Sukses

25 Wisata di Jawa Tengah Penuh Pesona, Jadi Ikon Pariwisata

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Jawa Tengah menawarkan beragam destinasi di tiap kota/kabupatennya. Jawa Tengah merupakan provinsi yang dikenal sebagai pusat kebudayaan Jawa. Ini membuat wisata di Jawa Tengah terkenal akan kekayaan budayanya.

Wisata di Jawa Tengah bahkan punya beragam peninggalan bersejarah baik dalam bentuk bangunan maupun benda-benda yang disimpan dalam museum. Selain itu, Jawa Tengah yang punya beragam topografi membuat wisata di Jawa Tengah punya banyak pilihan.

Mulai dari pegunungan, perkotaan, sampai pantai, wisata di Jawa Tengah tak akan mengecewakan. Wisata di Jawa Tengah tersebar di seluruh kota dan kabupatennya. Berikut 25 wisata di Jawa Tengah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (19/6/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Wisata di Jawa Tengah: Semarang

Lawang Sewu

Wisata di Jawa Tengah di Semarang yang paling terkenal adalah Lawang Sewu. Destinasi wisata Semarang satu ini dulunya adalah bekas kantor administrasi Nederlandsch–Indische Spoorweg (NIS), sebuah perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia Belanda. Dinamakan Lawang Sewu karena pintu di bangunan ini sangat banyak.

Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho. Kompleks Sam Po Tong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Kompleks bangunan seluas 3,7 hektar ini didominasi warna merah dengan beragam ornamen khas Tiongkok. Kelenteng Sam Poo Kong selalu menyambut para tamu yang ingin tahu sejarah kaum peranakan di Semarang.

Grand Maerakaca

Grand Maerakaca atau Puri Maerokoco kerap disebut sebagai Taman Mininya Jawa Tengah. Di destinasi wisata Semarang satu ini terdapat berbagai miniatur rumah adat dari seluruh Indonesia. Tempat wisata di Semarang sangat cocok sebagai tempat rekreasi edukasi untuk anak dan keluarga.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo berada di desa Candi, kecamatan Bandungan yang berjarak 9 Km dari Kota Ambarawa dan 12 Km dari Kota Ungaran. Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad ke-8 (tahun 927 Masehi). Tempat wisata di Semarang ini menawarkan wisata sejarah yang sejuk dan tenang.

Museum Kereta Api Ambarawa

Monumen ini merupakan tempat untuk mengenang pertempuran Palagan Ambarawa yang berlangsung 12 Desember – 15 Desember 1945. Di sini terdapat koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang. Ada pula pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

 

3 dari 6 halaman

Wisata di Jawa Tengah: Magelang

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan ikon wisata di Jawa Tengah yang paling terkenal. Candi Borobudur merupakan monumen Budha terbesar di dunia. Ia merupakan situs kuno yang secara luas dianggap sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Rafting Sungai Elo

Tak hanya menelusuri sejarah, wisata di Jawa Tengah Magelang juga menawarkan pengalaman rafting menyusuri Sungai Elo, Magelang. Wisata yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur ini menawarkan paket wisata arung jeram lengkap dengan alat dan pemandu. Panjang rafting di sungai ini sekitar 10 – 11 kilometer, biasanya ditempuh sekitar 2 – 2,5 jam.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan kawasan perbukitan dengan panorama pegunungan dan Candi Borobudur. Wisata di Magelang ini menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu dan kemegahan Candi Borobudur. Disarankan untuk tiba di daerah Borobudur sekitar jam 05:00. Pada momen ini Candi Borobudur dari Punthuk Setumbu akan tampak secara perlahan dihiasi kabut tipis.

Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema makin populer ketika masuk dalam film AADC 2 di mana Cinta dan Rangga menghabiskan waktu bersama. Bangunan Gereja Ayam berada di Desa Gombong, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk sampai ke wisata di Magelang ini pengunjung harus menyusuri jalan setapak ke Bukit Menoreh. Bangunan ini sejatinya bukanlah gereja. Namun dimasudkan sebagai rumah doa bagi siapa saja.

Gunung Andong

Gunung Andong merupakan wisata di Jawa Tengah Magelang yang sering dikunjungi para pendaki. Tinggi gunung ini sekitar 1.400-an mdpl. Dari atas Gunung Andong, kamu bisa menikmati panorama alam yang luar biasa, sekaligus menghirup udara yang segar.

4 dari 6 halaman

Wisata di Jawa Tengah: Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat

Wisata di Jawa Tengah Solo yang wajib dikunjungi adalah Keraton Surakarta Hadiningrat. Ini Istana resmi Kesunanan Surakarta Hadiningrat yang terletak di Kota Surakarta. Keraton ini didirikan oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan pada tahun 1743.

The Heritage Palace Solo

The Heritage Palace Solo merupakan destinasi baru di Solo dengan nuansa Eropa. Hampir setiap sudut tempat yang kental dengan nuansa Eropa klasik. Tempat ini awalnya merupakan pabrik gula peninggalan Belkamu dari tahun 1892 yang direvitalisasi menjadi tempat wisata keluarga.

De Tjolomadoe

Sejak pertama kali dibuka setelah dilakukan pemugaran, bangunan bekas pabrik gula warisan Hinda Belanda (158 tahun silam) ini langsung hits di Instagram. Setiap sudut dari De Tjolomadoe ini memang sangat Instagramable. Selain dapat berekreasi, Anda juga bisa melihat dan belajar tentang sejarah perkebunan gula disini.

Tumurun Private Museum

Tumurun Private Museum menjadi incaran para pecinta seni yang berkunjung ke Solo. Museum milik pribadi ini didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto sebagai wujud penghormatan kepada mendiang sang ayah yang adalah kolektor karya seni. Terdapat koleksi karya seni kontemporer dan modern, dengan daya tarik masing-masing.

Taman Balekambang

Di tengah Kota Solo kamu bisa menemukan wisata alam yang sejuk dan hijau berupa taman kota. Taman seluas 9,8 Ha ini sudah berdiri sejak 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII. Taman ini dibangun sebagai tanda cinta Mangkunegara pada kedua anaknya Partini dan Partinah.

5 dari 6 halaman

Wisata di Jawa Tengah: Jepara

Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa merupakan wisata di Jawa Tengah dengan pesona baharinya. Karimunjawa dikenal karena keindahannya alamnya, bawah lautnya yang eksotis, serta pemandangannya yang sangat indah. Taman Nasional ini berfungsi sebagai cagar alam laut yang dilindungi.

Pantai Kartini

Salah satu pantai di Jepara diberi nama Pantai Kartini sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangga yang ditujukan kepada Ibu Kartini. Di sini terdapat bangunan berbentuk kura-kura besar, yang didalamnya berisi akuarium berisi berbagai jenis ikan, kura-kura dan karang laut. Di dalamnya juga terdapat wahana bermain anak dan bioskop 3D yang cocok dijadikan alternatif tempat wisata Jepara bagi keluarga.

Museum Kartini

Museum R. A. Kartini menjadi salah satu wisata Jepara yang wajib untuk dikunjungi. Sebagai tempat kelahiran perempuan yang mencetuskan ide tentang emansipasi perempuan, keberadaannya seakan bisa kamu rasakan di Museum Kartini ini. Terletak tidak jauh dari alun-alun Kota Jepara, museum ini menampilkan barang-barang dan cerita mengenai Kartini semasa hidup.

Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan salah satu wisata Jepara yang menawarkan keindahan pulau, layaknya Karimunjawa. Kamu bisa menikmati pengalaman seru berada di pulau kecil tanpa penghuni ini. Pulau Panjang ini dapat dijangkau dari dua jalur, yaitu dari Pantai Bandengan dan Pantai Kartini dengan menaiki perahu kayu. Selama perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut yang sangat jernih.

Hutan Sreni

Wisata Jepara selanjutnya adalah Hutan Sreni, hutan pinus yang memiliki keindahan tersendiri. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan suasana bak musim gugur. Hutan Sreni yang berlokasi di Kecamatan Nalumsari ini menawarkan pemandangan ribuan pohon pinus yang menyejukkan. Pemandangan hutan lindung ini tentunya bikin perasaan lebih tenang.

6 dari 6 halaman

Wisata di Jawa Tengah: Purwokerto

Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden merupakan tempat rekreasi dan wisata edukasi di Banyumas. Di wisata Baturaden ini terdapat berbagai macam tanaman seperti Liliana, Perdu, tanaman merambat, Anggrek, hingga pepohonan besar. Fasilitas hiburan seperti wahana permainan sederhana untuk anak-anak juga tersedia di sini. Wisata Baturaden ini berlokasi di Jl. Pancurantujuh - Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Wana Wisata Baturraden

Wana Wisata Baturraden berada di Jl. Bumi Perkemahan Wana Wisata, Dusun I Karangmangu, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Di sini wisatawan dapat menikmati pemandangan yang indah dan segarnya udara pegunungan dengan suhu 18-25 derajat celcius.

Pancuran Pitu

Pancuran Pitu berada tak jauh dari wisata Baturaden. Wisata di Jawa Tengah ini merupakan sumber air panas bumi yang terpancar langsung dari kaki Gunung Slamet yang keluar dari tujuh pancuran. Di lokasi wisata ini juga terdapat Gua Sarabadak.

Curug Bidadari

Tak jauh dari Curug Telu, kamu juga akan menemukan Curug Bidadari di kawasan Baturaden. Jalur perjalanan ke Curug Bidadari ini tergolong lumayan menantang. Di perjalanan, kamu akan ditemani oleh suasana pegunungan dan pepohonan yang sejuk dan rindang. Ciri khas curug ini adalah memiliki pintu masuk yang bentuknya menyerupai gua.

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Tak cuma wisata alam, tempat wisata di Banyumas juga meliputi wisata sejarah. Di Purwokerto terdapat monumen sekaligus museum Panglima Besar Jenderal Soedirman. Museum ini terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama terdapat foto-foto Jenderal Soedirman saat merebut kembali Yogyakarta sebagai ibukota dari Belanda. Di lantai dua terdapat relief sejarah bangsa Indonesia. Ada pula patung Jenderal Soedirman duduk di atas kuda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.