Sukses

15 Wisata Pekanbaru yang Sayang Dilewatkan, Liburan Seru Ala Melayu

Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus menjadi kota terbesar di Riau.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Pekanbaru dapat menjadi pilihan anda untuk berlibur. Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus menjadi kota terbesar di Riau. Kota ini terkenal dengan cadangan minyak dan perkebunan kelapa sawitnya.

Selain itu, Pekanbaru terkenal dengan julukan kota perdagangan dan jasa di Riau. Namun siapa sangka, kalau ternyata Pekanbaru memiliki banyak destinasi tempat wisata yang menarik dan seru untuk dikunjungi. 

Tempat wisata Pekanbaru mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wisata budaya ala Melayu yang tentunya memiliki daya tarik tersendiri dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, wisata Pekanbaru juga memiliki panorama alam yang eksotis.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Pekanbaru yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pekanbaru yang Sayang Dilewatkan

1. Sungai Kampar

Buat anda yang memiliki hobi berselancar, bisa mencoba ke tempat wisata Pekanbaru yang satu ini. Namanya adalah sungai Kampar. Jangan kaget, ternyata anda juga bisa berselancar di sungai. Adanya gelombang pasang surut atau ombak dikenal secara lokal sebagai bono, yang bergegas dengan suara menderu keras pada kecepatan 40 kilometer per jam.

Gelombang di sungai ini memiliki sifat yang berbeda dengan laut terbuka. Ini dikarenakan kekuatan gelombang yang melaju, arus yang bergegas ke hulu akan menyebabkan gelombang dari kedua sisi kiri setelah memukul kedua tanggul sungai.

2. Danau Lembah Sari

Meski merupakan salah satu kota modern di Sumatera, namun keasrian dan kealamian kotanya masih terus dijaga. Salah satunya adalah danau buatan di tengah kota, yaitu danau Lembah Sari. Suasana danau yang tenang, hijau, dan luas menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah saat matahari terbenam. Anda akan diberikan pemandangan yang sangat indah.

3. Air Terjun Aek Mertua

Air terjun Aek Mertua ini diambil dari bahasa daerah salah satu suku di Riau, yaitu suku Batak Mandailing yang memiliki arti air bertuah. Penggunaan bahasa dari suku Batak Mandiling ini karena di daerah tersebut mayoritas dihuni oleh suku Batak Mandailing. Jadi penggunaan nama air terjun ini diambil memakai bahasa suku Batak Mandailing.

Air terjun ini sayang untuk dilewatkan karena terdapat tiga tingkatan. Di setiap tingkatannya memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian tersebut berkisar antara 15 meter hingga yang paling atas mencapai 40 meter. Dengan keunikan dan keistimewaan tersebut, membuat banyak orang menyebut air terjun Aek Mertua ini dengan sebutan air terjun tangga seribu.

4. Air Terjun Batu Dinding

Tempat wisata Pekanbaru yang selanjutnya adalah air terjun batu dinding. Objek wisata air terjun ini terdapat di Kampar Kiri yang memiliki sejuta keindahan, keunikan, serta keistimewaan tersendiri karena di sekitar area tersebut terdapat beberapa objek wisata lainnya seperti tempat wisata Tugu Equator atau Tugu Khatulistiwa dan tempat wisata bersejarah Istana Kerajaan Guning Sahilan.

5. Air Terjun Guruh Gemurai

Selain air terjun Aek Mertua, di Pekanbaru juga ada air terjun Guruh Gemurai. Tidak kalah populer dengan air terjun Aek Mertua. Air terjun Guruh Gemurai ini juga memiliki keunikan, yaitu memiliki dua aliran air terjun dan memiliki suara yang bergumuruh. Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Pekanbaru, sempatkan untuk mengunjungi air terjun ini. Karena pemandangan di air terjun Guruh Gemurai sangat menakjubkan.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pekanbaru yang Sayang Dilewatkan

6. Air Terjun Batang Kapas

Air terjun batang kapas ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter. Nah, untuk mencapai ke air terjun ini membutuhkan perjuangan yang ekstra. Letaknya cukup jauh dari Pekanbaru, Anda perlu menempuh jarak sekitar tiga jam setengah terlebih dahulu menggunakan kendaraan dari kota. Namun saat Anda tiba di lokasi air terjun ini, Anda akan melihat sebuah keajaiban alam yang sangat keren dan menakjubkan.

7. Istana Siak Sri Indrapura

Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki rekam jejak budaya Melayu. Salah satunya adalah Istana Siak Sri Indrapura ini. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak yang konon adalah salah satu kesultanan kuat di Semenanjang Malaya.

Di sini Anda bisa menikmati gaya arsitekturnya yang indah dan benda-benda peninggalan Kesultanan Siak. Salah satunya adalah alat music tradisional yang bernama komet, yang hanya ada dua di dunia.

8. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur ini merupakan masjid termegah di Pekanbaru. Masjid ini didesain dengan gaya ala Melayu, Arab, Turki, dan India yang membuat bangunan masjid ini nampak eksotis dan megah. Masjid ini disebut-sebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Selain megahnya bangunan masjid, di depan masjid ini juga terdapat kolam yang menambah keindahan.

Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini menjadi salah satu tempat wisata Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Apalagi saat memasuki bulan Ramadhan, kawasan masjid ini dijadikan lokasi untuk ngabuburit dan dipenuhi oleh pedagang makanan serta pakaian.

9. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan ini bisa menjadi alternatif Anda untuk menghabiskan waktu berlibur di Pekanbaru. Perpustakaan dengan kesan modern dan futuristik ini memiliki desain bangunan yang megah dan unik. Tidak hanya digunakan untuk mencari dan membaca buku. Di sini Anda bisa membaca berbagai macam arsip sejarah dan aneka koleksi buku. Selain itu, dari lantai atas gedung Anda bisa memandang keindahan kota Pekanbaru dari ketinggian.

10. Rainbow Hills

Berjarak sekitar 10 km dari jantung Kota Pekanbaru, ada sebuah lokasi wisata Pekanbaru yang relatif baru dan unik. Tempat ini diberi nama “Rainbow Hills” atau Bukit Pelangi. Seperti namanya, perbukitan di tempat ini benar-benar berwarna-warni.

Perpaduan warna yang unik membuat bukit-bukitnya terlihat seperti pelangi dari kejauhan. Sangat indah untuk diabadikan dengan kamera Anda.  Namun, kontur (garis ketinggian) dan warna tanah di perbukitan Rainbow Hills yang berlokasi di Danau Kahyangan, Rumbai, Pekanbaru, Riau ini bisa berubah-ubah kapan saja. Selain itu, pada musim hujan, Anda harus waspada saat berkunjung ke sini, karena kondisi tanah yang labil ditambah hujan deras dapat berisiko longsor.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pekanbaru yang Sayang Dilewatkan

11. Desa Wisata Okura

Apa yang tebersit dalam benak Anda? Kebanyakan orang akan mengaitkan destinasi wisata ini dengan Negeri Sakura, Jepang. Padahal, Desa Wisata Okura berada di Pekanbaru, Riau. Untuk mencapai Desa Wisata Okura, ada dua jalur yang dapat Anda pilih, yakni jalur darat dan sungai.

Desa Okura sendiri sebenarnya sudah ditetapkan sebagai desa wisata sejak 2010. Namun, namanya baru mulai dikenal luas dalam beberapa tahun terakhir. Desa ini unik karena masih dihuni oleh suku asli, yaitu suku Melayu Riau.

Desa Wisata Okura dikenal sebagai kawasan pertanian. Hal ini terlihat dari hamparan sawah yang luas dan subur. Anda pun dapat berjalan menyusuri alam pedesaan sembari menikmati segarnya udara bersama keluarga, teman maupun orang terkasih. Tempat wisata Pekanbaru ini juga menyediakan beragam kegiatan seru, seperti memanah, berkuda, berenang, airsoft, outbound, paintball, motorcross, downhill, dan berkemah.

12. Bukit Kapur Air Hitam

Tempat wisata Pekanbaru yang berikutnya adalah bukit Kapur Air Hitam. Bukit ini terbentuk dari kapur yang bervariasi tingginya, seperti versi mininya Grand Canyon. Ternyata, tempat ini dulunya merupakan bekas lokasi pertambangan. Kini, banyak wisatawan berdatangan demi mendapatkan foto yang estetik di salah satu wisata Pekanbaru ini. Selain dijadikan tempat wisata dan tempat berfoto karena pemandangan yang unik dan menakjubkan. Bukit Kapur ini kadang digunakan dan dimanfaatkan sebagai tempat foto pre-wedding.

13. Kawah Biru

Tempat wisata Pekanbaru yang berikutnya adalah Kawah Biru. Kawah Biru ini awalnya terbentuk dari letusan Gunung Merapi yang membentuk sebuah lubang. Kemudian lubang tersebut ditambah dengan adanya bekas galian pasir dan jadilah sebuah kawah yang indah. Sekarang menjadi tempat wisata andalan di Pekanbaru. Dengan pasir putih dan airnya yang kebiruan menjadi background foto yang menakjubkan bagi Anda. Kawah ini selalu ramai dikunjungi.

14. Rumah Singgah Tuan Kadi

Konon katanya Rumah Singgah Tuan Kadi ini adalah awal mula terbentuknya Kota Pekanbaru sebelum menjadi kota yang megah dan indah seperti saat ini. Rumah Singgah Tuan Kadi ini dulunya menjadi tempat singgah Sultan Siak jika ingin pergi ke Pekanbaru.

Rumah singgah ini merupakan peninggalan tradisional yang menjadi tempat wisata Pekanbaru saat ini. Dari lokasi Rumah Singgah ini pengunjung bisa menikmati taman indah di sekitar area. Rumah Singgah ini berada di bawah jembatan Siak. Sehingga, selain menikmati keindahan Rumah Singgah Tuan Kadi, Anda juga dapat menikmati keindahan jembatan Siak di atas bangunan perumahan.

15. Pulau Cinta

Tempat wisata Pekanbaru yang selanjutnya adalah Pulau Cinta. Pulau Cinta berbeda dengan pulau lainnya, pulau ini berupa hamparan pasir putih yang sangat lembut ketika diinjak. Pasir tersebut berada di pinggir sungai sehingga tampak unik. Wisatawan dapat melakukan kegiatan seperti bermain water sport, naik perahu, berenang, bahkan sekedar jalan-jalan santai di pinggir pulau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.