Sukses

Tsundere Adalah Karakter ala Jepang, Asal Usul dan Bentuk Sikapnya

Liputan6.com, Jakarta Tsundere adalah istilah yang sering disebutkan dalam karakter Jepang. Tsundere adalah karakter yang sering muncul dalam anime. Tsundere adalah istilah untuk karakter sebuah tokoh.

Ketika menonton atau membaca anime, tsundere adalah karakter yang kerap menarik perhatian. Tsundere adalah tokoh yang juga bisa membuat orang penasaran atau bahkan geregetan. Tak jarang, tsundere adalah karakter yang punya daya tarik tersendiri.

Entah itu karena sejarah, pendidikan, atau kepribadian mereka, tsundere adalah karakter yang dapat dilihat oleh penonton dengan jelas. Berikut penjelasan tentang apa itu tsundere, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(14/6/2022).

2 dari 5 halaman

Asal usul kata tsundere

Tsundere (ツンデレ) berasal dari kata "tsuntsun" (ツンツン), sebuah kata mimesis untuk "mudah tersinggung" atau "pemarah", dan "deredere" (デレデレ), yang berarti "sayang mesra". Tsundere adalah karakter orang yang dingin dan pemarah tapi bisa berubah perlahan-lahan menunjukkan sifat hangatnya.

Tsundere awalnya adalah istilah untuk menggambarkan karakter dengan eksterior yang keras yang mengungkapkan sisi lembut seiring berjalannya cerita. Karena kiasan menjadi lebih populer dan klise, itu menjadi terlalu disederhanakan dalam penggunaannya.

Tsundere kemudian dikaitkan dengan karakter apa pun yang berganti-ganti antara sisi kasar dan sisi lembut dengan menekan tombol, bahkan tanpa pengembangan karakter apa pun. Kedua era karakter tsundere ini masing-masing dibedakan sebagai "Tsundere Klasik" dan "Tsundere Modern".

Melansir One Esport, kata tsundere dilaporkan pertama kali diciptakan oleh pemain yang membahas karakter di sebuah forum. Junichi Togashi dari Departemen Sastra Jepang di Universitas Daito Bunka menelusuri asal usul istilah "tsundere" dalam sebuah makalah, yang diterjemahkan berkat Tofugu, hingga komentar tentang novel visual dewasa Rumbling Hearts.

Seorang pengguna menggambarkan betapa dia senang berinteraksi dengan kekasih, Ayu Daikuuji, mengatakan bahwa “tsun tsun dere dere itu baik” pada Agustus 2002. Itu disingkat menjadi "tsundere" beberapa bulan kemudian ketika berbicara tentang Haruhi Sakuma di novel visual lain, Cosmos no Sora Ni, dan menjadi kata kunci yang populer di komunitas sim kencan online.

3 dari 5 halaman

Apa itu tsundere?

Tsundere adalah istilah untuk karakter yang bertindak kasar, dingin, dan memusuhi untuk menyembunyikan perasaan hangat dan perhatian mereka. Meskipun ada banyak jenis tsundere yang berbeda di sepanjang spektrum panas dan dingin, mereka umumnya masih mampu melakukan hubungan normal dengan orang lain, hanya berubah menjadi kepribadian ini ketika berinteraksi dengan kekasih.

Tsundere adalah kata benda dan kata sifat. Seseorang bisa menjadi tsundere, atau dapat digambarkan sebagai tsundere. Ini umumnya digunakan sebagai meta-deskriptor untuk karakter fiksi, bukan sebagai atribut yang mungkin dikatakan karakter tentang karakter lain.

Tsundere adalah istilah yang mirip dengan himedere, oujidere, dan kamidere, karena mereka semua cukup sombong. Namun, karakter himedere, oujidere, dan kamidere jauh lebih arogan daripada karakter tsundere. Karakter Tsundere juga lebih defensif daripada karakter yang lebih arogan ini, karena tidak dapat mengabaikan komentar yang mereka anggap tersinggung.

 

4 dari 5 halaman

Karakter tsundere

Karakter Tsundere adalah karakter yang berpura-pura tidak tertarik pada seseorang, padahal kesukaan mereka sangat jelas. Mereka akan melakukan hal-hal untuk kepentingan cinta mereka, seperti membuatkan mereka makan siang atau membelikan mereka barang-barang, tetapi akan bersikeras bahwa mereka tidak menyukainya dan membuat alasan murahan untuk mencoba menyelamatkan muka.

Dari sudut pandang psikologis, perilaku karakter tsundere dapat dianggap sebagai contoh "membelah", mekanisme koping di mana seseorang mengidealkan dan meremehkan orang lain.

Karakter tsundere bukanlah karakter yang sulit didapat. Karakter yang bertindak seperti itu dengan sengaja memilih untuk tidak mendapatkan cinta mereka sampai mereka tahu pasti bahwa mereka benar-benar mencintai mereka, sedangkan penyangkalan karakter tsundere adalah menyembunyikan perasaan mereka yang sudah ada untuk melindungi harga diri mereka.

Tsundere adalah istilah yang mirip dengan himedere, oujidere, dan kamidere, karena mereka semua cukup sombong. Namun, karakter himedere, oujidere, dan kamidere jauh lebih arogan daripada karakter tsundere. Karakter Tsundere juga lebih defensif daripada karakter yang lebih arogan ini, karena tidak dapat mengabaikan komentar yang mereka anggap tersinggung.

5 dari 5 halaman

Ciri-ciri karaker tsundere

Berikut ciri-ciri karaker tsundere:

- Seorang tsundere akan sering mengatakan hal-hal seperti:

Betsuni anata no tameni X janai desu kara! (別にあなたのためにXじゃないですから!)

Bukannya aku melakukan X karena aku menyukaimu atau apapun!

Betsuni suki janai n da kara! (別に好きじゃないんだから!)

Bukannya aku menyukaimu atau apapun!

Kanchigaishinaide! (勘違いしないで!)

Jangan salah paham!

- Kebanyakan karakter tsundere akan menyebut cinta mereka "baka" (馬鹿), yang berarti "idiot", di beberapa titik dalam cerita.

- Karakter Tsundere yang tidak jujur ​​pada dirinya sendiri, atau paling tidak akan menolak untuk jujur ​​pada orang lain agar tidak merusak harga dirinya.

- Karakter Tsundere menolak untuk mendengar apa yang orang lain katakan.

- Mereka mengatakan "hmph!" atau "ck!" dan berpaling, tetapi pada akhirnya mereka akan berbalik, karena cinta kepada orang lain.

- Karakter Tsundere sangat sombong, membawa diri mereka dengan sikap "lebih suci darimu" setiap saat.

- Seorang tsundere mungkin bertindak seperti ini karena mereka berasal dari tempat kekuasaan yang sah, seperti menjadi bagian dari keluarga kaya atau menjadi bagian dari OSIS, tetapi banyak dari mereka tidak memiliki alasan yang baik untuk ego mereka.