Sukses

Al Fiil Artinya Gajah, Ketahui Kisah Sejarah Sebelum Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta Al Fiil artinya merupakan surah pendek dalam Al Qur'an. Surah Al Fiil artinya menceritakan peristiwa besar sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW. Al Fiil artinya berbicara tentang kekeraskepalaan, kejahatan, kesombongan, dan kekejaman. 

Surah Al Fiil merupakan surah ke-105 yang terdiri dari 5 ayat. Al Fiil artinya termasuk dalam surah Makkiyah yang diturunkan kepada Muhammad di Mekah sebelum hijrah ke Medina pada tahun 622 M.

Memahami Al Fiil artinya dapat mengetahui kebesaran Allah dalam melindungi tempat suci-Nya. Al Fiil artinya menjadi bukti sejarah kota Mekah yang suci. Berikut penjelasan Al Fiil artinya dan kisah di baliknya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(16/6/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Isi surah Al Fiil artinya

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ

Alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi ashaabil fiil

Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ

Alam yaj'al kai dahum fii tad liil

Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ

Wa arsala 'alaihim tairan abaabiil

dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ

Tar miihim bi hi jaaratim min sij jiil

yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ ࣖ

Faja 'alahum ka'asfim m'akuul

sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

3 dari 5 halaman

Tafsir surah al fiil artinya

Ayat 1

Arti:

Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?

Tafsir:

Wahai Nabi Muhammad atau siapa saja, tidakkah engkau perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah dengan menghancurkan mereka, yaitu tentara Abrahah dari Ethiopia yang hendak menghancurkan Kakbah?

Ayat 2

Arti:

Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

Tafsir:

Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya dan usaha mereka menghancurkan Kakbah itu sia-sia, meski mereka datang dengan pasukan yang kuat dan persenjataan yang lengkap?

Ayat 3

Arti:

dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,

Tafsir:

Allah mempunyai cara untuk menggagalkan tipu daya mereka, dan Dia mengirimkan kepada mereka salah satu makhluk-Nya yang dijadikan bala tentara untuk menghancurkan mereka, yaitu burung yang berbondong-bondong dan tidak terhitung banyaknya.

Ayat 4

Arti:

yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,

Tafsir:

Allah mengirim burung-burung yang melempari mereka dengan batu yang berasal dari tanah liat yang terbakar.

Ayat 5

Arti:

sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Tafsir:

Batu-batu yang dijatuhkan oleh burung-burung itu tepat mengenai tentara Abrahah sehingga mereka dijadikan-Nya bergelimpangan tak berdaya dan binasa seperti daun-daun yang dimakan ulat. Itulah balasan bagi orang yang angkuh dan hendak menghancurkan Kakbah, simbol agama Allah.

4 dari 5 halaman

Kisah di balik surah Al Fiil

Surah Al Fiil merupakan surah yang menceritakan peristiwa penyerangan Kabah oleh Abrahah, raja dari Abyssinians. Saat itu Abrahah mendirikan sebuah katedral besar di Sana'a, dengan harapan dapat mengalihkan ziarah tahunan Arab dari tempat suci Mekah, Kabah, ke gereja baru tersebut.

Ketika harapan ini tetap tidak terpenuhi, Abrahah bertekad untuk menghancurkan Kabah yang saat itu dikuasai kaum Quraisy. Abrahah berangkat melawan Mekah dengan memimpin pasukan besar, yang termasuk beberapa gajah perang. Ketika hampir sampai di Kabah, gajah yang dibawa menolak bergerak untuk menghancurkan Kabah, meskipun mereka disiksa.

Saat itu juga, Allah mengirimkan burung ababil yang membawa batu-batu kecil dari neraka dan menjatuhkannya ke pasukan Abrahah. Batu-batu ini langsung mengubah pasukan tersebut menjadi abu. Abrahah sendiri meninggal saat kembali ke Sana.

Peristiwa ini diyakini terjadi kira-kira pada tahun 571 M. Di tahun yang sama, Nabi Muhammad SAW lahir.

5 dari 5 halaman

Makna surah Al Fiil

Allah menyebutkan kisah dalam Al Fill artinya untuk mengingatkan orang-orang kafir Quraisy bahwa dia adalah Tuhan Ka'bah dan dia adalah satu-satunya pelindung. Abrahah, penguasa Yaman, ingin menghancurkan Kabah di Mekah dengan menggunakan pasukannya yang besar. Pasukan yang dipimpin oleh seekor gajah besar.

Namun, karena orang Quraisy saat itu adalah kafir, Allah tidak ingin Rumah Suci-Nya diselamatkan atau dipertahankan oleh mereka. Jadi Dia mengirim beberapa tentara-Nya, kawanan burung, untuk mempertahankan Rumah-Nya.

Burung Ababil (atau, kawanan burung) yang dikirim oleh Allah untuk menghancurkan tentara dan pemimpinnya mengerahkan upaya mereka dan melakukan yang terbaik. Narasi menyatakan bahwa setiap burung kecil membawa tiga batu, satu di paruhnya dan dua di dua cakarnya. Jika mereka mampu membawa batu lain untuk mempertahankan Rumah Suci Allah, mereka tidak akan ragu melakukannya.

Surah Al-Fil menjelaskan bahwa Allah-lah yang mempertahankan Rumah Suci-Nya dan tidak pernah membiarkan orang-orang musyrik atau kafir untuk melindunginya. Namun, sejak Nabi Muhammad diutus dengan pesan terakhir, masalah melindungi tempat-tempat suci telah dialihkan kepada umat Islam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.