Sukses

LOL Artinya Tertawa Terbahak-Bahak, Pahami Penggunaannya dalam Berkomunikasi

Liputan6.com, Jakarta LOL artinya adalah istilah yang digunakan dalam bahasa gaul. Kata LOL sering kali kita dengar dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan kita temui dalam media sosial. LOL artinya merupakan singkatan kekinian yang populer di seluruh dunia.

Meskipun istilah ini sudah populer di seluruh dunia, namun masih ada sebagian orang yang belum mengetahui arti dan makna kata LOL. Kata LOL biasanya diungkapkan untuk menunjukkan sesuatu yang terkesan lucu, kocak, ataupun gokil. 

Tidak heran bila anda sering menjumpai kata LOL yang diikuti dengan emoticon tertawa. LOL artinya cocok digunakan dalam percakapan santai bersama teman dan orang-orang terdekat. LOL menjadi salah satu ekspresi yang paling banyak digunakan di era digital saat ini.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai makna LOL dan penggunaannya dalam berkomunikasi menggunakan bahasa gaul yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022).

2 dari 6 halaman

Arti dan Makna LOL

Kata LOL artinya biasanya digunakan oleh seseorang untuk mengekspresikan sesuatu yang lucu, seperti  tertawa terbahak-bahak. LOL artinya singkatan dari laugh out loud, tidak ada aturan khusus dalam penggunaaannya. Kata LOL bisa dituliskan menggunakan huruf kapital semua atau sebaliknya, karena kata ini termasuk ke dalam ragam bahasa gaul. Kata LOL biasanya digunakan untuk mengomentari sesuatu yang lucu dengan ditambahkan emoji tertawa setelahnya.

LOL kebanyakan digunakan dalam percakapan online seperti SMS, chat, dan media sosial. Secara gramatikal, LOL diklasifikasikan sebagai kata kerja dan kata seru, atau kata yang mengekspresikan emosi yang kuat. LOL artinya biasanya lebih kuat dari "ha" atau "haha" yang lebih sederhana.

3 dari 6 halaman

Penggunaannya dalam Berkomunikasi

LOL artinya mengindikasikan sebuah humor atau keceriaan. LOL bisa anda gunakan saat menemukan sesuatu atau berada dalam momen yang lucu. LOL menunjukkan bahwa benar-benar tertawa terbahak-bahak. Variasi dari LOL termasuk LOLZ, LML, dan LULZ.

LOL biasanya digunakan untuk menanggapi sesuatu yang lucu. Ini seperti melihat meme, membaca lelucon, menonton video lucu, atau membaca cerita konyol. Pastikan anda menggunakan LOL pada waktu yang tepat.

LOL paling baik digunakan untuk komunikasi informal. Ini seperti percakapan dengan teman atau dengan orang-orang yang sudah akrab dengan anda. Penggunaan LOL dalam percakapan formal seperti dengan atasan atau klien pastinya dianggap tidak profesional.

4 dari 6 halaman

Kepanjangan LOL Lainnya

Akronim LOL ini bukan hanya digunakan untuk mengungkapkan ekspresi tertawa terbahak-bahak, namun juga bisa berarti lain. Berikut beberapa kepanjangan LOL lain beserta artinya yang perlu Anda ketahui:

1. League of Legends (LOL)

Kepanjangan LOL yang berarti league of legends ini biasanya digunakan dalam sebuah game atau permainan online. Dalam hal ini, LOL merujuk pada multiplayer online atau permainan yang dimainkan oleh banyak orang.

2. Lots of luck (LOL)

Kepanjangan LOL berikutnya adalah lost of luck. Sesuai dengan katanya, lost of luck berarti banyak keberuntungan. Singkatan ini biasanya digunakan untuk mendoakan keberuntungan seseorang. Selain itu, singkatan kata ini juga bisa digunakan dalam makna sarkastik atau sindiran. Seperti memberi tahu kepada orang bahwa sebenarnya dirinya tidak memiliki kesempatan.

3. Lost of love (LOL)

Kepanjangan LOL berikutnya yaitu lost of love yang berarti banyak cinta atau cinta yang berlimpah. Kata singkatan ini biasanya ditambahkan di akhir email, surat, atau korespondensi lainnya.

4. Laughing on Line (LOL)

Kata LOL singkatan dari Laughing on Line memiliki arti tertawa onle. Maksud dari frasa ini adalah seseorang yang biasanya memberikan respon atau komentar terhadap sesuatu dalam bentuk tulisan di internet atau media sosial.

5. Lying online Laughter (LOL)

Jika arti kata LOL sebelumnya adalah tertawa online, maka Lying online Laughter memiliki makna sebaliknya, yaitu tertawa bohong secara online. Maksud dari kalimat ini adalah orang yang memberikan respon atau komentar dalam ekspresi atau tulisan tertawa di internet, tetapi sebenarnya ia tidak merasakan ekspresi tersebut.

6. Love of Laughing (LOL)

Kata LOL selanjutnya mengarah pada Love of Laughing yang berarti suka tertawa. Jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, seseorang yang suka tertawa adalah orang yang periang.

7. Lots of Laughter (LOL)

Memiliki arti banyak tawa, kata Lots of Laughter bisa digunakan dalam keadaan atau suasana bahagia yang dibalut dengan banyak tawa.

5 dari 6 halaman

Istilah Gaul dalam Bahasa Inggris

Berikut singkatan gaul bahasa Inggris yang populer:

1. ASAP: As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

2. 4EAE: singkatan dari Forever and Ever yang artinya selama-lamanya.

3. AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.

4. AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

5. Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

6. b/c: singkatan dari because, artinya karena.

7. BRB: Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

8. BTW: MBy The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

9. CMIIW: Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

10. DGMW: Don't get me wrong. Artinya jangan salah paham.

6 dari 6 halaman

Istilah Gaul dalam Bahasa Inggris Lainnya

Berikut singkatan gaul bahasa Inggris yang populer:

11. FYI: For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

12. GG atau GGWP: Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

13. GWS: Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

14. IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

15. IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

16. IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

17. IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

18. J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda.

19. LMAO: singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.

20. OOT: Out of Topic. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari kategori dan topik yang sudah ditetapkan.