Sukses

6 Cara Unik Restoran Sajikan Makanan, Tampilannya Jadi Lebih Menarik

Ternyata cara restoran sajikan makanan ada cara uniknya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Cara penyajian makanan yang menarik biasanya membuat pelanggan jadi tidak tega untuk menyantapnya. Plating yang sempurna merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh restoran.

Ternyata, bukan sembarang menyajikan makanan, restoran punya cara unik agar makanan yang disajikannya bikin pelanggan berdecak kagum dan jadi makin merasa lapar. Mulai dari tata letak makanan sampai warna piring yang dipilih penting untuk diperhatikan agar selaras.

Apabila keselarasan warna antara piring dan makanannya tercipta, tentunya membuat penampakan makanan yang disajikan dapat manjakan mata. Oleh karenanya, ada beragam aspek yang perlu diperhatikan saat menyajikan makanan ala restoran.

Melansir dari Brightside, plating atau cara penyajian makanan yang menarik sangat memengaruhi bagaimana pelanggan mengharapkannya untuk dicicipi. Jika penyajiannya saja sudah menarik, biasanya rasanya juga tidak mengecewakan.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang cara unik restoran sajikan makanan yang bikin pelanggan jadi makin lapar, Rabu (15/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Warna Piring Putih dan Hitam

Cara unik pertama yang membuat makanan jadi lebih menarik dan membuat pelanggan jadi ngiler dan makin lapar adalah permainan warna piring. Rupanya, setiap warna piring punya makna unik yang berbeda-beda, seperti warna putih dan hitam.

Melansir dari Brightside, penelitian menunjukkan bahwa warna piring dapat mempengaruhi bagaimana kita merasakan rasa makanan kita. Untuk menguji hal tersebut, peneliti memberikan porsi kecil mousse stroberi yang disajikan di piring putih atau hitam kepada sukarelawan.

Setelah itu, ternyata mousse yang disajikan di piring putih dianggap lebih manis dan enak. Sementara, di piring hitam cenderung menonjolkan rasa yang lebih gurih dan asin, dan itulah sebabnya makanan pahit atau gurih biasanya disajikan di atasnya.

3 dari 7 halaman

2. Warna Kuning dan Oranye Membuat Lebih Lapar

Melansir dari Brightside, menurut penelitian, otak kita mengeluarkan lebih banyak serotonin ketika kita melihat warna kuning. Oleh karena itu, rona dikaitkan dengan kehangatan dan kebahagiaan.

Warna ini umumnya membuat kita lebih optimis dan cenderung makan lebih banyak, begitu juga dengan warna oranye. Itulah sebabnya banyak restoran populer menggunakan warna-warna hangat yang merangsang nafsu makan, seperti oranye dan kuning, dalam desainnya.

4 dari 7 halaman

3. Cokelat Panas dalam Cangkir Oranye

Warna cangkir yang digunakan untuk minum dapat mempengaruhi cara berpikir seseorang tentang rasa minuman yan diteguknya, salah satu warna cangkir oranye yang membuat cokelat panas terasa lebih enak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang lebih suka cokelat panas saat disajikan dalam cangkir berwarna oranye. Warna-warna ini tampaknya meningkatkan rasa cokelat itu sendiri dan meningkatkan penerimaan orang terhadap minuman tersebut. Selain itu, rang menilai cokelat yang disajikan dalam cangkir krim gelap lebih manis dan lebih intens.

5 dari 7 halaman

4. Bentuk Cokelat Memengaruhi Rasa

Selain soal warna piring, bentuk dari sebuah makanan ternyata juga memengaruhi rasa, salah satunya adalah bentuk cokelat yang memengaruhi rasa dari cokelat itu sendiri. Dalam sebuah kotak cokelat, biasanya berisi potongan-potongan dalam beberapa bentuk dan gaya yang berbeda, tetapi ini tidak dilakukan secara acak dan punya keunikan.

Bentuk cokelat sangat memengaruhi seberapa cepat cokelat meleleh di mulut, yang selanjutnya memengaruhi rasanya. Potongan cokelat dengan permukaan yang lebih besar cenderung melepaskan molekul dari makanan lebih cepat.

6 dari 7 halaman

5. Bentuk dan Warna Mug Memengaruhi Rasa Kopi

Selain piring yang dapat memengaruhi rasa makanan, bentuk dan warna mug rupanya juga memengaruhi rasa kopi. Studi ilmiah telah membuktikan bahwa warna dan bentuk cangkir kopi mempengaruhi persepsi peminum kopi.

Aroma kopi tercium lebih kuat dalam cangkir berbentuk tulip. Selain itu, fakta unik lainnya kopi terasa lebih kuat dalam cangkir putih. Oleh karenanya tentunya jarang melihat kopi disajikan dalam mug berwarna gelap.

7 dari 7 halaman

6. Minuman Warna Merah Terasa Lebih Kuat

Cara unik restoran selanjutnya dalam menyajikan makanan adalah warna dari makanan atau minuman yang disajikannya. Melansir dari Brightside, warna minuman memengaruhi rasanya. Rupanya warna punya peranan penting terhadap rasa dan membuat pelanggan jadi makin penasaran soal rasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.