Sukses

25 Wisata Kuliner Malang, dari Masakan Jawa sampai Timur Tengah

Wisata kuliner Malang juga tak kalah menarik.

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Malang menjadi daftar destinasi yang tak boleh dilewatkan di Kota Apel ini. Malang merupakan destinasi wisata favorit masyarakat. Keindahan alam dan ragam atraksinya selalu memanjakan siapapun yang mengunjunginya.

Selain alam dan atraksinya, wisata kuliner Malang juga tak kalah menarik. Wisata kuliner Malang punya beragam pilihan masakan. Mulai dari masakan Jawa, Tionghoa, sampai Timur Tenga, semua ada di wisata kuliner Malang.

Banyak wisata kuliner Malang juga merupakan kuliner legendaris di kota ini. Wisata kuliner Malang bahkan ada yang sudah berdiri sejak masa pra-kemerdekaan. Berikut 25 wisata kuliner Malang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(16/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata kuliner Malang

Pecel Kawi Hj. Musilah

Wisata kuliner Malang pertama yang wajib dikunjungi adalah Pecel Kawi. Warung Pecel Kawi yang legendaris adalah Pecel Kawi Hj. Musilah, yang berada di di Jalan Kawi Atas No. 43, Kota Malang. Pecel Kawi Hj. Musilah menyajikan pecel khas Jawa Timur dengan cita rasa gurih dan pedas.

Tahu Lontong “Lonceng”

Tahu Lontong “Lonceng” merupakan wisata kuliner Malang yang populer lainnya. Tahu lontong berisi tahu yang dimasak dengan telur dan disajikan bersama kecambah, lontong, dan kerupuk. Sajian ini kemudian disiram bumbu kacang-petis yang lezat. Tahu Lontong “Lonceng” berlokasi di Jl. R.E. Martadinata, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang.

Rawon Brintik

Rawon Brintik merupakan warung rawon yang sudah ada sejak 1942. Warung rawon ini berada di Jl K H. Ahmad Dahlan 39, Malang. Rawon Brintik kini sudah dikelola oleh generasi keempat Rawon Brintik. Bahan dan cara pembuatannya pun masih sama dan terus diturunkan secara turun temurun.

Rawon Nguling

Rawon Nguling sudah ada sejak tahun 1982. Satu keistimewaaan dari rawon ini adalah kuahnya yang berwarna hitam tapi tidak terlalu pekat dan tidak berlemak. Selain itu potongan daging dari rawon ini juga terkenal besar-besar. Rawon Nguling berlokasi di Jl. Zainul Arifin No.62, RT.01/RW.01, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang.

Orem-orem Malang

Orem-orem merupakan kuliner khas Malang yang berisi irisan tempe goreng, ayam, dan dimasak bersama kuah santan kental. Orem-orem disajikan bersama ketupat. Orem-orem Malang banyak dijumpai di sudut kota Malang.

3 dari 6 halaman

Wisata kuliner Malang

Bakso President

Bakso President berlokasi di Jalan Batanghari No 5, belakang Hotel Savana, Malang. Warung bakso President berada tepat dipinggir rel kereta. Bakso Presiden sudah berdiri sejak 1977. Disini terdapat jenis bakso lengkap, mulai dari bakso urat, bakso telur, bakso goreng, bakso udang, bakso bakar hingga tahu somay. Pembeli bisa memilih isian menu bakso sesuai selera. Bakso President ini mendapat julukan sebagai pelopor bakso Malang.

Bakso Bakar Pahlawan Trip

Selain bakso President, di Malang, kamu juga bisa menemukan bakso bakar yang legendaris. Bakso Bakar Pahlawan Trip menyajikan berbagai olahan bakso bakar. Ada juga menu lain seperti siomay bakar, pangsit, bakso kuah, dan lainnya. Bakso Bakar Pahlawan Trip berlokasi di Jl. Pahlawan Trip No.3A, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

Mie Gajah Mada Malang

Wisata kuliner Malang yang tak kalah populer adalah Mie Gajah Mada Malang. Warung mi ini sudah ada sejak puluhan tahun lali di Jalan Pasar Besar 17A Malang. Ada beragam menu yang bisa kamu pilih, misalnya mie ayam jamur, mie istimewa, pangsit mie bakso, dan mie lainnya. Selain mie, terdapat pula kuliner jajanan lain seperti siomay, es sari kelapa, hingga tahu ikan.

Rumah Makan Hok Lay

Rumah Makan Hok Lay merupakan rumah makan khas Tionghoa yang sudah ada sejak tahun 1946. Wisata kuliner Malang ini berada di Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang. Menu favorit di rumah makan ini adalah Cwie Mie yang tipis dan kenyal dengan ayam cincang yang gurih. Ada juga lumpia yang dibuat dengan resep turun temurun keluarga. Sementara minuman legendarisnya adalah Fosco yang merupakan campuran coklat dan susu full krim.

Cwie Mie

Cwie mie merupakan mi tipis yang dibumbui dengan minyak ayam dan disajikan sederhana bersama daging ayam cincang, sawi rebus, bawang goreng, acar mentimun rawit, irisan daun bawang, dan kerupuk pangsit. Cwie Mie merupakan salah satu wisata kuliner Malang yang populer dan bisa ditemukan dengan mudah di Malang.

4 dari 6 halaman

Wisata kuliner Malang

Soto Ayam Lombok

Soto Ayam Lombok termasuk wisata kuliner Malang yang begitu legendaris. Soto ini bukan berasal dari Lombok atau diisi dengan lombok (cabai). Dinamakan Lombok karena ia berlokasi di Jl. Lombok No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang. Soto Ayam Lombok memiliki kuah kuning dengan rasa khas rempah.

Soto Geprak Mbah Djo

Selain Soto Lombok, ada juga Soto Geprak. Soto Geprak Mbah Djo telah menggunakan resep rahasia sejak tahun 1935. Proses pengolahan soto Goprak Mbah Djo ini dilakukan dengan cara menumbuk/menggeprak daging dengan halus agar serat daging terpisah dengan sendirinya tanpa harus ada dilakukan proses pemotongan serat.

Bubur Ayam Agus

Bubur Ayam Agus berlokasi di Jalan Simpang Wilis No. 4 Malang. Wisata kuliner Malang ini punya cita rasa bubur yang sangat khas. Warung bubur ini juga buka sampai malam hari. Di sini, kamu juga bisa memesan hidangan lain seperti mie, bakso, dan lumpia.

Ayam Panggang Pak No

Wisata kuliner Malang ini berada di Jl. Yulius Usman No.27A, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang. Yang khas dari ayam panggang ini adalah pengolahannya yang berbeda. Ayam kampung muda direbus sampai matang, dimarinasi dan dibumbui dengan bumbu rujak, baru kemudian dibakar di atas arang.

Rumah Makan Cairo

Rumah Makan Cairo merupakan wisata kuliner Malang yang menyajikan masakan khas Timur Tengah. Rumah makan yang sudah ada sejak 1953 ini berada di kawasan Embong Arab, tepatnya di Jl. Kapten Piere Tendean No.1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang. Menu utama di rumah makan ini adalah sate, gulai, nasi goreng, martabak, nasi kebuli, dan lainnya.

5 dari 6 halaman

Wisata kuliner Malang

Sate Gebug

Sate Gebug merupakan wisata kuliner Malang yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Sesuai namanya, daging sate ini digebug dulu sebelum dibakar. Sate gebug merupakan sate dengan ukuran jumbo yang terbuat dari daging khas dalam sapi. Rasanya gurih manis dengan tekstur sangat empuk. Warung sate gebug yang paling terkenal berada di Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang.

Sate landak

Sate landak punya tekstur empuk dan memiliki rasa gurih. Salah tempat mencicipi sate landak yang terkenal adalah Warung Sate Landak Bu Ria yang berada di alan Raya Bugis 47, Saptorenggo, Pakis, Malang. Tak cuma sate, kamu juga bisa menemukan makanan dari landak lainnya seperti tongseng dan rica-rica.

Sego Resek

Sego Resek berisi nasi dengan banyak isian pelengkap, seperti kecambah, kubis, daun bawang, dan juga topping nikmat berupa ayam goreng suwir, jeroan, dan juga telur yang digoreng dengan sangat sempurna. Sego Resek yang paling legendaris berada di Jl. Brigjend. Katamso, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang.

Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Celaket di Malang sudah ada sejak tahun 1935 dan sangat populer. Gerai Putu Lanang Celaket ini menjadi penjaja kue putu yang terbaik dan paling populer di Malang. Di sini kamu bisa menikmati kue putu yang gurih dan manis. Wisata kuliner Malang ini bisa ditemui di gang kecil di Jalan Jaksa Agung Suprapto setiap harinya yang buka mulai pada pukul 17.30. Selain kue putu, kamu juga bisa menemukan camilan manis tradisional lainnya, termasuk cenil dan lupis.

Pos Ketan Legenda

Sesuai dengan namanya menu di Pos Ketan Legenda merupakan kuliner Malang yang dibuat dari olahan beras ketan. Wisata kuliner Malang satu ini sudah melegenda di kawasan Malang Raya dan sudah ada sejak tahun 1967. Pos Ketan Legenda 1967 buka setiap harinya sejak pukul 3 sore hingga 3 dini hari. Menunya sendiri ada beragam seperti ketan bubuk, ketan susu, ketan keju, dan favorit banyak orang adalah ketan durian.

6 dari 6 halaman

Wisata kuliner Malang

Toko Oen

Toko Oen merupakan kedai paling tua di Malang yang menyajikan kuliner khas Eropa yang resepnya tidak berubah sejak dahulu kala. Di Toko Oen ini, kamu bisa menyantap aneka es kri buatan tangan dengan berbagai macam rasa, seperti cokelat, vanilla dan rasa-rasa kombinasi lainnya. Toko Oen berlokasi di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.

Bakpao Boldy

Bakpo Boldy pertama kali dibuat pada tahun 1950. Bakpao Boldy punya beragam isian mulai dari ayam cincang, ayam kecap, babi kecap, kacang hijau, hingga kacang tanah yang diolah menjadi pasta lembut yang manis dan juga gurih. Uniknya Bakpao Boldy adalah, kamu bisa menyantap bakpao yang masih hangat sembari minum teh. Bakpao Boldy berlokasi di Jl. Mangun sarkoro No.25, Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang.

Pia Cap Mangkok

Jika Jogja punya bakpia pathok, Malang punya Pia Cap Mangkok. Kue satu ini sudah menjadi panganan kebanggaan Malang seja 1959. Hingga kini pembuatan pia Cap Mangkok masih menggunakan cara homemade satu per satu menggunakan tangan. Satu kota Pia Cap Mangkok dibanderol dengan kisaran harga 15 ribu hingga 20 ribu rupiah. Pia Cap Mangkok bisa dibeli di gerainya di Jalan Semeru Nomor 25, Ruko Semeru, Klojen, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.

Angsle dan Ronde Titoni

Warung ronde ini sudah berdiri sejak tahun 1948. Berada dekat alun-alun Malang, kamu bisa menikmati semangkuk wedang ronde basah, wedang ronde kering, kacang kua hingga angsle. Warung ini ada di Jalan Zainal Arifin No. 17, Malang. Wisata kuliner Malang ini cocok disantap di malam hari yang dingin. Sembari menikmati ronde ataupun angsle, kamu juga bisa mengudap roti goreng dan juga cakwe.

Es Tawon Kidul Dalem

Es Tawon Kidul Dalem merupakan wisata kuliner Malng menyegarkan. Dinamain Es Tawon karena sirup bahan es ini sering dikerubungi oleh tawon. Ada banyak varian es yang ditawarkan di kedai ini mulai dari es dawet, es alpukat, es kacang ijo, hingga es campur. Es Tawon Kidul Dalem berlokasi di Jl. Zainul Arifin No.15, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.