Sukses

35 Tahun Terbengkalai, Ini Penampakan Kantor Pos Paling Sepi di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Sebelum adanya berbagai teknologi modern saat ini, surat menjadi media komunikasi utama yang digunakan oleh masyarakat dunia. Saat itu, kantor pos memiliki peran penting. Mereka menyediakan fasilitas untuk melayani penerimaan, pengumpulan, penyortiran, transmisi, dan pengantaran surat dan paket pos. 

Namun, berkirim surat tidak lagi menjadi pilihan masyarakat karena munculnya berbagai media komunikasi yang lebih mudah digunakan. Kemunculan macam alat komunikasi modern mulai dari telepon kabel, koran, radio, televisi hingga telepon genggam dan komputer membuat surat tidak lagi dilirik.

Tapi, ada sebuah kantor pos kecil di Mongolia yang menerima sekitar 20.000 surat dan kode pos pada Desember 2021 untuk dikirim dari sana. Kantor pos tersebut disebut sebagai kantor pos paling sepi di dunia. Kenapa bisa disebut sebagai kantor pos tersepi?

Dilansir Liputan6.com dari News Buzz, berikut ini penampakan dan fakta menarik terkait kantor pos paling sepi di dunia, Kamis (16/6/2022).

 

2 dari 4 halaman

Kantor pos paling sepi di dunia

Sekadar informasi, kantor pos ini dikenal sebagai kantor pos paling sepi di dunia karena dibangun di tengah Gurun Tengger yang tidak memiliki pemukiman. Bahkan, keterlibatan karyawan pun tidak pernah terlihat di sana.

Dapat dipahami bahwa orang-orang menjadi tertarik untuk mengirim surat dari kantor pos setelah seorang sukarelawan bernama Zhang mempromosikan kembali kantor pos tersebut.

Kantor pos itu dibangun dengan luas 15 kaki persegi dan terbuat dari kayu. Begitu menyebar di internet, orang-orang mulai berdatangan mengunjungi kantor pos meski harus menempuh jarak yang jauh.

3 dari 4 halaman

Tidak pernah dikunjungi oleh publik

Mengutip laporan News Buzz, kantor tersebut belum pernah dikunjungi masyarakat sejak pertama kali dibangun karena berada jauh di gurun pasir tandus dan terlantar selama 35 tahun.

Sementara itu, Zhang dan temannya, Luo Meng, memulai kampanye untuk menjaga kantor pos paling sepi di dunia itu agar tetap hidup. Jika ada yang tidak dapat pergi ke kantor pos, surat akan dikirimkan atas nama mereka.

Selama pandemi COVID-19 terakhir, orang semakin banyak mengirim surat dari kantor pos ke Singapura dan Australia. Zhang juga membangun kembali kantor pos dan menyelesaikannya dalam waktu 20 hari.

 

4 dari 4 halaman

Hidup kembali berkat kerja sama

Setelah membangun kerja sama dari China Post, akhirnya kantor pos tersebut dijadikan salah satu dari 700 kantor pos di China. Sejak itu, surat dan kartu pos yang dihiasi dengan perangko bertema gurun khusus telah ditulis di kantor pos setiap hari.

Surat-surat dan kartu pos diangkut 10km ke jalan terdekat, dimasukkan ke dalam truk dan kemudian dikirim ke seluruh dunia.