Sukses

Variabel adalah Sesuatu yang dapat Berubah, Kenali Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Variabel adalah istilah yang mungkin belum dipahami oleh sebagian orang, walaupun penggunaannya cukup luas di berbagai bidang. Variabel sering kali muncul saat kamu membahas tentang penelitian ataupun dalam pelajaran matematika.

Variabel adalah objek yang dijadikan fokus pada sebuah penelitian. Sifat dari variabel ini yaitu berubah-ubah, berbeda satu sama lain, dan ada berbagai macam. Variabel juga bisa disebut sebagai konsep.

Variabel adalah sebuah konsep yang dapat berubah karena dipengaruhi oleh suatu peristiwa. Keberadaan variabel dapat memengaruhi tingkat kesukaran analisis atau identifikasi suatu penelitian. Variabel merupakan bagian dari ciri penelitian.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/6/2022) tentang variabel.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Variabel adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), variabel adalah sesuatu yang dapat berubah. Variabel adalah faktor atau unsur yang ikut menentukan perubahan. Variabel memiliki sifat yang dapat berubah-ubah, berbeda-beda, dan bermacam-macam (tentang mutu, harga, dan sebagainya).

Variabel adalah suatu yang dapat mengubah nilai. Variabel adalah suatu karakteristik dari penelitian atau analisis. Variabel merupakan objek yang dijadikan fokus dalam sebuah penelitian. Para ahli menyebut variabel adalah bagian dari ciri penelitian.

Dijelaskan oleh Sugiyono, variabel adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Variabel adalah konsep yang sewaktu-waktu dapat berubah karena dipengaruhi oleh suatu peristiwa. Keberadaan variabel dapat memengaruhi tingkat kesukaran analisis dan identifikasi penelitian.

3 dari 4 halaman

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli

Kerlinger (1973)

Variabel adalah bagian dari sifat. Variabel adalah konstruk (constructs) atau sifat yang akan dipelajari. Contohnya tingkat aspirasi, penghasilan, pendidikan, status social, jenis kelamin, golongan gaji, produktifitas kerja, dan lain-lain. Variable adalah suatu sifat yang diambil dari suatu nilai yang berbeda (different values).

Kidder (1981)

Variabel adalah suatu kualitas. Variabel adalah suatu kualitas (qualities) di mana peneliti mempelajari dan menarik kesimpulan darinya.

Dr. Soekidjo Notoatmodjo (2002)

Variabel adalah ciri penelitian. Variabel adalah ukuran atau ciri yang dimiliki oleh anggota-anggota suatu kelompok yang berbeda dengan yang dimiliki oleh kelompok yang lain. Variable digunakan sebagai ciri, sifat, atau ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh suatu penelitian tentang konsep tertentu. Contohnya yaitu umur, jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, pekerjaan, pengetahuan, pendapatan, penyakit, dan lain sebagainya.

Bhisma Murti (1996)

Variabel adalah variasi dari nilai. Variable adalah fenomena yang mempunyai variasi nilai. Variasi nilai itu bisa diukur secara kualitatif atau kuantitatif.

Dr. Ahmad Watik Pratiknya (2007)

Variabel adalah segala yang bervariasi. Variable adalah konsep yang mempunyai variabilitas, sedangkan konsep adalah penggambaran atau abstraksi dari suatu fenomena tertentu. Konsep yang berupa apapun, asal mempunyai ciri yang bervariasi, maka dapat disebut sebagai variabel.

Sudigdo Sastroasmoro

Variabel adalah suatu karakteristik. Variabel adalah karakteristik subyek penelitian yang berubah dari satu subyek ke subyek lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Jenis Variabel

Jenis variabel adalah sebagai berikut:

- Variabel Bebas (Independent Variable). Variabel bebas adalah penyebab terjadinya perubahan pada variabel lain. Bisa dikatakan bahwa perubahan yang terjadi pada variabel diasumsikan akan mengakibatkan perubahan pada variabel lain.

- Variabel Terikat (Dependent Variable). Variabel terikat adalah jenis variabel yang keberadaannya diakibatkan karena adanya variabel bebas. Dinamakan sebagai variabel terikat karena kondisi atau variasinya terikat dan dipengaruhi oleh variasi variabel lainnya.

- Variabel Kontrol (Control Variable). Variabel kontrol adalah jenis variabel yang dibatasi dan dikendalikan pengaruhnya sehingga tidak berpengaruh pada gejala yang sedang diteliti. Dalam beberapa penelitian, variabel ini sering digunakan pada penelitian yang sifatnya eksperimental.

- Variabel Statis. Variabel statis adalah jenis variabel yang mempunyai sifat yang tetap dan tidak dapat diubah, baik keberadaan maupun karakteristiknya. Dalam kondisi normal, sifat-sifat variabel sulit untuk diubah. Contoh variabel ini yaitu status sosial ekonomi, tempat tinggal, jenis kelamin, dan lain-lain.

- Variabel Dinamis. Variabel dinamis adalah jenis variabel yang bisa diubah, baik keadaan maupun karakteristiknya. Jenis variabel ini memungkinkan untuk dilakukan manipulasi atau perubahan sesuai dengan tujuan yang diinginkan peneliti. Perubahan tersebut dapat berupa peningkatan atau penurunan. Contoh variabel ini yaitu prestasi belajar, motivasi belajar, kinerja pegawai, dan lain-lain.

- Variabel Rasio. Variabel rasio adalah jenis variabel yang memiliki skor dan bisa dibedakan, diurutkan, adanya persamaan jarak perbedaan, dan dapat dibandingkan. Contoh variabel ini yaitu tinggi badan, seseorang yang tinggi badannya 50 cm adalah setengah dari orang yang tinggi badannya 100 cm.

- Variabel Interval. Jenis variabel interval adalah dapat dibedakan bertingkat dan memiliki jarak yang sama dari satuan hasil pengukuran, namun kesamaan tersebut sifatnya tidak bisa dibandingkan dan tidak mutlak. Contoh variabel ini yaitu penerimaan raport dari hasil belajar diberikan angka 4, 5, 6 , 7, 8, 9, 10 dan seterusnya.

- Variabel Nominal. Variabel nominal adalah jenis variabel yang hanya bisa dikelompokkan terpisah secara kategori dan diskrit. Dilihat dari namanya, nominal menunjukkan bahwa tanda atau label hanya digunakan untuk membedakan antarvariabel. Contoh variabel ini yaitu gender, agama, wilayah, dan lain-lain.

- Variabel Ordinal. Variabel ordinal adalah jenis variabel yang memiliki variasi perbedaan, tingkatan, urutan, namun tidak memiliki kesamaan jarak perbedaan dan tidak bisa dibandingkan. Contoh variabel ini yaitu peringkat dalam kejujuran, di mana selisih yang menggambarkan jarak pencapaian skor/pretasi juara 1, 2, 3, dan seterusnya tidak dipermasalahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.