Sukses

Masyaallah Tabarakallah Artinya Apa? Kenali Penggunaan dan Ucapan Balasan yang Tepat

Masyaallah tabarakallah artinya adalah ungkapan pujian untuk Allah SWT sekaligus doa memohon keberkahan dari-Nya.

Liputan6.com, Jakarta Masyaallah tabarakallah artinya perlu dipahami umat Islam. Pasalnya, kalimat ini sudah cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia. Masyaallah tabarakallah biasanya diucapkan ketika seseorang melihat sesuatu yang membuatnya kagum.

Masyaallah tabarakallah artinya adalah ungkapan pujian untuk Allah SWT sekaligus doa memohon keberkahan dari-Nya. Sebagai umat Islam, hendaknya kamu menyadari bahwa segala sesuatu di bumi ini adalah atas kuasa Allah SWT.

Masyaallah tabarakallah bisa diucapkan saat kamu mengagumi apa saja, baik manusia ataupun benda. Selain itu, jika ada yang kagum kepada kamu, sudah sepatutnya kamu kembalikan pujian tersebut hanya kepada Allah SWT dengan ucapan Alhamdulillah.

Rasa kekaguman seseorang terhadap sesuatu yang ada di muka bumi ini tentu seharusnya diungkapkan pada Allah SWT sebagai tanda kekaguman atas ciptaan-Nya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022) tentang masyaallah tabarakallah artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

MasyaAllah Tabarakallah Artinya

Masyaallah tabarakallah artinya perlu diketahui secara terpisah. Masyaallah tabarakallah artinya memang berbeda.

Arti Masyaallah

Arti Masyaallah di dalam Al-Qur’an terdapat dalam surat Al-Kahfi ayat 39.

Surat Al-Kahfi Ayat 39

“Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu "maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.”

Ketika berperan sebagai predikat, arti Masyaallah adalah “Inilah yang dikehendaki Allah.” Sementara ketika berperan sebagai kata benda, arti Masyaallah adalah “Apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang terjadi.” Tujuan pengucapan Masyaallah adalah untuk memuji-Nya. Memuji karena begitu takjub dengan segala yang diciptakan dan ditetapkan oleh Allah SWT.

Secara harfiah, arti masyaallah adalah ‘apa yang dikehendaki oleh Allah, maka hal itulah yang terjadi’. Istilah ini biasanya diucapkan ketika seorang muslim mengetahui sesuatu hal yang menakjubkan. Hal ini dapat berarti pula bahwa arti masyaallah adalah bentuk pujian dan doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Rasa ketertarikan tersebut kemudian dapat memunculkan rasa kekaguman berlebih terhadap segala ciptaan Allah. Masyaallah tabarakallah artinya bisa kamu pahami dengan memahami arti kedua kata tersebut secara terpisah.

3 dari 5 halaman

MasyaAllah Tabarakallah Artinya

Arti Tabarakallah

Masyaallah tabarakallah artinya memang perlu dikenali secara terpisah. Walaupun masyaallah tabarakallah artinya hampir sama, yaitu untuk mengungkapkan kekaguman, ternyata penggunaannya berbeda.

Arti tabarakallah merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Di dalam Al-Qur’an, arti tabarakallah berarti Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi. Ibnu Katsier menafsirkannya sesuai arti sebenarnya. Sementara Kementerian Agama Arab Saudi menafsirkan sebagai berkah yang banyak dan luas.

Jika dilihat dari penafsiran, arti tabarakallah tidak tepat ditujukan sebagai ungkapan doa. Ketika mengungkap kekaguman, arti tabarakallah baiknya disandingkan dengan ungkapan MasyaAllah. Bunyinya menjadi masyaallah tabarakallah.

Ketika kedua kata ini disandingkan, artinya akan saling berkesinambungan. Arti masyaallah adalah apa yang dikehendaki oleh Allah SWT, maka itulah yang terjadi. Lalu ketika dilanjutkan dengan tabarakallah, akan menjadi ungkapan kekaguman untuk memuji Allah SWT secara lengkap. Jadi, itulah arti masyaallah tabarakallah.

4 dari 5 halaman

Jawaban Masyaallah Tabarakallah

Jawaban Masyaallah

Saat mendengar masyaallah terucap dari seorang muslimin, maka hendaknya kamu memberikan respon dengan ucapan yang baik. Balasan yang dapat diucapkan oleh seorang muslim saat mendengar Masyaallah adalah dengan istilah berikut:

"Wafiika barakallah"

Artinya:

Semoga Allah memberkatimu juga.

Masyaallah tabarakallah artinya sama-sama merupakan pujian terhadap kuasa Allah SWT. Maka hal tersebut semakin memperjelas bahwa seorang manusia bukanlah makhluk yang sempurna tanpa karunia dan berkah dari Allah SWT atas segala sesuatu dan kemampuan akal pemberian-Nya.

 

Jawaban Tabarakallah

Saat mendengar tabarakallah dari orang lain, hendaknya umat Islam juga memberikan tanggapan dengan ucapan yang baik pula. Balasan ucapan yang tepat untuk tabarakallah adalah:

“Jazakallah khair”

Jazakallah khair adalah sebuah ucapan yang berarti Allah SWT akan membalasmu dengan kebaikan.

Ucapan lain yang juga dapat menjadi balasan dari istilah tabarakallah adalah:

“Barakallah fii”

Artinya: semoga Allah memberkahimu.

Kedua ucapan tersebut juga sama-sama memiliki doa dan pujian yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Hal tersebut dapat bermakna bahwa umat Islam bukanlah makhluk yang sempurna tanpa karunia dan berkah dari Allah SWT atas kemampuan serta akal manusia.

5 dari 5 halaman

Mengucapkan Masyaallah Tabarakallah Menjauhkan Muslim dari Sifat Dengki

Masyaallah tabarakallah artinya memang sangatlah dalam. Tak hanya baik dijadikan sebagai doa, mengucapkan masyaallah juga menjadi pujian agar lebih dekat dengan sang pencipta. Jika diucapkan kepada orang lain, kebaikan juga akan didapat keduanya. Sementara jika diucapkan untuk diri sendiri, manfaatnya akan merasuk dengan sendirinya.

Mengucapkan masyaallah akan menjauhkan manusia dari sifat dengki dan iri lantaran pemberian yang begitu melimpah di kehidupannya di dunia kepada orang lain. Padahal, dengki merupakan sifat manusia yang tidak disenangi oleh Allah SWT. Maka, dengan mengucap dan memahami arti masyaallah, manusia menjadi lebih tenang sebab semua pemberian Allah SWT dapat sewaktu-waktu juga terjadi di dalam kehidupan kita. Sebaliknya, semua pemberian Allah yang telah ada di dalam hidup kita juga dapat diambil sewaktu-waktu tanpa disadari.

Mengucap tabarakallah disebut dapat menjauhkan manusia dari sifat dengki hingga takabur atau sombong. Sebab, Allah SWT memang tidak menyukai hamba-Nya yang memiliki sifat dan sikap sombong terhadap apa yang menjadi miliknya. Maka dengan mengucap dan memahami arti tabarakallah, manusia yang memiliki kelebihan hingga dirinya pun merasa terkagum akan selalu mengingat akan kuasa Allah SWT atas hidupnya. Ia tak lebih dari seorang hamba Allah SWT yang sewaktu-waktu dapat merasakan kehidupan yang berbalik dengan keadaannya saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.