Sukses

Viral Siswa Menangis Akibat Salah Baca Hasil Kelulusan, Bikin Elus Dada

Liputan6.com, Jakarta Momen kelulusan sekolah menjadi hal yang dinantikan setiap siswa dan siswi. Perjuangan menempuh pendidikan akan ditentukan pada pengumuman kelulusan. Tak heran para pelajar begitu antusias menyambut hari penentuan masa depan mereka. Salah satunya yang dialami para siswa SMP Negeri 4 Tilamuta, Gorontalo.

Namun ada kejadian unik saat video kelulusan mereka tersebar di media sosial. Video yang beredar lewat unggahan TikTok ini menunjukkan beberapa siswi yang menangis tersedu usai membaca hasil kelulusan mereka. Diketahui mereka menerima surat kelulusan sekolah yang menyatakan mereka lulus atau tidak.

Aksi beberapa siswa yang menangis dalam momen kelulusan ini sukses jadi sorotan netizen. Pasalnya, beberapa siswa perempuan ini beranggapan mereka tak lulus usai 3 tahun menempuh jenjang SMP

Usut punya usut, tangisan mereka ternyata akibat dari salah baca pengumuman kelulusan. Pernyataan lulus tersebut tersamarkan bahkan bagi mereka sulit dimaknai sebagai tanda kelulusan. 

Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum kejadian unik ini melansir dari akun TikTok @Qtta05, Jumat (17/6/2022).

2 dari 4 halaman

Salah Baca Surat Kelulusan

Video pertama yang beredar ini menunjukkan cuplikan surat kelulusan yang bertuliskan “ MOHON MAAF Rahmatia Igirisa Anda TIDAK GUGUR”. Siapa sangka hasil kelulusan yang menyatakan lulus ini punya makna lain bagi siswa yang bersangkutan. Seketika ia kaget dan menangis tersedu-sedu usai menganggap dirinya tidak lulus. 

Sedangkan video kedua yang beredar menunjukkan hasil kelulusan “SELAMAT Nurain Rajiu ANDA LULUS”. Siapa sangka, pemilik surat kelulusan ini juga ikut menangis akibat salah baca dan mengartikan mereka tidak lulus. 

3 dari 4 halaman

Malu Menangis Tersedu-sedu

Video yang berjudul “ngak lulus karna nilai(X) ngak lulus karna salah baca (v)” ini seketika menjadi viral lantaran para siswa ini terlalu larut dalam kesedihan. Ada dua video yang diunggah yang berisi kesalahpahaman para siswa SMP ini membaca pengumuman kelulusan.

Video pertama yang berdurasi 14 detik berhasil ditonton oleh 2.6 juta pengguna TikTok. Sedangkan video lanjutannya menunjukkan siswi lain yang juga ikut sedih karena kesalahan membaca pengumuman.

Mereka menangis tersedu-sedu tak henti usai membaca surat kelulusan tersebut. Dalam video juga menunjukkan mereka berusaha menutup wajah akibat tak kuasa menahan malu karena menganggap diri mereka tak lulus

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Video ini lantas jadi sorotan netizen terutama para pengguna TikTok. Tak sedikit yang merasa terhibur dengan komentar tawa namun kasihan mereka. 

“Itu yg bikin suratnya siapa si Kata "MOHON MAAF"nya gede "DINYATAKAN GUGUR"nya gede gimana g salah paham... kalo lulus ya SELAMAT anda lulus udah,” komentar pengguna akun @hatzel14.

Pentingnya kalimat yang efektif dan efisien, imbuh pengguna @onlykids14.

“Yang Ngetik Mungkin ada Masalah sama adek nya, cuit pennguna @_luna_007_

Jadi ke inget sama teman smp, waktu ke lulusan dia baca gk lulus nangis sampai pingsan. guru juga panik karena semua murid lulus harusnya,” curhat pengguna @hyuna_coco02