillip DeChristopher melansir Health, mengungkap manfaat donor darah rutin adalah seseorang akan langsung diberitahu ada atau tidaknya kondisi medis tertentu.

Ingin mendonorkan darah?

Syarat donor darah adalah berusia 17-65 tahun dan memiliki berat badan minimal 45 kilogram. Memiliki tekanan darah sistolik 100–170 mmHg dan diastolik 70–100 mmHg. Tidak memiliki riwayat penyakit jantung, paru, hipertensi, diabetes, epilepsi, hepatitis B dan C, sifilis, HIV, atau narkoba.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam manfaat donor darah rutin yang jarang diketahui, Senin (13/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Donor Darah Rutin yang Jarang Diketahui

1. Mengurangi Stres

Manfaat donor darah rutin adalah bisa membantu mengurangi stres. Manfaat donor darah rutin akan membuat mood menjadi lebih baik, tidak mudah marah dan tidak mudah tersinggung.

Setelah donor darah, tubuh memproduksi sel-sel baru. Tidak heran jika kemudian tubuh menjadi lebih segar. Pikiran menjadi lebih tenang, emosi menjadi lebih stabil, dan otak menjadi lebih peka.

Mental Health Foundation menjelaskan, manfaat donor darah rutin dapat mengurangi stres, meningkatkan persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup (emotional well-being).

“… baik untuk kesehatan tubuh, membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki dan mengurangi perasaan kesepian (isolation),” dijelaskan.

2. Mengendalikan Kolesterol Darah

Manfaat donor darah rutin adalah mampu mengendalikan kolesterol darah. Kekentalan darah dapat terkontrol dengan baik dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat adalah penyebab gangguan kesehatan, seperti penyumbatan aliran darah.

Inilah pentingnya melakukan donor darah secara rutin.

Dalam jurnal BMC Medicine, diungkap manfaat donor darah rutin ini. Sekelompok pasien dengan sindrom metabolik yang menjalani donor darah mengalami penurunan tekanan darah setidaknya 6 minggu setelah donor darah. Bahkan, kadar gula darah dilaporkan berkurang secara signifikan.

3. Deteksi Dini Penyakit Berbahaya

Manfaat donor darah rutin adalah membantu deteksi penyakit berbahaya lebih dini. Tes kesehatan saat donor darah menjadikan kesehatan pendonor menjadi lebih terkontrol dengan baik.

Direktur Loyola University Health System, Amerika Serikat, Phillip DeChristopher melansir Health, mengungkap manfaat donor darah rutin ini. Dijelaskan seseorang akan langsung diberitahu ada atau tidaknya kondisi medis tertentu.

4. Membuang Zat Besi yang Berlebihan 

Manfaat donor darah rutin adalah membantu membuang zat besi berlebihan dalam darah. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah. Apabila jumlahnya berlebihan, zat besi akan menumpuk di pembuluh darah, liver, dan jantung. Manfaat donor darah rutin dapat mencegah hal tersebut terjadi.

5. Mencegah Terjadinya Kegemukan

Manfaat donor darah rutin adalah mencegah obesitas atau terjadinya kegemukan. Memiliki tubuh ideal merupakan idaman banyak orang. Kini tidak hanya harus mengandalkan olahraga, makanan sehat, dan pola hidup sehat tetapi juga donor darah. Sebab, ketika mendonorkan darah ada kurang-lebih 650 kalori terbakar dari tiap 450 mililiter darah yang didonorkan.

6. Menyehatkan bagi Jantung

Manfaat donor darah rutin adalah menyehatkan bagi jantung, mengapa bisa demikian? Donor darah bisa mengurangi kadar kekentalan pada darah. Kentalnya darah termasuk salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Gumpalan darah akan menyumbat pembuluh darah dan buruk bagi kesehatan jantung. Manfaat donor darah rutin akan menjadi salah satu upaya menyehatkan jantung. Ini karena kekentalan darah menjadi lebih terkontrol dengan baik.

Pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dapat menurunkan risikonya. Manfaat donor darah rutin ini diungkap British Journal Heart. Pada laki-laki sebesar 30% masalah serangan jantung koroner dan stroke bisa dicegah karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru, dan badan merasa sehat.

3 dari 3 halaman

Manfaat Donor Darah Rutin yang Jarang Diketahui

7. Meningkatkan Produksi Darah

Manfaat donor darah rutin adalah meningkatkan produksi darah secara alami. Darah merah memiliki peran mengalirkan nutrisi ke seluruh anggota badan. Peningkatan jumlah sel darah merah dalam tubuh bisa lebih optimal dengan donor darah. Justru manfaat donor darah rutin menjadikan distribusi zat gizi menjadi lebih lancar, termasuk segala nutrisi yang hendak disalurkan untuk kulit.

8. Menurunkan Risiko Kanker 

Manfaat donor darah rutin adalah menurunkan risiko penyakit kanker. Tubuh dengan kadar zat besi terlalu tinggi lebih mungkin dihinggapi oleh radikal bebas. Kondisi ini membuat tubuh rentan terkena penyakit, tak terkecuali kanker.

Manfaat donor darah rutin dapat membuat kondisi tersebut teratasi. Hal ini karena donor darah mampu mencegah penumpukan zat besi dan membuat kadarnya lebih stabil.

Ini diungkap dalam Journal of the National Cancer Institute Volume 100, orang-orang yang rutin donor darah mengalami penurunan risiko beberapa jenis kanker seperti kanker hati, usus besar, paru, esofagus, dan perut.

Hal yang sama tentang manfaat donor darah rutin diungkap dalam Journal of the National Basic and Clinical Physiology and Pharmacology. Bahwa mendonorkan darah dapat menurunkan penanda inflamasi dan meningkatkan kekuatan antioksidan.

9. Menghindarkan Penyakit Kulit

Manfaat donor darah rutin adalah menghindarkan dari penyakit kulit. Hal ini disebabkan karena darah kotor dalam tubuh akan lebih mudah dihilangkan. Sirkulasi pergantian sel darah merah juga berjalan lebih teratur dan lancar. Penyakit kulit menjadi lebih mudah dihindari.

10. Menyembuhkan Luka

Manfaat donor darah rutin adalah lebih cepat menyembuhkan luka. Saat mendonorkan darah, tubuh akan menyesuaikan dengan berkurangnya sel darah merah. Proses ini membawa dampak positif. Termasuk ketika memiliki luka yang menyebabkan darah berkurang cukup banyak. Penyembuhan luka akan lebih cepat terjadi secara alami dengan donor darah.

11. Cegah Penuaan Dini

Manfaat donor darah rutin adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Donor darah bisa membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah. Setelah donor darah, tubuh akan meregenerasi sel darah merah secara alami. Dampaknya akan membuat kulit wajah menjadi kencang dan terhindar dari keriput.

12. Cerahkan Kulit

Manfaat donor darah rutin adalah mencerahkan kulit secara alami. Mengapa bisa demikian? Kandungan zat besi darah dapat membentuk hemoglobin dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Kelebihan zat besi tidak berdampak baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Justru kelebihan zat besi akan menyebabkan kulit menjadi kusam. Untuk itu rutin mendonorkan darah sangat dianjurkan. Manfaat donor darah rutin akan membuat zat besi dalam darah bisa lebih terontrol dengan baik. Kulit wajah akan menjadi lebih bersih, bercahaya, dan bebas dari kusam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.