Sukses

20 Manfaat Buah Plum Kering, Kaya Vitamin dan Mineral

Manfaat buah plum didapat dalam bentuk kering.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah plum bisa didapat dengan mudah dalam bentuk kering. Plum atau prem merupakan buah dengan rasa masam dan berbiji keras di tengahnya. Manfaat buah plum diyakini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Menurut catatan sejarah, buah plum berasal dari Iran. Buah plum bisa tumbuh subur di dataran rendah. Ini membuat buah ini tak banyak ditemui di Indonesia dengan iklim tropis.

Biasanya, manfaat buah plum didapat dalam bentuk kering. Buah plum kering disebut juga prune. Manfaat buah plum kering tak kalah baik dari plum segar. Manfaat buah plum kering bisa dikonsumsi langsung, dicampurkan ke makanan, atau diolah menjadi jus.

Manfaat buah plum yang dikeringkan bisa menjadi camilan sehat sehari-hari. Berikut manfaat buah plum kering, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (19/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat buah plum kering

Tinggi kalium

Plum adalah sumber kalium yang baik. Ini merupakan elektrolit yang membantu dalam berbagai fungsi tubuh yang vital. Mineral ini membantu pencernaan, irama jantung, impuls saraf, dan kontraksi otot, serta tekanan darah. Karena tubuh tidak secara alami memproduksi kalium, mengonsumsi buah plum baik kering atau segar dapat membantu menghindari kekurangan nutrisi ini.

Kaya vitamin

Plum tidak hanya tinggi kalium - mereka juga mengandung banyak vitamin utama. Manfaat buah plum kaya akan vitain A, B6, K, riboflavin, dan niasin. Plum juga mengandung mineral dalam jumlah tinggi seperti mangan, tembaga, dan magnesium.

Sumber zat besi yang baik

Jus plum kering adalah sumber zat besi yang baik dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Manfaat buah plum ini bisa membantu mencegah anemia akibat kekurangan zat besi.

Perlindungan antioksidan

Plum kaya akan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Plum sangat tinggi antioksidan polifenol, yang memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Cegah wasir dan atasi sembelit

Plum kaya akan serat, yang membantu mencegah wasir yang disebabkan oleh sembelit. Jus plum kering bertindak sebagai pencahar berkat kandungan sorbitolnya yang tinggi. Serat dalam plum sebagian besar tidak larut, yang berarti tidak menyatu dengan air.

3 dari 5 halaman

Manfaat buah plum kering

Sehatkan pencernaan

Plum sangat bagus untuk usus karena mengandung serat yang tinggi, mendorong pergerakan usus yang teratur dan pertumbuhan bakteri usus yang baik. Beberapa penelitian juga melaporkan risiko kanker usus besar yang lebih rendah dengan konsumsi plum.

Mengontrol buang air kecil

Sementara kandung kemih yang terlalu aktif dapat disebabkan oleh banyak hal, terkadang sembelit dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah plum kering.

Membangun tulang dan otot

Plum kering merupakan sumber penting mineral boron, yang dapat membantu membangun tulang dan otot yang kuat. Ini juga dapat membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi otot. Plum bahkan memiliki beberapa potensi sebagai pengobatan osteoporosis.

Menurunkan kadar kolesterol

Lemak dan kolesterol dapat terkumpul di arteri untuk membentuk zat yang disebut plak. Ketika plak menumpuk di arteri, itu dapat menyebabkan aterosklerosis atau penyempitan arteri. Penelitian menunjukkan bahwa plum kering dapat membantu memperlambat perkembangan aterosklerosis. Manfaat buah plum kering ini kemungkinan karena efek antioksidan dan serat larut di dalamnya.

Kontrol gula darah

Plum memiliki sifat yang dapat membantu mengontrol gula darah. Meskipun karbohidratnya cukup tinggi, plum tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang substansial setelah dimakan. Hal ini dikaitkan dengan potensi mereka untuk meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang berperan dalam pengaturan gula darah. Selain itu, serat dalam buah plum mungkin ikut bertanggung jawab atas efeknya pada gula darah.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat buah plum kering

Menurunkan tekanan darah

Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa makan plum dan minum jus plum kering dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah. Plum tinggi kalium, rendah sodium dan kolesterol. Flavonoid dan anthocyanin juga meningkatkan kesehatan pembuluh darah, membantu mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol, dan dapat menurunkan risiko masalah seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.

Sehatkan jantung

Mengkonsumsi plum dan plum kering secara teratur dapat memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung. Mereka telah dipelajari untuk potensi mereka untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Membantu mengurangi nafsu makan

Plum dapat membantu mengatur berat badan. Mereka melakukan ini dengan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Ini karena plum mengandung banyak serat yang lambat dicerna. Pencernaan yang lebih lambat berarti nafsu makan tetap terpuaskan lebih lama. Plum juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti mereka meningkatkan kadar glukosa (gula) dalam darah secara perlahan.

Tingkatkan kesehatan kognitif

Studi menunjukkan bahwa polifenol dalam buah plum Oriental dapat meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi kadar kolesterol otak. Ini juga bisa berarti penurunan risiko penyakit neurodegeneratif. Nutrisi seperti flavonoid dalam buah plum meningkatkan kesehatan otak dan membantu mengurangi risiko stroke.

Tingkatkan pengelihatan

Plum adalah sumber vitamin A, vitamin yang penting untuk kesehatan penglihatan. Satu buah plum kering memberikan 3 persen dari asupan vitamin A harian yang direkomendasikan. Orang yang kekurangan vitamin A rentan terhadap rabun senja, mata kering, degenerasi makula, dan katarak.

5 dari 5 halaman

Manfaat buah plum kering

Melindungi dari emfisema

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), termasuk emfisema, adalah penyakit paru-paru kronis yang menyebabkan kesulitan bernapas. Sebuah studi tahun 2005 menunjukkan korelasi positif antara kesehatan paru-paru dan diet kaya antioksidan. Plum mengandung antioksidan tingkat tinggi, yang dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh merokok dengan menetralkan oksidasi. Ini dapat membantu mengurangi kemungkinan emfisema, PPOK, dan kanker paru-paru.

Menurunkan risiko kanker usus besar

Kanker usus besar seringkali sulit dideteksi, tetapi bisa menjadi agresif. Diet dapat membantu mencegah kanker usus besar, dan penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan plum kering ke dalam diet dapat mengurangi risiko ini. Efek ini dikaitkan dengan dua senyawa dalam plum - asam klorogenat dan neoklorogenik. Meskipun asam ini cukup umum dalam buah-buahan, buah plum tampaknya mengandung asam dalam tingkat yang sangat tinggi.

Menjaga kesehatan hati

Sebagai bagian dari pengobatan tradisional, orang menggunakan buah plum sebagai obat untuk hepatitis. Studi pada 2010 menunjukkan bahwa jus plum kering dapat membantu mengurangi beberapa bahan kimia yang lebih berbahaya yang terjadi sebagai akibat dari masalah hati.

Buat tidur lebih nyenyak

Manfaat buah plum kering lainnya adalah ia kaya akan magnesium. Ini terkait dengan tidur yang lebih baik. Jadi, jika kamu mencari camilan sehat sebelum tidur, plum adalah salah satu yang cocok untuk tidur yang lebih nyenyak.

Baik untuk kulit

Vitamin dan mineral yang ada dalam plum membantu menjaga kesehatan kulit. Buah ini juga membantu memperlambat proses penuaan dan menunda perkembangan keriput.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.