Sukses

Tiga Peran Penting Rumah Tangga Pemerintah adalah sebagai Pendukung Kegiatan Ekonomi

Tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai regulator, produsen, dan konsumen.

Liputan6.com, Jakarta Tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai pendukung kegiatan ekonomi. Pemerintah termasuk ke dalam pelaku ekonomi yang perannya sangat penting. Pelaku ekonomi memang tidak hanya terbatas perorangan, namun juga termasuk organisasi, baik pemerintah ataupun swasta, hingga masyarakat pada umumnya. 

Secara Umum, pelaku ekonomi ini terbagi menjadi rumah tangga keluarga, masyarakat, perusahaan, dan rumah tangga pemerintah. Setiap pelaku ekonomi tersebut memiliki peran masing-masing dalam kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai regulator, produsen, dan konsumen. Hal ini tentunya juga membuat kamu harus tahu tentang peran dari pelaku ekonomi lainnya, seperti rumah tangga keluarga, masyarakat, dan perusahaan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/6/2022) tentang tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Pelaku Ekonomi

Sebelum memahami lebih jauh tentang tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai regulator, produsen, dan konsumen, kamu tentunya perlu mengenali macam-macam pelaku ekonomi terlebih dahulu. Mengutip laman Desa Kesiman Kertalangu, berikut penjelasan macam-macam pelaku ekonomi:

- Rumah tangga keluarga. Rumah tangga keluarga adalah pelaku ekonomi yang memiliki ruang lingkup terkecil. Pelaku ekonomi ini biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Selain itu, individu yang bukan anggota langsung dari keluarga tersebut juga tetap dianggap sebagai anggota rumah tangga keluarga dan terlibat dalam kegiatan ekonomi keluarga, misalnya nenek, kakek, saudara, atau pembantu.

- Masyarakat. Masyarakat tentunya memiliki peran sangat penting dalam kegiatan ekonomi, baik dari sisi produksi, distribusi, maupun konsumsi.

- Perusahaan. Perusahaan adalah suatu badan usaha yang menjalankan suatu kegiatan untuk menghasilkan produk barang/jasa dengan tujuan utama memperoleh keuntungan. Perusahaan sering dikaitkan dengan rumah tangga. Namun terdapat perbedaan yang sangat besar antara perusahan dan rumah tangga, yaitu dari segi tujuannya.

- Rumah Tangga Pemerintah (Negara). Pemerintah adalah lembaga kepemerintahan yang bertugas untuk memantau kegiatan ekonomi yang berjalan. Tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai regulator, produsen, dan konsumen.

3 dari 4 halaman

Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Peran Rumah Tangga Keluarga dalam Kegiatan Ekonomi

Sebelum mengenali tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai apa, kamu perlu juga mengenali peran rumah tangga keluarga dalam kegiatan ekonomi.

- Rumah tangga keluarga sebagai produsen

Rumah tangga keluarga sebagai produsen dalam kegiatan ekonomi merupakan rumah tangga yang dapat menghasilkan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam proses produksi, rumah tangga keluarga sebagai produsen memiliki tanah, tenaga kerja, modal, dan keahlian untuk dimanfaatkan.

Hasil yang diperoleh rumah tangga keluarga sebagai produsen adalah uang. Penghasilan tersebut dapat diperoleh dari Usaha sendiri, berkerja pada pihak lain, ataupun menyewakan faktor-faktor produksi.

- Rumah tangga keluarga sebagai distributor

Rumah Tangga keluarga dapat berperan sebagai distributor dengan membuka toko atau warung, menjadi pedagang, dan lain-lain. Tujuan dari kegiatan distribusi juga untuk mendapatkan penghasilan.

- Rumah tangga keluarga sebagai konsumen

Peran rumah tangga keluarga sebagai konsumen merupakan hal yang sangat jelas, bahkan menjadi kegiatan ekonomi utama dalam rumah tangga keluarga. Setiap pelaku ekonomi ini pasti melakukan kegiatan konsumsi dari hasil pendapatan yang diperoleh. Beberapa faktor yang mempengaruhi banyak atau sedikitnya konsumsi rumah tangga keluarga adalah jumlah pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga, status sosial ekonomi keluarga, harga barang atau jasa yang dibutuhkan.

 

Peran Masyarakat dalam Kegiatan Ekonomi

- Masyarakat sebagai produsen

Masyarakat sebagai produsen merupakan anggota kelompok yang menghasilkan pendapatan dengan menjual produksi produk barang/jasa, misalnya berdagang, membuat kerajinan, hewan ternak, dan lain-lain.

Dalam kegiatan usaha untuk mendapatkan penghasilan tersebut, usahanya memiliki ciri-ciri umumnya tidak menggunakan alat-alat yang canggih, tidak membutuhkan pendidikan/keahlian khusus, serta usaha ekonomi berlangsung dalam ruang lingkup yang kecil

- Masyarakat sebagai distributor

Peran Masyarakat sebagai distributor terwujud apabila masyarakat menjadi penyalur bahan produksi dari produsen ke konsumen.

- Masyarakat sebagai konsumen

Kelompok masyarakat pasti membutuhkan barang dan jasa untuk kelangsungan usaha dan hidupnya. Sehingga mereka menjadi konsumen dari produsen lain. Masyarakat merupakan pengguna produk-produk umum, seperti jalan raya, sekolah, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Peran Perusahaan dalam Kegiatan Ekonomi

- Perusahaan sebagai produsen

Peran utama dari perusahaan adalah untuk produksi, sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Sesuai dengan peran dan tujuannya tersebut, maka sebuah perusahaantentunya  akan berperan sebagai produsen. Beberapa hal yang perlu dilakukan perusahaan sebelum menjalankan aktivitasnya adalah menentukan barang/jasa yang akan diproduksi, menentukan proses pengelolaan produksi barang/jasa tersebut, hingga memastikan barang dan jasa yang diproduksi dibutuhkan konsumen target.

- Perusahaan sebagai distributor

Apabila produknya tidak laku maka suatu perusahaan akan mengalami kerugian, oleh karena itu mereka harus berperan sebagai distributor agar produknya sampai ke konsumen. Umumnya kegiatan distribusi yang dilakukan adalah membuka cabang perusahaan, membuat kegiatan promosi, dan mengadakan kegiatan perdadangan.

- Perusahaan Sebagai Konsumen

Kegiatan konsumsi yang dilakukan perusahaan berkaitan erat dengan kegiatan produksi, antara lain pengadaan bahan pokok, pengadaan alat dan bahan, pendanaan upah karyawan.

 

Tiga Peran Penting Rumah Tangga Pemerintah adalah Sebagai Pendukung Kegiatan Ekonomi

Tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai pendukung kegiatan ekonomi. Tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai regulator, produsen, dan sebagai konsumen.

- Pemerintah sebagai regulator

Satu di antara tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai regulator. Peran pemerintah sebagai regulator adalah menjamin proses kegiatan ekonomi supaya berjalan dengan baik atau lancar. Jadi, tak heran rumah tangga pemerintah ini berperan sebagai pengatur kehidupan ekonomi karena fungsi regulator tersebut.

- Pemerintah sebagai produsen

Salah satu dari tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai produsen. Pemerintah harus ikut berperan sebagai produsen untuk mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat indonesia. Pelaksanaan negara sebagai produsen diwujudkan hampir dalam seluruh bidang perekonomian. Sebagai pelaksana kegiatan produksi, pemerintah membuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

- Pemerintah sebagai konsumen

Dalam pemenuhan kebutuhan untuk menjalankan tugasnya, pemerintah tentu membutuhkan dana yang akan digunakan. Pemenuhan kebutuhan tersebut yang dikatakan pemerintah sebagai konsumen. Contohnya adalah untuk membeli peralatan. Kegiatan konsumsi pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan membangun sarana prasarana negara.

Jadi, tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai regulator, produsen, dan konsumen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.