Sukses

Afwan Artinya Maaf atau Sama-Sama, Kenali Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Afwan artinya mungkin belum dipahami oleh semua orang. Pasalnya, istilah dalam bahasa Arab ini mungkin agak jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagian umat muslim mungkin pernah sesekali mendengar kata tersebut diucapkan.

Afwan artinya adalah maaf secara harfiah. Penggunaannya tentunya sama saja saat kamu melakukan kesalahan atau kekeliruan terhadap orang lain, maka kamu mengucapkan permintaan maaf. Afwan digunakan untuk meminta maaf.

Selain untuk mengungkapkan permintaan maaf, afwan juga kerap kali digunakan untuk membalas permintaan terima kasih. Jadi, afwan bisa juga memiliki makna sama-sama dalam bahasa Indonesia untuk membalas ucapan terima kasih dari orang lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/6/2022) tentang afwan artinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Afwan Artinya Maaf atau Sama-Sama

Secara harfiah, afwan artinya maaf. Afwan artinya merujuk pada kata afwun yang berarti permintaan maaf. Selain itu, afwan artinya juga dapat merujuk pada al-afw, yang memiliki makna maaf atau ampunan. Al-afwu atau afwan artinya memaafkan atas kesalahan (dosa), dan membebaskan hukuman atasnya. Afwan adalah bentuk kata benda dari kata kerja "meminta maaf". 

Kata afwan juga disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 263 yang artinya “Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Mahakaya, Maha Penyantun.” (QS Al-Baqarah: 263).

Selain afwan artinya maaf, kamu juga bisa menjumpai penggunaan afwan saat seseorang membalas ucapan terima kasih. Dalam hal ini, afwan artinya yaitu sama-sama. Afwan artinya sama-sama, diucapkan ketika seseorang mengucapkan terima kasih, atau dalam bahasa arabnya yaitu Syukron.

Itulah arti afwan yang perlu kamu ketahui. Selain itu, kamu perlu mengenali penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat menjawab ucapan terima kasih.

3 dari 4 halaman

Ucapan Terima Kasih dalam Bahasa Arab

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, afwan artinya sama-sama merupakan jawaban dari ungkapan syukron yang berarti terima kasih. Mengutip dari KapanLagi, arti Syukron secara harfiah adalah "terima kasih". Kata ini merupakan bahasa Arab dari syakaro - yaskuru - syukron. Sesuai dengan artinya, syukron kerap digunakan sebagai salah satu kata untuk mengucapkan terima kasih.

Arti syukron dan penggunaannya sebagai ucapan terima kasih mungkin sudah dipahami oleh kebanyakan orang. Ucapan terima kasih selain sebagai balasan terhadap budi baik seseorang, juga bisa menjadi pengingat manusia untuk senantiasa bersyukur. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari kufur nikmat.

Hal itu juga tertulis dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini:

"Siapa pun yang mendapat kebaikan dari orang lain, hendaklah dia membalasnya. Jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu untuk membalasnya, sebaiknya dia memuji orang tersebut, karena jika ia telah memujinya maka dia telah mensyukurinya. Jika dia menyembunyikannya, itu berarti bahwa "Dia menyangkal kebaikannya. Seseorang yang dihiasi dengan (kebaikan) yang tidak dia miliki, seolah-olah dia mengenakan dua helai pakaian kepalsuan." .(HR. Tirmidzi)

Terkadang, kata syukron juga digabungkan dengan kata lain, biasanya dengan "katsiron". Katsiron sendiri berati banyak maka jika digabungkan, arti syukron katsiron adalah terima kasih banyak. Ucapan tersebut digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas budi atau kebaikan seseorang.

Selain gabungan kata di atas, masih ada kata lain yang sering digunakan secara berurutan dengan kata syukron. Agar lebih jelas, simak beberapa arti syukron dengan gabungan kata lainnya berikut ini.

- Syukron jazilan: Terima kasih banyak.

- Syukron ala: Terima kasih atas kebaikannya.

- Syukron ala du'aiki: Terima kasih atas doamu (untuk wanita).

- Syukron ala du'aiha: Terima kasih atas doanya (untuk wanita).

- Syukron yaa habibati: Terima kasih sayangku (untuk pria).

- Syukron laki: Terima kasih untukmu (untuk wanita).

- Syukron Laka: Terima kasih untukmu (untuk pria).

- Syukron ala du'ai'ihi: Terima kasih atas doanya (untuk pria).

- Syukron yaa habibi: Terima kasih sayangku (untuk wanita).

- Syukron ala du'aika: Terima kasih atas doamu (untuk pria).

4 dari 4 halaman

Jawaban Ketika Mendengar Terima Kasih dalam Bahasa Arab

Seperti halnya kata "sama-sama" yang diucapkan setelah seseorang mendengar ucapan terima kasih, ada pula jawaban ketika kamu mendengar kata syukron, yaitu afwan. Arti Syukron adalah terima kasih, sedangkan afwan artinya maaf atau sama-sama. Meski tak berarti "sama-sama" secara harfiah, afwan bisa digunakan sebagai jawaban dari ucapan syukron dalam hubungan sosial.

Kata afwan juga bisa kamu gunakan untuk menunjukkan kerendahan hati sebagai orang yang menerima ucapan terima kasih. Perlu kamu ketahui bahwa ada hal lain yang bisa kamu lakukan selain mengucapkan syukron dan menjawab dengan afwan.

Sebagai manusia, kamu tentu dianjurkan untuk saling mendoakan, cara yang bisa kamu tempuh untuk menjawab terima kasih antara lain mendoakan seseorang tersebut, membalas perbuatan baik orang tersebut, memuji orang tersebut dengan pujian Subhanallah, hingga mengucapkan Jazakallah khairan kepada orang tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS