Sukses

Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya, Lengkap dengan Adabnya

Liputan6.com, Jakarta Doa masuk kamar mandi dan artinya merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca. Membaca doa masuk kamar mandi dan artinya termasuk adab ketika di kamar mandi. Selain masuk, ada juga doa ketika keluar kamar mandi.

Bagi sebagian orang, perilaku ketika ke kamar mandi atau saat di kamar mandi mungkin tidak penting. Namun, dalam Islam, hal ini begitu diperhatikan. Alasan harus membaca doa masuk kamar mandi dan artinya adalah karena tempat ini merupakan rumah dari setan dan keburukannya.

Doa masuk kamar mandi dan artinya bertujuan mencari perlindungan Allah ketika memasuki tempat di mana setan berada. Dengan memahami doa masuk kamar mandi dan artinya, umat Islam akan terlindungi dari godaan setan.

Selain doa masuk kamar mandi dan artinya, ada adab lainnya yang perlu dilakukan ketika masuk kamar mandi. Berikut doa masuk kamar mandi dan artinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kamar mandi adalah tempat tinggal setan

Ketika masuk dan keluar kamar mandi, disarankan untuk berdoa. Ini merupakan adab yang sangat dianjurkan. Kamar mandi merupakan rumah bagi setan dan segala keburukannya. Hal ini dijelaskan dalam sabda Rasulullah Saw yang diceritakannya kepada para sahabat:

Bahwa iblis berkata kepada Allah Swt, “ Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal.”

Kemudian Allah SWT berfirman: “ Tempat tinggalmu adalah kamar mandi atau jamban" (HR Bukhari).

Para ulama telah menyatakan bahwa alasan mengapa mustahab meminta perlindungan kepada Allah ketika memasuki kamar mandi adalah untuk meminta perlindungan kepada-Nya dari setan yang sering berada di tempat-tempat najis dan tempat terbukanya aurat.

Zaid bin Arqam r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah berkata: “Toilet ini dihantui (dihuni oleh setan), jadi ketika siapa pun dari Anda pergi ke toilet, biarkan dia berkata, 'A'udhu Billahi min al-khubthi wa'l-khabaith (Aku berlindung kepada Allah dari setan laki-laki dan perempuan)." (HR. Abu Dawud, 6; digolongkan shahih oleh al-Albani dalam Sahih Abi Dawud)

3 dari 5 halaman

Tujuan berdoa saat masuk dan keluar kamar mandi

Toilet adalah tempat kotor di mana seseorang tidak boleh mengingat Allah secara lisan, sehingga setan mengambil keuntungan jika tidak mengingat-Nya, karena mengingat Allah mengusirnya. Jadi perintah untuk berlindung kepada Allah sebelum itu berarti bahwa seseorang akan dilindungi dari setan sampai dia keluar.

Tujuan berlindung ini adalah untuk mencari perlindungan kepada Allah dari al-khubthi wa'l-khabaith (setan laki-laki dan perempuan) karena ini adalah tempat yang jahat dan najis (khabith), dan tempat yang khabith adalah tempat tinggal al-khubthi wa'l-khabaith (setan laki-laki dan perempuan).

Maka sepantasnya ketika hendak masuk WC mengucapkan: A'udhu Billahi min al-khubthi wa'l-khabaith (Aku berlindung kepada Allah dari setan laki-laki dan perempuan), agar tidak ada khubth (keburukan) atau khabaith (keburukan) yang memengaruhi.

Alasan ini menyatakan bahwa seorang Muslim harus selalu mencari perlindungan kepada Allah setiap kali dia memasuki toilet. Baik dia ingin buang air besar atau dia masuk untuk tujuan lain yang orang gunakan kamar mandi saat ini, seperti mandi dan sebagainya. Dengan demikian Muslim akan melindungi dirinya dari bahaya setan.

4 dari 5 halaman

Doa masuk kamar mandi dan artinya

Berikut doa masuk kamar mandi dan artinya:

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذ ُ بِك من الْ خُبْثِ وَالْ خَبَائِثِ

Bismillahi, Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaitsi.

Artinya: “ Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina.”

Doa keluar kamar mandi dan artinya

Berikut doa keluar kamar mandi dan artinya:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِ لهِ الذي أَذ ْهَبَ عَنِّي ْ الْأَذَى و َعَافَانِيْ اللهم اجْعَل ْنِيْ مِنَ ا لتَّوَّابِيْ نَ وَاجْعَلْ نِيْ مِنَ ال ْمُتَطَهِّرِ يْنَ. اللَّه ُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِ نَ النِّفَاق ِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِن َ الْفَوَاحِ شِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Artinya: "Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

5 dari 5 halaman

Adab saat masuk kamar mandi

Mendahulukan kaki kiri

Adab saat masuk kamar mandi setelah membaca doa masuk kamar mandi adalah masuk dengan kaki kiri dan mendahulukan kaki kanan saat hendak keluar darinya. Rasulullah sangat suka mendahulukan kaki kanan, namun ketika ke kamar mandi, kaki kiri didahulukan. Ini karena kamar mandi merupakan tempat yang kotor dan kita masuk dalam kondisi kotor sehingga kaki kiri diutamakan yang melambangkan kotor. Etika ini telah diajarkan oleh Rasulullah Saw dan sudah sepatutnya diikuti oleh umat Islam.

Tidak Menghadap atau Membelakangi Kiblat

Adab selanjutnya adalah menghindari menghadap atau membelakangi kiblat. Hal ini terutama penting ketika Anda hendak membangun kamar mandi. Pastikan tidak menghadap atau membelakangi kiblat.

Tidak berbicara

Saat di dalam kamar mandi, tidak diperbolehkan untuk berbicara. Hal ini sangatlah dilarang oleh Allah SWT karena kamar mandi bukanlah tempat yang baik untuk saling mengobrol.

Melakukan Istinja yang benar

Istinja adalah kegiatan membersihkan kotoran yang keluar dari saluran kemih dan anus. Pembersihan kotoran pada istinja dilakukan dengan menggunakan air atau batu dan dapat pula dengan alat lain. Tujuan dari istinja adalah untuk menghilangkan najis yang dapat membatalkan sahnya ibadah. Kemudian juga disunahkan untuk menggunakan tangan kiri ketika istinja. Kecuali jika kondisinya tidak memungkinkan menggunakan tangan kiri.

Tidak Membawa Benda dengan Asma Allah dan Rasul

Saat hendak masuk kamar mandi, pastikan kamu tidak membawa atau memakai sesuatu yang bertuliskan asma Allah dan Rasul-Nya. Bahkan melafalkan bismillah di kamar mandi pun sebaiknya tidak dilakukan.

Tidak berlama-lama

Salah satu godaan setan adalah berlama-lama di kamar mandi. Kamar mandi adalah tempat setan sehingga setan sangat suka menggoda manusia untuk berlama-lama di dalamnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS