Sukses

Daya Tahan Artinya Kemampuan Bertahan, Ketahui Cara Meningkatkannya

Daya tahan berkaitan dengan kekuatan dan ketahanan,

Liputan6.com, Jakarta Daya tahan artinya berkaitan dengan kekuatan dan ketahanan seseorang. Biasanya, istilah daya tahan artinya digunakan dalam bidang olahraga dan kesehatan. Menjaga daya tahan artinya menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Daya tahan artinya merupakan bagian dari kebugaran fisik. Daya tahan artinya beda dengan stamina. Tidak seperti daya tahan, stamina sendiri bukanlah komponen kebugaran fisik, tetapi hasil dari menjadi lebih bugar.

Daya tahan artinya kekuatan untuk menahan sesuatu yang menantang. Berikut pengertian tentang daya tahan artinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daya Tahan artinya

Menurut KBBI, daya tahan artinya kemampuan bertahan terhadap segala pengaruh dari luar yang dapat merugikan. Ini bisa berupa penyakit, serangan musuh, godaan, dan sebagainya. Dalam olahraga, daya tahan artinya kemampuan tubuh untuk berlatih tanpa mengalami kelelahan.

Daya tahan adalah kemampuan untuk terus melakukan sesuatu yang sulit, tidak menyenangkan, atau menyakitkan untuk waktu yang lama. Daya tahan adalah kekuatan untuk menahan sesuatu yang menantang. Ini dapat digunakan untuk menggambarkan kekuatan fisik untuk terus berjalan, seperti dalam maraton atau olahraga lain. Ia juga dapat digunakan ketika membahas situasi mental yang melelahkan atau waktu yang penuh tekanan.

3 dari 5 halaman

Daya tahan dalam olahraga

Melansir Healthline, daya tahan mengacu pada kemampuan fisik tubuh untuk mempertahankan latihan untuk waktu yang lama. Daya tahan berhubungan dengan proses dinamis pengujian keterbatasan fisiologis tubuh manusia tanpa kelelahan. Ini terdiri dari dua komponen: daya tahan kardiovaskular dan daya tahan otot.

Daya tahan kardiovaskular adalah kemampuan jantung dan paru-paru untuk mengisi tubuh dengan oksigen. Daya tahan otot adalah kemampuan otot untuk bekerja terus menerus tanpa merasa lelah. Daya tahan mengukur kapasitas aerobik dalam hal jantung dan paru-paru bekerja sama untuk menghasilkan dan mendistribusikan darah beroksigen ke kelompok otot aktif selama latihan atau kinerja berat.

4 dari 5 halaman

Cara meningkatkan daya tahan tubuh

Melansir Healthline, berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh:

Prinsip SAID

Salah satu komponen mendasar dalam membangun program kebugaran yang efektif adalah prinsip SAID. SAID adalah singkatan dari Specific Adaptation to Imposed Demands atau Adaptasi Khusus untuk Tuntutan yang Dikenakan. Ini berarti tubuh akan beradaptasi dengan jenis olahraga tertentu yang biasa dilakukan.

Misalnya, jika kamu membuat program latihan yang sebagian besar terdiri dari latihan tubuh bagian atas, kekuatan tubuh bagian atas akan meningkat tetapi kekuatan tubuh bagian bawah akan tetap sama.

Prinsip kelebihan beban

Konsep dasar lain untuk membangun program kebugaran yang efektif adalah prinsip kelebihan beban. Prinsip ini melibatkan peningkatan bertahap dalam volume atau intensitas untuk terus meningkatkan kebugaran.

Misalnya, jika ingin meningkatkan waktu lari 10 mil, seseorang harus secara bertahap membuat latihannya lebih keras dengan meningkatkan jarak lari, kecepatan lari, dan jumlah waktu.

Olahraga lebih dari 150 menit per minggu

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan tingkat energi. American Heart Association merekomendasikan untuk mendapatkan setidaknya 150 menit latihan aerobik per minggu untuk memperkuat jantung dan paru-paru. Mendapatkan lebih dari 300 menit per minggu terkait dengan manfaat tambahan.

Yoga atau meditasi

Menyertakan aktivitas penghilang stres dalam rutinitas mingguan dapat membantu rileks dan meningkatkan kemampuan untuk menangani latihan yang lebih intens. Dua contoh kegiatan santai termasuk yoga dan meditasi. Studi pada 2016 menemukan bahwa mahasiswa kedokteran yang menjalani enam minggu yoga dan meditasi mengalami peningkatan yang signifikan dalam perasaan damai, fokus, dan daya tahan.

Temukan detak jantung target

Target detak jantung selama latihan aerobik adalah 50 hingga 70 persen maksimum untuk aktivitas intensitas sedang, dan 70 hingga 85 persen maksimum untuk aktivitas berat. Seseorang dapat memperkirakan detak jantung maksimum dengan mengurangkan usia dari 220. Misalnya, jika berusia 45 tahun, detak jantung maksimum adalah 175.

5 dari 5 halaman

Cara meningkatkan daya tahan tubuh

Pelatihan HIIT

Pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) melibatkan serangan berulang dari interval intensitas tinggi bergantian dengan waktu istirahat. Contohnya adalah sprint 10 detik dengan istirahat 30 detik di antara setiap sprint.

Seiring dengan meningkatkan kebugaran kardiovaskular, pelatihan HIIT dapat meningkatkan sensitivitas insulin, tekanan darah, dan membantu menghilangkan lemak perut. Pelatihan HIIT adalah bentuk latihan lanjutan, dan paling cocok untuk orang yang sudah aktif secara fisik.

Temukan latihan yang disukai

Banyak orang mengasosiasikan menjadi bugar dengan pergi ke gym, mengangkat beban, dan berlari di atas treadmill. Namun, bahkan jika tidak menikmati aktivitas ini, ada banyak cara untuk meningkatkan kebugaran. Alih-alih memaksakan diri untuk melakukan latihan yang tidak disukai, pikirkan aktivitas yang disukai.

Misalnya, jika kamu tidak suka berlari tetapi suka menari, mengikuti kelas dansa seperti Zumba adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kebugaran aerobik.

Tetap terhidrasi

Untuk mencegah dehidrasi saat berolahraga, penting untuk tetap terhidrasi, terutama jika berolahraga dalam kondisi panas atau lembap. Jika sesi sangat panjang, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi elektrolit untuk menggantikan mineral yang hilang saat berkeringat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.