Sukses

Kereta Wisata dari KAI, Ketahui Tipe, Rute, dan Tarifnya untuk Berlibur

Liputan6.com, Jakarta Kereta wisata merupakan salah satu produk layanan yang dimiliki PT Kereta Api Indonesia. Kereta ini dikhususkan untuk melayani pariwisata kereta api masyarakat. Ada berbagai paket dan tujuan yang ditawarkan oleh kereta wisata.

Saat ini sudah tersedia beberapa jenis kereta wisata, antara lain Kereta Istimewa, Kereta Wisata Bali, Kereta Wisata Imperial, Kereta Wisata Jawa, Kereta Wisata Nusantara, Kereta Wisata Priority, Kereta Wisata Retro, Kereta Wisata Sumatera, dan Kereta Wisata Toraja.

Tiap tipe kereta wisata ini punya keunikan tersendiri. Kereta wisata bisa melayani penumpang dengan tarif sesuai rute dan tipenya. Berikut tipe kereta wisata, rute, dan tarifnya, dirangkum Liputan6.com dari laman resmi KAI Wisata, Selasa(14/6/2022).

2 dari 4 halaman

Tipe Kereta Wisata

Kereta Wisata Bali

Kereta Wisata Bali memiliki interior kereta yang sangat kental dengan nuansa budaya Bali. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan Pulau Dewata.

Kereta Wisata Jawa

Kereta Wisata Jawa memiliki interior dan segala pernak – perniknya yang menonjolkan seni dan keindahan dari budaya Jawa, sehingga menciptakan ketenangan bagi penumpang seolah sedang berada di rumah. Ruang utama Kereta Wisata Jawa ditata mewah dilengkapi dengan Audio, Video/TV monitor untuk ber-Karaoke.

Kereta Wisata Sumatera

Kereta Wisata Sumatera memiliki desain interior serta pernak-pernik yang menonjolkan seni dan keindahan budaya Sumatera, Pada kereta ini selain terdapat ruang utama yang dilengkapi dengan karaoke, audio & video, juga terdapat ruang privat yang dilengkapi fasilitas Audio-Video untuk menonton film.

Kereta Wisata Toraja

Kereta Wisata Toraja, interior kereta ini kental dengan nuansa budaya Toraja. Didesain secara cantik dan apik dengan bubuhan ukiran serta lukisan yang bernuansakan budaya Toraja. Fasilitas lainnya seperti Mini Bar, Audio/Video untuk karaoke, toilet ekslusif tersedia di dalam kereta ini.

3 dari 4 halaman

Tipe Kereta Wisata

Kereta Istimewa

Kereta Istimewa merupakan kereta ex-kereta inpeksi yang didesain ulang sebagai kereta wisata eksklusif. ereta Istimewa terdiri dari 2 rangkaian kereta yang dilengkapi dengan ruang utama, yaitu lounge termasuk dengan karaoke, audio & video, ruang meeting dengan TV layar lebar, audio dan video, tempat duduk dengan leg rest.

Kereta Wisata Imperial

Interior dalam kereta wisata ini didesain khusus untuk memberikan pengalaman perjalanan jarak jauh yang tak terlupakan bagi para penumpang, lengkap dengan kenyamanan tempat duduknya. Kereta ini memiliki tempat duduk yang dapat direbahkan hingga 135 derajat (reclining seat), dilengkapi dengan sandaran kepala (head rest) dan sandaran kaki (leg rest) fleksibel yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan posisi istirahat.

Kereta Wisata Nusantara

Kereta Wisata Nusantara memiliki desain interior dan segala pernak-perniknya yang menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara. Ini membuat penumpang seolah berada di semua nuansa budaya nusantara.

Kereta Wisata Retro

Kereta Wisata Retro adalah tipe kereta terbaru yang didesain dengan nuansa klasik dan furniture yang sangat retro sehingga bisa memberikan sensasi perjalanan yang unik untuk penumpang selama perjalanan. Kereta ini sangat cocok untuk Anda yang suka selfie selama perjalanan karena interiornya sangat instagramable.

Kereta Wisata Priority

Kereta Wisata Priority adalah tipe kereta wisata yang paling banyak kapasitas nya sampai dengan 30 tempat duduk, dilengkapi dengan LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, sehingga selama perjalanan, penumpang dapat menikmati ragam pilihan hiburan Audio dan Video, seperti menikmati film-film box office Hollywood selama perjalanan dan mendengarkan musik yang bisa bikin perjalanan menjadi lebih seru dan menyenangkan.

4 dari 4 halaman

Tarif kereta wisata

Tipe Nusantara, Toraja, Jawa, Sumatera, Imperial

Keberangkatan Gambir

Gambir - Bandung, Cirebon, Tegal Rp 19 juta

Gambir - Pekalongan, Purwokerto, Rp 23,5 juta

Gambir - Semarang, Yogyakarta, Solo, Rp 24 juta

Gambir - Madiun Rp 27,5 juta

Gambir - Surabaya Rp 30 juta

Gambir - Malang Rp 33 juta

Keberangkatan Bandung

Bandung - Cirebon Rp 19 juta

Bandung - Tegal Rp 22,5 juta

Bandung - Yogyakarta, Solo, Semarang Rp 24 juta

Bandung - Madiun Rp 28 juta

Bandung - Malang Rp 29,5 juta

Bandung - Surabaya Rp 32 juta

Keberangkatan Yogyakarta

Yogyakarta - Malang Rp 25,5 juta

Keberangkatan Surabaya

Surabaya - Semarang Rp 19 juta

Surabaya - Malang Ro 21 juta

Surabaya - Jember Rp 23 juta

Surabaya - Pekalongan Rp 22,5 juta

Surabaya - Solo, Yogyakarta Rp 24 juta

Surabaya - Banyuwangi Rp 25 juta

 

Tipe Priority

Keberangkatan Gambir

Gambir - Bandung, Cirebon, Tegal Rp 21 juta

Gambir - Pekalongan, Purwokerto, Rp 21,5 juta

Gambir - Pekalongan Rp 24,5 juta

Gambir - Purwokerto Rp 25,5 juta

Gambir - Semarang Rp 26 juta

Gambir - Yogyakarta, Solo Rp 27,5 juta

Gambir - Madiun Rp 31 juta

Gambir - Surabaya Rp 32,5 juta

Gambir - Malang Rp 35 juta

Keberangkatan Bandung

Bandung - Cirebon Rp 21,5 juta

Bandung - Tegal Rp 24,5 juta

Bandung - Pekalongan Rp 25,5 juta

Bandung - Semarang Rp 26,5 juta

Bandung - Yogyakarta, Solo Rp 27,5 juta

Bandung - Madiun Rp 31 juta

Bandung - Surabaya Rp 34,5 juta

Bandung - Malang Rp 35 juta

Keberangkatan Yogyakarta

Yogyakarta - Malan Rp 29 juta

Keberangkatan Surabaya

Surabaya - Semarang Rp 21,5 juta

Surabaya - Malang Rp 22,5 juta

Surabaya - Pekalongan Rp 23,5 juta

Surabaya - Jember Rp 25,5 juta

Surabaya - Solo Rp 27 juta

Surabaya - Yogyakarta Rp 27,5 juta

Surabaya - Banyuwangi Rp 30 juta