Sukses

Arti Gelay yang Sempat Viral, Ketahui Makna dan Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

Liputan6.com, Jakarta Arti gelay sempat pernah viral dan hits ketika dilontarkan oleh Nissa Sabyan. Bahkan kata tersebut sempat menjadi trending topic di jagat media sosial Twitter. Bahkan, kata tersebut juga ramai diparodikan di Instagram maupun TikTok. 

Kata gelay muncul dalam video yang berdurasi singkat tersebut, Nissa berkata, ‘Assalamualaikum, kalian nungguin aku nggak?’ Beberapa saat kemudia, datang seseorang menyenggolnya. Nissa kemudian langsung bereaksi manja dengan mengucapkan, ‘nggak mau, nggak suka gelay’. Lantas, apa arti gelay?

Nah, berawal dari video singkat tersebut, kata gelay pun menjadi viral di jagat media sosial, baik itu di Twitter, Instagram, Youtube, maupun Tik Tok. Arti gelay sebenarnya masuk dalam bahasa gaul yang sering diucapkan oleh remaja milenial.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti gelay dan bahasa gaul lainnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/6/2022).

2 dari 4 halaman

Arti dan Makna Gelay

Melansir dari kamus bahasa gaul, arti gelay merupakan plesetan dari kata geli. Sedangkan jika melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, arti gelay tersebut yaitu semacam perasaan seperti ketika dikitik-kitik (digelitik).

Setelah trending, arti gelay kemudian menimbulkan sejumlah persepsi. Jika melansir dari kamus bahasa gaul dan KBBI, arti gelay adalah geli. Namun, ada sejumlah warganet yang berspekulasi bahwa maksud dari kata gelay ala Nissa Sabyan yaitu maksudnya ‘nggak like’.

Karena Nissa Sabyan mengucapkannya dengan aksen manja, sehinga penyebutan kata ‘nggak like’ seperti terdengar ‘gelay’. Jadi, menurut sejumlah warganet, mungkin saja maksud dari ucapan Nissa Sabyan ‘nggak mau nggak suka gelay’ adalah ‘nggak mau, nggak suka nggak like’.

3 dari 4 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

1. BRB: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

2. BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

3. CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

4. COD: Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’.

5. DM: Merupakan singkatan dari Direct Message, atau pesan yang dikirim langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.

6. DIY: singkatan dari Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.

7. FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

8. GG atau GGWP: Merupakan singkatan dari Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

9. GWS: Singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

10. ASAP: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

11. 4EAE: singkatan dari Forever and Ever yang artinya selama-lamanya.

12. AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.

13. AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

14. Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

15. b/c: singkatan dari because, artinya karena.

16. IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

17. IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

18. IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

19. IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

20. J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda

4 dari 4 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

1. Humble

Humble adalah istilah bahasa Inggris yang berarti rendah hati dalam bahasa Indonesia. Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang walaupun sudah terkenal atau banyak harta, namun memiliki sifat yang tidak sombong dan tetap rendah hati.

2. Bae

Bae memiliki arti mirip dengan baby artinya adalah kekasih, kesayangan atau belahan jiwa.

3. Worth it

Worth it artinya adalah setimpal, sepadan, atau layak.

4. Ghosting

Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali.

5. Down to earth

Menggambarkan sifat sederhana dan apa adanya.

6. Simp

Simp artinya sesorang yang melakukan terlalu banyak usaha untuk orang yang mereka sukai. Atau jika disederhanakan, tergila-gila. 

7. High-key dan Low-key

Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

8. Hypebeast

Hypebeast digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu peduli pada hal-hal yang populer. 

9. Hang out

Artinya menghabiskan waktu bersama teman seperti jalan-jalan atau berlibur

10. Creep/creepy

Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”