Sukses

Pejuang Kampus Impian, Biar Gap Year Jadi Produktif, Kamu Harus Coba Kegiatan Ini!

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang lulus SMA atau SMK dan sudah mencoba untuk masuk kampus impian tapi belum kesampaian? Atau kamu sudah mendapatkan kampus itu tapi jurusan yang didapatkan nggak memuaskan? Terkadang, salah satu alternatifnya kalau kamu berada dalam kondisi itu adalah gap year.

Yup, gap year merupakan rentang waktu saat seseorang memutuskan untuk istirahat dari proses pendidikannya, baik itu masa sekolah atau kuliah. Kalau kamu memilih jalan itu, sebetulnya nggak ada salahnya lho, malah kamu bisa mempersiapkan semua kondisi dengan matang ya untuk bisa masuk dan berkuliah di kampus dan jurusan yang diimpikan. 

Nah, selain untuk persiapkan diri kamu, gap year ini bisa kamu isi dengan berbagai aktivitas produktif lainnya lho. Dan biar nggak bosan di rumah atau siklus hidupnya cuma kongkow bareng teman, ada baiknya kamu lakukan kegiatan ini ya!

2 dari 5 halaman

1. Coba Cari Kerja

Ijazah SMA sudah kamu dapatkan, dengan itu kamu bisa coba cari lowongan kerja lho, entah itu magang, part time, atau freelance. Lumayan kan, buat nambah uang saku kamu biar kalau mau kongkow bareng teman nggak minta uang ke orangtua lagi? Atau kalau mau beli buku-buku persiapan ujian masuk kampus bisa pakai uang sendiri? Jadi nggak ngerepotin orangtua kan kalau begitu?

Selain kamu bisa mendapatkan uang, kamu juga bisa menambah skill yang kamu miliki atau menambah pengetahuan kamu tentang dunia kerja, biar nggak kaget! Yang pasti, dengan pengalaman kerja yang kamu punya, tentu saja bisa jadi nilai tambah yang bagus untuk CV kamu nanti lho.

3 dari 5 halaman

2. Jadi Relawan

Selain cari kerja, kamu juga bisa menggunakan waktu di gap year kamu dengan ikut kegiatan volunteer lho. Dari kegiatan ini, akan mengajarkan kamu banyak hal, termasuk bisa membentuk skill baru dan memberikan banyak pengalaman dan wawasan yang berharga, serta jejaring teman yang luas.

Nggak cuma itu, berdasarkan penelitian Corporation for National & Community Service, menjadi seorang relawan dalam berbagai kegiatan bisa membuat kamu jauh lebih sehat dibandingkan orang yang nggak melakukan hal serupa lho! Menarik bukan?

4 dari 5 halaman

3. Ikut Kursus Daring

Selama pandemi dan ketika situasi sudah mengarah ke endemi, banyak kursus atau kelas daring yang dibuka oleh banyak platform. Banyak juga yang bisa kamu ikuti dengan cuma-cuma alias gratis lho. Hanya, kamu harus pandai mencarinya ya! Kamu bisa memilih berbagai kelas yang membahas beragam topik juga lho. Mulai dari dunia pemasaran hingga kebudayaan. 

Dengan ikut kursus daring, kamu bisa semakin mengasah skill yang kamu punya, bahkan kamu bisa menemukan bakat kamu yang selama ini terpendam. Dan yang pasti, ilmu yang kamu dapatkan akan sangat bermanfaat untuk di masa kuliah kamu nanti!

5 dari 5 halaman

3. Giat Jalani Hobi

Yup, giat jalani apa yang kamu suka, bukan pilihan yang bruku ya. Dengan kamu semakin giat jalani hobi, bukan nggak mungkin cuan akan kamu dapatkan. Sambil menyelam minum air bukan? Kamu akan mendapatkan kepuasan pribadi dengan menyalurkan apa yang kamu suka ke suatu kegiatan dan juga kamu mendapatkan sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan kamu selama gap year.

Giat jalani hobi juga bisa semakin mengasah kreativitas kamu lho. Harus kamu ingat ya, kemampuan dalam hal kreativitas adalah salah satu hal yang harus miliki, jika kamu mau survive di dunia kerja saat ini. So, bukan pilihan yang buruk kan selama gap year jalani hobi kamu?

Gimana? Buat kamu pejuang kampus impian, apakah sudah tahu apa yang harus kamu lakukan saat gap year? Biar nggak ditanya aneh-aneh sama keluarga atau diintimidasi secara verbal oleh tetangga, ada baiknya kamu pilih salah satu kegiatan di atas ya, biar makin produktif dan juga kreatif! Selamat mencoba kawan semua!

 

(*)