Sukses

Tujuan dari Teks Eksplanasi Adalah Menjelaskan Sebuah Proses Secara Informatif

Liputan6.com, Jakarta Tujuan dari teks eksplanasi adalah menjelaskan atau menerangkan tentang sebuah proses atau peristiwa secara informatif dan faktual. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan, berupa proses terjadinya peristiwa alam, sosial, atau budaya.

Pengertian lain teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam sosial. Biasanya, gagasan utama berada di awal paragraf dan di akhir paragraf.

Tujuan dari teks eksplanasi sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya teks ini digunakan untuk menjelaskan kejadian, objek, dan fakta. Dengan tujuan dari teks eksplanasi tersebut bisa membantu membedakan teks ini dengan jenis teks lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian teks eksplanasi beserta ciri-ciri dan tujuannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/6/2022).

2 dari 7 halaman

Pengertian Teks Eksplanasi Secara Umum

Secara etimologis, eksplanasi berasal dari kata explanation dalam bahasa Inggris. Explanation berarti keterangan atau penjelasan. Sederhananya, eksplanasi adalah teks berisikan keterangan atau penjelasan mengenai suatu hal. Teks eksplanasi adalah teks yang memuat uraian mengenai fenomena di lingkungan sekitar. Adapun fenomena yang dibahas tersebut, mencakup budaya, fenomena alam, sosial, dan sebagainya.

Teks eksplanasi memberi tahu pembaca bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. Teks eksplanasi ini berisi penjelasan rinci dan secara logis menggambarkan tahapan dalam suatu proses.

3 dari 7 halaman

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian teks eksplanasi secara umum, berikut ini terdapat beberapa pengertian teks eksplanasi menurut para ahli:

Anderson

Teks eksplanasi adalah teks yang menyajikan serangkaian peristiwa. Tujuannya untuk memberitahukan setiap langkah proses (bagaimana) dan memberi alasan (mengapa).

Restuti

Pengertian teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial. 

Mahsun

Teks eksplanasi adalah disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum, deretan penjelasan, dan penutup.

Priyatni

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. 

4 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri-ciri inilah yang membedakan teks eksplanasi dengan teks lainnya. Berikut ciri-ciri teks eksplanasi:

1. Teks eksplanasi bertujuan memberikan informasi, pengertian, dan pengetahuan.

2. Teks eksplanasi bersifat menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana.

3. Teks eksplanasi disampaikan dengan gaya yang lugas danmenggunakan bahasa baku.

4. Teks eksplanasi umumnya disajikan dengan menggunakan susunan logis.

5. Teks eksplanasi biasanya memuat penunjuk keterangan waktu, penunjuk keterangan cara, konjungsi kronologis, dan kata tunjuk.

6. Teks eksplanasi termasuk jenis teks non-fiksi yang di dalamnya terdapat data, fakta, serta opini yang logis.

7. Teks eksplanasi bersifat faktual di mana ia memuat seluruh informasi yang bersifat fakta dan ilmiah.

8. Teks eksplanasi menggunakan konjungsi kausalitas maupunkronologis. Konjungsi kausalitas contohnya adalah: antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, atau sehingga. Sementara konjungsi kronologis contohnya adalah: kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

5 dari 7 halaman

Tujuan dari Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki fungsi sosial. Artinya teks ini memberi penjelasan kepada masyarakat mengenai proses terjadinya suatu hal, disusun berdasarkan prinsip sebab akibat. Prinsip tersebut menegaskan bahwa teks eksplanasi berisi penjelasan suatu peristiwa yang ditimbulkan dari peristiwa lain sebelumnya. Kemudian peristiwa itu mengakibatkan terjadinya peristiwa lain sesudahnya.

Dengan demikian, salah satu tujuan dari teks eksplanasi adalah menjelaskan kepada pembaca mengenai proses terjadinya suatu hal atau peristiwa. Selain itu, teks eksplanasi juga ditujukan untuk menjelaskan mengenai langkah atau proses melakukan sesuatu. Ha ini bisa meliputi penjelasan tentang fenomena alam, budaya, hingga ilmiah.

Contohnya teks eksplanasi tentang proses terjadinya hujan, dan teks eksplanasi tentang fenomena sosial berupa kemiskinan. Bila disimpulkan, ada dua tujuan dari teks eksplanasi adalah:

1. Tujuan dari teks eksplanasi adalah menjelaskan mengenai proses terjadinya suatu hal.

2. Tujuan dari teks eksplanasi adalah memberi penjelasan tentang langkah atau proses melakukan suatu hal.

6 dari 7 halaman

Tujuan dari Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

1. Davies

Menurut Davies, tujuan dari teks eksplanasi adalah adalah menjelaskan fenomena yang terjadi di dunia. Teks eksplanasi menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi. Teks ini membantu pembaca memahami dunia dan memungkinkannya menyimpan pengetahuan ini untuk masa depan.

2. Perry

Tujuan dari teks eksplanasi adalah menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi.

3. Mallet

Tujuan dari teks eksplanasi adalah menceritakan bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi. Menurutnya teks ini mencoba menjelaskan bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu itu dibuat.

7 dari 7 halaman

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi terdiri dari tiga hal, yakni pernyataan umum, urutan sebab-akibat, dan interpretasi. Berikut penjelasannya:

1. Pernyataan Umum

Adalah berisi statement mengenai suatu topik yang akan dibahas atau dijelaskan proses keberadaannya, proses terjadinya, dan proses terbentuknya. General statement ini harus ditulis semenarik mungkin agar para pembaca bisa tertarik untuk membaca isi teks secara keseluruhan.

2. Urutan Sebab-Akibat

Merupakan penjelasan proses keberadaan atau proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga paling akhir. Bagian ini mengandung penjelasan–penjelasan mengenai sebuah topik yang akan dibahas secara lebih mendalam. Bagian ini ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan urutan sebab–akibat dari sebuah fenomena yang terjadi.

3. Interpretasi

Merupakan kesimpulan atau pernyataan tentang topik atau proses yang dijelaskan. Bagian ini juga berisi gagasan yang dapat berupa tanggapan, kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu. Di dalam bagian ini juga bisa ditambahkan saran atau juga tanggapan penulis mengenai fenomena tersebut.