Sukses

Wawasan Nusantara adalah Cara Pandang Bangsa Indonesia terhadap NKRI, Ini Tujuannya

Wawasan nusantara adalah pandangan atau anggapan bahwa Nusantara adalah kepulauan yang merupakan suatu kesatuan, termasuk semua laut dan selatnya.

Liputan6.com, Jakarta Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat, laut, dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan.

Wawasan nusantara berperan penting bagi Indonesia dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta untuk mencapai cita-citanya. Indonesia harus memiliki cara pandang yang sama untuk mempertahankan kesatuan dan keutuhan bangsa dan negara.

Secara harfiah, Wawasan Nusantara berarti konsep kepulauan, yang secara kontekstual lebih tepat diterjemahkan sebagai "visi kepulauan Indonesia". Konsep ini berupaya untuk menjawab tantangan geografis yang melekat pada diri Indonesia sebagai negara yang terdiri dari ribuan pulau serta ribuan latar belakang sosial budaya penduduknya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian wawasan nusantara beserta tujuan, fungsi, peran, dan asasnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara berasal dari kata 'wawasan' dan 'nusantara'. Wawasan berasal dari kata 'wawas' (bahasa Jawa) yang berarti pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi. Selanjutnya, muncul kata 'mawas', yang berarti memandang, meninjau atau melihat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian wawasan nusantara adalah pandangan atau anggapan bahwa Nusantara adalah kepulauan yang merupakan suatu kesatuan, termasuk semua laut dan selatnya.

Sementara dalam ketetapan MPR tahun 1999, Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

3 dari 6 halaman

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian wawasan nusantara secara umum, berikut ini terdapat beberapa pengertian wawasan nusantara menurut para ahli:

Wan Usman

Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah air sebagai negara kepulauan dalam seluruh aspek kehidupan yang beragam.

Samsul Wahidin

Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang, cara memahami, cara menghayati, cara bersikap, cara bertindak, cara berpikir, dan tingkah laku bagi bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi psikologis, sosiokultural dalam arti luas dengan aspek-aspek asta grata.

Sabarti Akhadiah

Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa indonesia tentang diri dan lingkungannya sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 sebagai bentuk aspirasi bangsa yang merdeka, berdaulat dan bermartabat yang menjiwai kebijakan dalam mencapai tujuan bangsa.

4 dari 6 halaman

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggara negara di tingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Selain itu, terdapat berbagai fungsi wawasan nusantara yang baik secara umum, menurut pendapat para ahli, dan pembagiannya antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi Wawasan Nusantara Secara Umum

Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan, dan perbuatan bagi penyelenggaraan negara di pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2. Fungsi Wawasan Nusantara Menurut Cristine S.T. Kansil, S.H., MHDKK

a. Membentuk dan membina persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia.

b. Merupakan ajaran dasar nasional yang melandasi kebijakan dan strategi pembagunan nasional.

5 dari 6 halaman

Tujuan dan Peran Wawasan Nusantara

1. Tujuan wawasan nusantara

Terdapat dua tujuan wawasan nusantara, yaitu:

a. Tujuan nasional, dapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah "untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial".

b. Tujuan ke dalam, adalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial, yaitu menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia.

2. Peranan wawasan nusantara

Dalam kehidupan nasional, wawasan nusantara dikembangkan peranannya untuk:

a. Mewujudkan serta memelihara persatuan dan kesatuan yang serasi dan selaras, segenap aspek kehidupan nasional.

b. Menumbuhkan rasa tanggung jawab atau pemanfaatan lingkungannya. Peranan ini berkaitan dengan adanya hubungan yang erat dan saling terkait dan ketergantungan antara bangsa dengan ruang hidupnya. Oleh karena itu pemanfaatan lingkungan harus bertanggung jawab. Bila tidak maka akan menimbulkan kerusakan lingkungan yang pada akhirnya akan merugikan bangsa itu sendiri.

c. Menegakkan kekuasaan guna melindungi kepentingan nasional. Kepentingan nasional menjadi dasar hubungan antara bangsa. Apabila satu bangsa kepentingan nasionalnya sejalan dengan kepentingan nasional bangsa lain maka kedua bangsa itu akan terjalin hubungan persahabatan.

6 dari 6 halaman

Asas Wawasan Nusantara

Asas wawasan nusantara adalah kaidah atau ketentuan yang wajib dipatuhi, dilaksanakan, dan dijaga oleh seluruh elemen masyarakat supaya tercipta perdamaian di Indonesia. Secara keseluruhan, terdapat lima asas wawasan nusantara yang wajib dipahami, yaitu:

1. Solidaritas

Solidaritas merupakan perasaan emosional dan moral yang berbentuk hubungan antarindividu atau kelompok berdasarkan rasa percaya, kesamaan tujuan, dan cita-cita. Sikap solidaritas sudah selayaknya dijalankan oleh seluruh masyarakat Indonesia, tanpa membeda-bedakan dari dan kepada siapa.

2. Kejujuran

Asas kejujuran berperan dalam pikiran dan tindakan yang akan menjadi sebuah asas wawasan nusantara yang sangat penting.

3. Kesamaan tujuan

Tujuan merupakan hal yang penting dalam menentukan suatu rencana. Sebagaimana kemerdekaan yang diperjuangkan oleh bangsa Indonesia adalah untuk bisa bebas menentukan hidupnya sendiri dan terlepas dari penjajahan.

4. Keadilan

Seluruh elemen masyarakat Indonesia mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan keadilan. Hal ini merupakan tujuan dari cita-cita nasional yang tidak boleh merugikan pihak tertentu maupun mengutamakan kepentingan kelompok atau golongan.

5. Kerjasama

Dengan adanya kesadaran pada tujuan serta kepentingan yang sama akan menciptakan kerja sama antarelemen masyarakat. Kerjasama ini akan menimbulkan kebersamaan dan gotong royong yang merupakan aktivitas sosial murni Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.