Sukses

8 Potret Hunian Pribadi Ridwan Kamil yang Unik, Terbuat dari 30 Ribu Botol Bekas

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya dikenal sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga dikenal sebagai seorang arsitek. Sebelum menjadi pejabat, pria yang akrab disapa Kang Emil ini merupakan seorang arsitek yang merangkap sebagai dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia juga melanjutkan pendidikan master di University of California, Berkeley.

Sejumlah desain bangunannya pun mengundang decak kagum banyak orang. Apalagi baru-baru ini, Ridwan Kamil mengutarakan niatnya untuk membangun sebuah masjid di samping makam putra tercintanya, Emmeril Kahn Mumtadz. Berlatar belakang pendidikan Teknik Arsitektur, menjadikan pria kelahiran Bandung ini berpengalaman dalam menciptakan desain bangunan yang bernilai seni tinggi.

Bahkan, mantan Walikota Bandung itu juga mendesain sendiri rumahnya yang dijuluki Rumah Botol. Punya konsep yang unik, Ridwan Kamil berhasil membangun hunian tersebut dengan 30 ribu botol bekas. Sepeninggal Eril, belakangan rumah botol tersebut kembali disorot publik di media sosial.

Terletak di jalan Cigadung Selatan, Bandung, inilah 8 potret hunian pribadi Ridwan Kamil yang unik, dirangkum Liputan6.com dari Instagram @fatyanosa, Rabu (15/6/2022).

2 dari 9 halaman

1. Inilah penampakan 'rumah botol' Ridwan Kamil yang memiliki luas lahan sekitar 373 meter persegi. Proses pembuatannya dimulai dari tahun 2015 dan berlangsung selama 2 tahun.

3 dari 9 halaman

2. Sesuai namanya, rumah ini dibangun dengan botol bekas minuman energi sebanyak 30 ribu. Proses pengumpulan botol ini menghabiskan waktu selama 6 bulan.

4 dari 9 halaman

3. Rumah botol ini mengusung konsep green design dengan menggunakan sumber daya yang efisien dan efektif serta metode perancangan yang ramah lingkungan.

5 dari 9 halaman

4. Masuk ke dalam, rumah ini memiliki banyak ruang open space nan minimalis sehingga sirkulasi udara yang masuk juga cukup baik.

6 dari 9 halaman

5. Rumah pribadi ini terasa cocok untuk bersantai dan menikmati hari libur bersama keluarga.

7 dari 9 halaman

6. Perawatan rumah botol ini juga tidak sulit, cukup dengan mengelap atau disemprot menggunakan air biasa tiap tiga bulan sekali.

8 dari 9 halaman

7. Rumah ini juga dihiasi oleh tanaman dan kolam dengan gemercik air.

9 dari 9 halaman

8. Furniture dalam rumah ini rata-rata terbuat dari kayu dengan warna dominasi cokelat dan hitam. Beberapa sisi bagian rumah ini juga pernah dianugerahi Green Design Award oleh Building Construction Indonesia (BCI).