Sukses

Tujuan Utama Permainan Sepak Bola adalah Mencetak Gol, Pahami Peraturannya

Tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mengalahkan tim lawan.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mencetak gol ke gawang lawan. Selain itu, sepak bola juga memiliki tujuan untuk mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan gol. Dapat disimpulkan bahwa tujuan permainan sepak bola sebenarnya adalah untuk menang.

Selama 2 x 45 menit, dua tim akan berusaha untuk menang dengan saling memasukkan bola ke gawang lawan. Permainan atau olahraga ini berkaitan dengan strategi, kekuatan fisik, kemampuan mengolah bola, dan faktor-faktor lainnya yang berpengaruh untuk kemenangan.

Tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mengalahkan tim lawan. Tim yang lebih banyak mencetak gol dalam 90  menit permainan akan menjadi pemenanganya. Kamu tentunya perlu memahami peraturan yang ada dalam sepak bola.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/6/2022) tentang tujuan utama permainan sepak bola adalah mencetak gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Permainan Sepak Bola

Sebelum memahami tujuan utama permainan sepak bola adalah mencetak gol, kamu tentunya perlu mengenali apa itu sepak bola terlebih dahulu. Pengertian sepak bola memang semakin meluas dengan semakin mendunianya olahraga satu ini. Sepak bola tidak hanya sekadar kompetisi lagi, namun juga ajang saling mempererat hubungan antarnegara di dunia.

Pengertian sepak bola menurut Encyclopedia Britannica (2015) adalah jenis olahraga yang dilakukan atau dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu tersebut memiliki 11 anggota dan berusaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Hanya diperbolehkan menggunakan kaki dalam mamainkan olahraga ini, kecuali kiper yang diperbolehkan menangkap bola menggunakan tangannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan  yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

3 dari 5 halaman

Peraturan Sepak Bola

Selain mengenali tinggi gawang dalam permainan sepak bola adalah 2,44 meter, kamu tentunya perlu mengetahui peraturannya. Seperti Liputan6.com kutip dari Bola.com, aturan main sepak bola adalah sebagai berikut:

- Durasi totalnya adalah 90 menit dan dimainkan dalam dua babak. Setiap babak berlangsung selama 45 menit, sedangkan waktu istirahat diberikan sekitar 15 menit. Jika skor seri, diberlakukan perpanjangan waktu 2×15 menit.

- Kick off dilakukan untuk memulai pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol.

- Gol dinyatakan sah ketika bola masuk dan melewati garis gawang. Keputusan sah atau tidaknya sebuah gol ada di tangan wasit.

- Offside terjadi ketika pemain menerima umpan bola, sedangkan posisinya lebih dekat ke gawang lawan ketimbang operannya.

- Bola keluar, apabila bola keluar melewati garis lapangan. Bila terjadi hal demikian, pemain akan melakukan lemparan ke dalam atau throw in.

- Tendangan sudut ini dilakukan ketika bola keluar dan melewati garis gawang. Sesuai namanya, tendangan ini dilakukan di pojok lapangan yang berada dekat dengan gawang dan dilakukan oleh pihak lawan.

- Penalti terjadi ketika pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang. Tendangan ini dilakukan oleh tim lawan dan punya peluang untuk mencetak gol. Penalti juga dilakukan apabila permainan berakhir seri/imbang.

4 dari 5 halaman

Tujuan Utama Permainan Sepak Bola adalah Mencetak Gol

Tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mencetak gol. Mengutip Rules of Sport, tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mencetak lebih banyak gol daripada tim lawan. Jadi, secara tidak langsung, tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk menang.

Tujuan permainan sepak bola yang utama adalah memasukkan bola ke dalam gawang lawan. Paling tidak tim kamu memasukkan bola ke dalam gawang lawan selama 90 menit waktu bermain. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, seluruh bola harus melewati garis gawang agar bisa menjadi gol yang sah.

Tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mencetak gol dengan bagian tubuh mana pun, kecuali tangan atau lengan hingga bahu. Selain itu, tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mencegah tim lawan memasukkan bola ke dalam gawang tim kamu.

5 dari 5 halaman

Tujuan Permainan Sepak Bola Lainnya

Tujuan utama permainan sepak bola adalah untuk mencetak gol dan menang. Selain itu, ada beberapa tujuan lainnya dalam sepak bola, yaitu:

- Meraih Kemenangan. Tujuan permainan sepak bola adalah mampu meraih kemenangan. Tentu saja, setiap orang atau tim yang bertanding selalu berharap bisa meraih tujuan permainan sepak bola ini. Hal ini berlaku bagi cabang olahraga sepak bola, di mana masing-masing tim rutin melakukan latihan supaya bisa mencapai kemenangan.

- Melatih Kecerdasan Otak. Permainan sepak bola dikenal sebagai salah satu jenis olahraga yang penuh strategi. Oleh karena itu, setiap pemain selalu dituntut untuk menguasai beragam teknik sepak bola. Tak hanya mengandalkan otot, untuk mecapai klimaks tujuan permainan sepak bola adalah membutuhkan taktik, teknik, dan strategi.

- Menciptakan Solidaritas. Tujuan permainan sepak bola selanjutnya adalah mampu menciptakan solidaritas antar pemain bahkan lawan. Hampir setiap cabang olahraga bertujuan untuk melatih kekompakan dan menciptakan solidaritas.

- Meraih Prestasi. Hampir setiap atlet selalu ingin meraih prestasi agar bisa mengharumkan nama dirinya, daerah, maupun negaranya. Meski begitu, dalam permainan sepak bola terlebih dahulu kamu harus menguasai beragam teknik. Termasuk keterampilan yang ada pada olahraga tersebut. Tujuan permainan sepak bola ini pun bisa didapatkan dengan usaha serta latihan secara rutin dan teratur.

- Menjaga Kesehatan Tubuh. Permainan sepak bola berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena banyak sekali gerakan permainan sepak bola yang baik untuk kesehatan. Sepak bola dapat melancarkan peredaran darah, meregangkan otot, dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, sepak bola bisa membuat berat badan semakin ideal. Biasanya, seseorang yang melakukan olahraga ini memiliki bentuk tubuh yang baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.