Sukses

9 Cara Berenang untuk Pemula yang Mudah dan Cepat, Perhatikan Tekniknya

Renang merupakan olahraga yang membutuhkan waktu adaptasi cukup lama, sebab tubuh manusia lebih terbiasa untuk beraktivitas di darat dan jarang bergerak di dalam air.

Liputan6.com, Jakarta Cara berenang untuk pemula dapat dilakuka dengan mudah tanpa harus les berenang. Berenang memberikan banyak manfaat bagi perenang, mulai dari memperkuat otot, menjaga berat badan, hingga mencegah penyakit jantung.

Renang merupakan olahraga yang membutuhkan waktu adaptasi cukup lama, sebab tubuh manusia lebih terbiasa untuk beraktivitas di darat dan jarang bergerak di dalam air. Selain itu, berenang juga melibatkan seluruh otot tubuh sehingga orang yang tak terbiasa akan mudah lelah.

Meskipun terlihat sulit, sebenarnya berenang adalah olahraga yang mudah. Ada beberapa teknik yang perlu anda perhatikan dan pelajari. Saat belajar berenang pun juga sebaiknya ditemani dengan orang yang bisa berenang supaya lebih cepat untuk belajar.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara berenang untuk pemula yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Berenang untuk Pemula yang Mudah dan Cepat

1. Mengetahui Berbagai Gaya Renang

Sebelum anda mengetahui cara berenang di kolam renang, hal yang patut diketahui adalah dengan memahami berbagai gaya renang yang dapat dilakukan. Sebab dengan mengetahui berbagai teknik gaya renang yang ada, Anda dapat memperkirakan berbagai latihan yang dapat dilakukan pada saat berada di kolam renang.

2. Mempersiapkan Peralatan yang Diperlukan

Cara berenang untuk pemula yang selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan yang diperlukan. Ada berbagai macam peralatan renang dengan kegunaan yang berbeda. Salah satu peralatan tersebut yakni, kacamata renang untuk membuat pandangan tetap jernih dan melindungi mata selama di dalam air. Sementara penyumbat hidung dan telinga melindungi kedua bagian tubuh dari kemasukan air.

Anda juga bisa menggunakan papan pelampung untuk menopang tubuh ketika fokus melatih gerakan kaki. Pilihlah peralatan yang sesuai dengan kebutuhan untuk mempermudah Anda belajar berenang.

3. Membiasakan Diri Berada dalam Air

Sebelum belajar berenang, lakukan cara berenang ini untuk membuat diri Anda nyaman berada di air. Cobalah berjalan dari tepi menuju bagian kolam renang yang lebih dalam. Hal ini bertujuan agar Anda terbiasa dengan daya apung air.

Setelah terbiasa, kembalilah ke tepi kolam. Sambil memegang tepi kolam, biarkan wajah Anda berada di air dan embuskan napas hingga terbentuk gelembung. Teruslah berlatih melakukan ini hingga Anda merasa nyaman berada di dalam air.

3 dari 4 halaman

Cara Berenang untuk Pemula yang Mudah dan Cepat

4. Belajar Mengapung

Anda sebenarnya dapat mengapung berkat daya apung air, tapi Anda mungkin harus membiasakan diri terlebih dulu. Cara berenang adalah dengan berpeganglah pada tepi kolam renang. Tarik napas dalam dan angkat kedua kaki hingga posisi tubuh Anda telentang.

Ini merupakan cara berenang paling dasar yang harus dikuasai saat belajar berenang. Anda mungkin akan kesulitan pada awalnya, tapi teruslah mencoba hingga Anda bisa mengapung selama 15-30 detik. Kemudian, cobalah mengapung tanpa berpegangan.

5. Bergerak ke Depan

Setelah mengapung, kini saatnya belajar bergerak ke depan. Sebagai awalan, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti papan pelampung. Pegang papan di hadapan Anda dengan tangan lurus, lalu dorong tubuh Anda dengan memanfaatkan tepi kolam.

Cobalah menendang dengan kedua kaki Anda secara bergantian. Putarlah kepala Anda ke kiri dan ke kanan untuk mengambil napas. Lakukan langkah ini hingga Anda terbiasa, lalu cobalah kembali tanpa alat bantu.

6. Posisi dan Kondisi Tubuh

Cara berenang untuk pemula selanjutnya adalah dengan membiasakan posisi tubuh untuk siap bergerak di dalam air. Anda dapat berlatih dengan menyesuaikan daya apung air dengan gerakan tubuh Anda ketika berenang.

Pastikan pula agar posisi tubuh telah terbiasa dengan gerakan-gerakan renang seperti mengayunkan tangan, menggerakkan kedua kaki, dan lain sebagainya. Apabila Anda telah terbiasa untuk memposisikan tubuh, maka Anda dapat dengan mudah untuk berenang.

4 dari 4 halaman

Cara Berenang untuk Pemula yang Mudah dan Cepat

7. Teknik Kaki

Cara berenang untuk pemula yang selanjutnya untuk belajar berenang adalah dengan mempelajari teknik kaki. Anda dapat mempraktikkan gerakan kaki ketika berada di kolam renang dengan melakukan ritme naik turun antara satu dengan yang lain secara bergantian. Anda dapat melakukan latihan tersebut dengan berpegangan pada tepian kolam ataupun langsung dengan menggunakan bantuan papan pelampung.

8. Teknik Lengan

Yang perlu diperhatikan pula adalah dengan mempelajari teknik lengan. Ketika berenang, maka tubuh akan bergerak ke depan dengan menggerakkan lengan. Terlihat sulit, namun jika Anda mengetahui tekniknya maka renang adalah salah satu olahraga yang akan Anda kuasai. Pada saat latihan untuk berenang, posisikan lengan untuk lurus ke depan.

Setelah itu, coba gerakkan lengan dengan perlahan seperti mengayuh. Hindari untuk melipat lengan ketika berenang. Sebab, Anda dapat bergerak hanya jika lengan Anda tetap berada di posisi yang lurus.

9. Teknik Pernapasan

Cara berenang untuk pemula yang terakhir adalah dengan memahami teknik pernapasan. Latih pernapasan Anda ketika berenang dengan mengambil napas dalam-dalam dan benamkan kepala Anda ke dalam air. Untuk latihan pertama kali, mungkin Anda hanya akan bertahan di dalam air untuk beberapa detik. Hal itu bukanlah sesuatu yang mengecewakan. Terus latih pernapasan Anda hingga terbiasa untuk berada di dalam air dengan beberapa kali percobaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.