Sukses

8 Cara Agar Rambut Cepat Panjang, Lebat, dan Kuat Menurut Ahli, Aman Dilakukan

Kumpulan cara menjaga kesehatan rambut yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Memanjangkan rambut dengan cepat bagi pria dan wanita yang menginginkannya, bisa dilakukan dengan cara yang alami dan pasti aman. Bagaimana cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat?

Melansir Health Line, pada Jumat (17/6/2022) dijelaskan cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah menghindari diet ketat, mencukupi asupan protein, hingga mengandalkan berbagai macam minyak esensial.

“Sementara genetika memang berperan dalam menjaga pertumbuhan rambut yang sehat, beberapa faktor lain juga ikut berperan,” dijelaskan.

Paling penting dari cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah menjaga kesehatannya. Kesehatan rambut yang terjaga seperti mengurangi risiko kerontokan dan rambut patah merupakan pilihan tepat menjadikan rambut cepat panjang, lebat, dan kuat.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam delapan cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat yang ampuh dan aman, Jumat (17/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Agar Rambut Cepat Panjang, Lebat, dan Kuat Menurut Ahli

1. Menghindari Diet Ketat

Cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah cobalah untuk mulai berhenti melakukan diet ketat. Melakukan diet ketat menurut ahli dapat menghambat pertumbuhan rambut dan meningkatkan terjadinya kerontokan.

Dokter kulit di Columbia sekaligus asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, Dr. Lindsey Bordone menjelaskan kontrol pertumbuhan rambut tidak bisa dilakukan. Akan tetapi, ada hal yang bisa dihindari untuk menghambat pertumbuhannya.

“Diet ketat dapat mengurangi sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut,” kata Bordone.

2. Mencukupi Asupan Protein

Cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah cek kembali asupan protein harian. Jika asupan protein harian kurang atau kurang dari 50 gram per harinya, maka ini dapat mengganggu pertumbuhan rambut.

“Makan makanan yang seimbang dengan asupan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Umumnya, kami merekomendasikan 50 gram protein atau lebih per hari,” tambahnya.

3. Mengandalkan Produk Kafein

Cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung lebih banyak kafein.

Hal ini diungkap dalam penelitian berjudul Differential Effects Of Caffeine On Hair Shaft Elongation, Matrix And Outer Root Sheath Keratinocyte Proliferation, And Transforming Growth Factor-Β2/Insulin-Like Growth Factor-1-Mediated Regulation Of The Hair Cycle In Male And Female Human Hair Follicles In Vitro oleh Fischer, dkk.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 tersebut, ditemukan kafein untuk perawatan rambut dapat dijadikan cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat karena memiliki efek peningkatan pertumbuhan pada rambut.

Menurut penelitian tersebut, kafein dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut baru pada tingkat molekuler, seluler, dan organ pada pria dan wanita.

4. Mencoba Berbagai Macam Minyak Esensial

Cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah mencoba berbagai macam minyak esensial. Misalnya saja pakai minyak atsiri yang tidak hanya berbau harum, tetapi dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Minyak esensial untuk cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat ini diungkap dalam penelitian berjudul Peppermint Oil Promotes Hair Growth without Toxic Signs oleh Ji Young Oh, dkk.

Penelitian tersebut dilakukan pada empat kelompok tikus, yang masing-masing diberi perawatan rambut yang berbeda. Perlakuan terdiri dari saline, minyak jojoba, 3 persen minoxidil, atau 3 persen minyak peppermint.

Cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat dalam studi tersebut terungkap kelompok yang diberi minyak peppermint menunjukkan pertumbuhan rambut paling banyak. Ini termasuk peningkatan yang signifikan dalam ketebalan dermal, jumlah folikel, dan kedalaman folikel.

3 dari 3 halaman

Cara Agar Rambut Cepat Panjang, Lebat, dan Kuat Menurut Ahli

5. Meningkatkan Nutrisi Rambut

Cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah meningkatkan asupan nutrisi bagi rambut. Vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu sangat penting untuk kesehatan serta menyediakan energi untuk pertumbuhan rambut.

Ini termasuk:

- biotin

- vitamin C

- vitamin D

- vitamin E

- seng

- zat besi

- omega-3 dan omega-6

Dijelaskan, mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6 selama 6 bulan dapat membantu melindungi dari kerontokan rambut. Inilah mengapa mencukupi nutrisi rambut cocok dijadikan cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat.

Data dari studi lain menunjukkan adanya kadar seng yang lebih rendah dapat memainkan peran kunci dalam kerontokan rambut.

Sementara penelitian yang menunjukkan kemanjuran biotin terbatas, tinjauan literatur menemukan 18 kasus yang dilaporkan yang menunjukkan peningkatan klinis pada kesehatan rambut dan kuku setelah suplementasi biotin.

6. Memijat Kulit Kepala

Cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah cobalah dengan memijat kulit kepala seperti saat sedang keramas di salon. Pijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan meningkatkan kesehatan rambut.

Adanya cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat dengan memijat kulit kepala ini diungkap dalam penelitian berjudul Standardized Scalp Massage Results in Increased Hair Thickness by Inducing Stretching Forces to Dermal Papilla Cells in the Subcutaneous Tissue oleh Taro Koyama.

Studi tersebut meneliti efektivitas pijat kulit kepala setiap hari selama 4 menit. Setelah 24 minggu, para peneliti menemukan bahwa sembilan pria yang terlibat dalam penelitian ini memiliki rambut yang lebih lebat daripada di awal.

Meskipun penelitian ini tidak menunjukkan perbedaan nyata dalam pertumbuhan rambut, pijat kulit kepala diperkirakan dapat membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Dampaknya menjadikan rambut lebih lebat dan lebih kuat (tidak mudah patah atau rusak).

7. Mengurangi Panas Alat Penata Rambut

cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah mencegah terjadinya kerusakan dengan mengurangi panas saat menggunakan alat penata rambut (pengeriting dan meluruskan rambut).

Panas dari alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan. Meskipun menghindari penataan panas sama sekali mungkin bukan pilihan, ini bisa dibatasi.

8. Berhenti Mewarnai Rambut

Cara agar rambut cepat panjang, lebat, dan kuat adalah mulailah berhenti mewarnai rambut. Mengapa demikian?

Ahli kimia kosmetik dan pendiri Formulasi Freelance, Vanessa Thomas menjelaskan mewarnai rambut dapat meningkatkan risiko rambut menjadi stres dan menimbulkan kerontokan.

“Tetapi ketika kita mengurangi proses ini, rambut akan lebih sedikit patah dan sepertinya tumbuh lebih cepat,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.