Sukses

Al Furqan Artinya Pembeda Baik dan Buruk, Ketahui Pesan Pentingnya

Liputan6.com, Jakarta Al Furqan artinya merupakan surah ke-25 dalam Al Qur'an. Nama Al Furqan didapat dari ayat petama surah ini. Secara keseluruhan, Al Furqan artinya adalah pembeda yang baik dan buruk.

Al Furqan artinya mengajarkan pada umat Islam tentang yang baik dan yang jahat, yang halal dan yang haram, yang benar dan yang salah. Al Furqan artinya memiliki pembahasan tersendiri di tiap ayatnya. Al Furqan artinya juga menceritakan keraguan dan keberatan yang diajukan oleh orang-orang kafir terhadap kekuasaan Allah.

Al Furqan artinya membahas topik-topik seperti tauhid, kiamat, kenabian, dan memerangi penyembahan berhala dan ayat-ayat terakhirnya berbicara tentang kualitas orang-orang yang beriman. Berikut Al Furqan artinya, dirangkum Liputan6.com dari Islamreligion, Kamis (16/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Al Furqan artinya Ayat 1 - 9

Al Furqan artinya Ayat 1 - 9 berisi tentang bagaimana membedakan yang benar dan yang salah. Al Furqan artinya pemisah yang benar dari yang batil. Furqan berarti kemampuan seseorang untuk membedakan antara yang baik dan yang jahat, yang halal dan yang haram, serta yang Benar dan yang Salah.

Kelompok ayat ini diawali dengan Allah yang memuji Al Qur'an dan kebesaran Allah sebagai pencipta dan penguasa. Diceritakan pula para orang kafir yang menyangkal kebenaran mengatakan bahwa Quran adalah pemalsuan yang dibuat oleh Muhammad dengan bantuan orang lain.

Nabi Muhammad diperintahkan oleh Allah untuk menjawab bahwa Al-Qur'an diturunkan oleh Allah yang mengetahui rahasia langit dan bumi. Orang-orang kafir bertanya rasul macam apa yang memakan makanan dan berjalan-jalan di pasar; mengapa dia tidak ditemani oleh malaikat atau memiliki harta atau bahkan taman sendiri? Orang-orang yang zalim kemudian menyatakan bahwa Muhammad dipengaruhi oleh sihir. Mereka menggunakan imajinasi mereka sendiri untuk mendiskreditkan Muhammad.

3 dari 8 halaman

Al Furqan artinya Ayat 10 - 16

Al Furqan artinya Ayat 10 - 16 menggambarkan api neraka yang menunggu para orang kafir. Di ayat ini, Allah menghibur Nabi Muhammad SAW atas fitnah orang kafir.

Bagi orang-orang kafir yang menyangkal hari kiamat, Allah telah menyediakan api yang menyala-nyala. Ketika mereka melihat api neraka di kejauhan, mereka akan mendengar murka dan aumannya dan kemudian akan dilemparkan ke dalamnya memohon kematian.

Mereka akan ditanyai, ini (neraka) atau taman yang dijanjikan kepada orang benar? Surga adalah pahala dan tujuan bagi orang-orang yang bertakwa di mana mereka akan menemukan apa pun yang mereka inginkan.

4 dari 8 halaman

Al Furqan artinya Ayat 17-24

Al Furqan artinya Ayat 17-24 membahasa tentang dewa-dewa palsu yang menyangkal keilahian Allah. Pada Hari Pembalasan, Allah akan mengumpulkan semua umat manusia dengan para dewa palsu. Para dewa palsu ini akan ditanya apakah mereka mencoba menyesatkan orang-orang dan mereka akan menjawab bahwa mereka pasti tidak. Para dewa akan menyangkal orang-orang kafir dan hukuman tidak akan dihindari.

Allah mengingatkan Nabi Muhammad bahwa semua nabi makan makanan dan berjalan di pasar dan jalan-jalan dan bahwa beberapa orang telah diciptakan untuk menjadi cobaan bagi yang lain. Mereka yang bertanya mengapa mereka tidak melihat Allah atau malaikat, tidak benar-benar percaya pada hari ketika mereka akan berdiri di hadapan Tuhan.

Mereka kurang ajar dan sombong. Hari mereka melihat para malaikat bukanlah hari yang baik bagi mereka. Para malaikat akan melarang mereka untuk melewati penghalang dan perbuatan mereka akan menjadi debu dan tersebar di angin.

5 dari 8 halaman

Al Furqan artinya Ayat 25 – 34

Al Furqan artinya Ayat 25 – 34 nberisi tentang penyesalan orang kafir. Pada hari kiamat, ini akan menjadi hari yang berat bagi orang-orang kafir. Mereka akan menggigit tangan mereka dalam penyesalan dan berharap mereka telah memilih teman yang lebih baik, akhirnya mengakui Setan sebagai musuh berbahaya.

Nabi Muhammad akan mencela orang-orang yang menganggap Quran sebagai omong kosong dan Allah menjawab bahwa setiap utusan memiliki musuh yang jahat. Orang-orang kafir Mekah bertanya mengapa Quran tidak diturunkan sekaligus dan Tuhan menjawab bahwa itu dikirim secara bertahap untuk menguatkan hati Nabi.

Dia (Nabi Muhammad) diberitahu bahwa Tuhan akan membantu Dia menjawab setiap argumen yang diajukan kepadanya. Mereka yang paling jauh dari jalan yang benar akan jatuh dengan wajah mereka ke Neraka.

6 dari 8 halaman

Al Furqan artinya Ayat 35 – 44

Al Furqan artinya Ayat 35 – 44 bercerita tentang mereka yang menolah wahyu Allah. Musa diberi kitab suci dan bersama saudaranya Harun, pergi ke orang-orang yang menyangkal tanda-tanda Allah. Orang kafir tersebut kemudian hancur.

Demikian juga orang-orang Nuh ditenggelamkan. Allah juga membinasakan kaum 'Aad, Tsamud, para Sahabat Rass, dan banyak generasi lainnya. Semua diberi peringatan yang mereka tolak, dan itu menyebabkan kehancuran total mereka. Sekarang mereka menyangkal Muhammad tapi segera mereka akan melihat hukuman untuk melakukannya.

7 dari 8 halaman

Al Furqan artinya Ayat 45 - 62

Al Furqan artinya Ayat 45 - 62 berisi tentang kuasa Allah. Tuhanlah yang memperpanjang naungan; malam adalah istirahat dan siang adalah jenis kebangkitan. Dialah yang membawa angin, dan menurunkan air dari langit untuk menghidupkan tanah yang mati dan menghilangkan dahaga manusia dan hewan.

Proses ini diulangi sehingga orang-orang dapat mengambil pelajaran. Tetapi sebagian besar waktu, mereka bertahan dalam ketidakpercayaan mereka. Nabi Muhammad diperintahkan untuk tidak mengalah.

Tuhan menciptakan dua laut, yang satu asin dan pahit, yang lain manis dan segar; dia menciptakan manusia dari air. Bahkan mengetahui hal ini beberapa orang menyembah sesuatu selain Tuhan. Tuhan mengirim Muhammad sebagai kabar baik dan peringatan, oleh karena itu manusia harus menaruh kepercayaan mereka pada Tuhan yang Hidup yang tidak pernah mati.

Allah menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam hari dan menempatkan diri-Nya di atas takhta-Nya. Tetapi beberapa orang tidak sujud, malah mereka berpaling lebih jauh. Tuhan menciptakan bintang, matahari, dan bulan agar sebagian orang memilih untuk bersyukur.

8 dari 8 halaman

Al Furqan artinya Ayat 63- 77

Al Furqan artinya Ayat 63- 77 berisi tentang uraian orang beriman. Orang-orang mukmin berjalan dengan kerendahan hati, berbicara kepada orang-orang bodoh dengan kata-kata damai, dan menghabiskan malam untuk menyembah Tuhan mereka dan meminta untuk dilindungi dari api neraka. Mereka tidak boros atau pelit dan mereka tidak pernah menyembah tuhan selain Tuhan.

Mereka tidak membunuh kecuali dengan alasan yang wajar, dan mereka tidak melakukan perzinahan atau percabulan. Allah mampu mengubah perbuatan buruk menjadi baik bagi orang-orang yang bertaubat dan bertakwa. Orang-orang percaya tidak memberikan kesaksian palsu; mereka melewati kesembronoan dengan bermartabat dan mengambil alih tanda-tanda dan wahyu-wahyu Allah.

Inilah orang-orang yang kesabarannya akan dibalas dengan surga, di mana mereka akan disambut dengan salam dan salam dan akan hidup selamanya. Nabi Muhammad diberitahu untuk mengatakan bahwa Tuhan tidak peduli jika kamu memohon kepada-Nya atau tidak, tetapi jika kamu menolak wahyu-Nya, kamu akan menghadapi hukuman.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS