Sukses

16 Cara Menenangkan Hati yang Sedang Gelisah Menurut Islam, Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Hati yang tenang akan membawa manusia pada kebahagiaan dalam kehidupannya. Dengan ketenangan hati, manusia dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dengan cara yang tepat. Namun masih banyak yang merasakan hatinya gelisah.

Hati yang gelisah menimbulkan pikiran yang kacau, yang terus berpikir negatif bahkan bisa mempengaruhi setiap keputusan yang kamu ambil. Hal ini jika dibiarkan akan menyebabkan stres. Stres adalah sumber segala macam menyakit.

Untuk mengatasi perasaan atau hati gelisah yang melanda diperlukan ketenangan dalam bersikap dan berpikir. Dalam Islam sendiri, hati yang tenang juga dapat mendekatkan seseorang kepada Allah SWT.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara menenangkan hati yang gelisah menurut Islam yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Menenangkan Hati yang Gelisah Menurut Islam

1. Membaca dan mendengarkan kitab suci

Ibnu Mas’ud mengatakan, “Kalau perasaan tak tenteram, jiwa gelisah dan pikiran kusut menimpamu, maka bawalah hatimu mengunjungi tiga tempat; pertama, tempat orang membaca Al Quran, engkau baca Al Quran atau kau dengarkan dengan baik orang membacanya. Kedua, engkau pergi ke majelis ilmu yang mengingatkan hatimu kepada Allah SWT. Ketiga, engkau cari waktu dan tempat yang sunyi, di sana engkau berkhalwat mengabdikan diri kepada Allah SWT."

2. Melihat orang yang di bawah, jangan selalu melihat orang yang di atas

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut: “Lihatlah orang yang di bawah kalian dan janganlah melihat orang yang di atas kalian, karena dengan demikian itu lebih layak bagi kalian untuk tidak memandang rendah nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kalian.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

3. Menjaga hubungan silaturahmi

Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT berfirman, “Siapa yang menyambung silaturahim, maka Aku sambung rahmat-Ku untuknya. Dan siapa yang memutuskan silaturahim, maka aku putuskan pula rahmat-Ku untuknya.” HR. Tirmidzi dan Abu Daud)

Dengan menjalin silaturahmi, seseorang dapat menceritakan masalahnya kepada orang lain. Alhasil, beban masalah pun bisa berkurang serta hati menjadi lebih tenang.

4. Banyak berdzikir dan mengucapkan kalimat la haula wa la quwwata illa billaah

Cara menenangkan hati yang gelisah menurut Islam lainnya adalah dengan membaca dzikir. Dzikir merupakan salah satu bentuk latihan untuk mengendalikan diri dan pikiran-pikiran negatif. Orang yang menyerahkan dan mengembalikan segala urusan hanya kepada Allah SWT, maka hatinya akan senantiasa merasa tenang, tentram, dan damai.

3 dari 5 halaman

Cara Menenangkan Hati yang Gelisah Secara Umum

5. Tegar dan kuat

Cara menenangkan hati yang gelisah lainnya adalah tegar dan kuat. Sikap tegar dan kuat dapat menciptakan hati yang tenang. Setiap manusia harus yakin mampu melalui segala permasalahan dengan kuat.

6. Berjalan kaki

Berjalan kaki selama 10 menit bisa membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang. Saat berjalan kaki, kamu akan fokus pada proses berjalan kaki, menghirup dan mengeluarkan napas, suara alam, dan pemandangan di sekitar. Pikiran-pikiran buruk pun beralih menjadi fokus sensasi alam yang ada di sekitar.

7. Melakukan meditasi

Melakukan meditasi juga terbukti membuat hati menjadi lebih tenang. Terdapat banyak jenis meditasi yang bisa kamu coba, namun yang paling mudah dilakukan adalah meditasi pernapasan.

8. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang santai, tenang, atau mendengarkan suara alam juga bisa membantu kamu merasa lebih tenang. Silahkan pilih jenis musik yang sesuai dengan selera kamu. Tapi, jangan mendengarkan musik yang galau atau mengandung unsur lirik yang sedih yang bisa membuat kamu semakin kepikiran.

4 dari 5 halaman

Cara Menenangkan Hati yang Gelisah Menurut Islam

9. Jangan menyalahkan diri sendiri

Manakala mengalami masalah, cara menenangkan hati yang gelisah yakni dengan tidak menyalahkan diri sendiri. Jika memang kamu berbuat kesalahan, cobalah untuk memaafkan dirimu dan jangan terus-menerus menyiksa batinmu. Maafkan diri sendiri, kemudian perbaikilah dirimu agar menjadi lebih baik lagi.

10. Menjalankan salat

Salah satu cara menenangkan hati dalam Islam yakni dengan menjalankan salat. Selain sebagai ibadah yang paling utama, setiap kalimat yang terkandung dalam bacaan salat akan membuatmu semakin dekat dengan sang Pencipta. Selain itu, bisa menjadi sarana penangkal berbagai penyakit hati dan pikiran.

11. Biasakan diri dalam keadaan suci dari najis (Wudlu)

Membiasakan diri dengan berwudlu sebelum melakukan sesuatu bisa menjadi alternatif cara menenangkan hati dalam Islam. Berwudlu merupakan metode untuk menyucikan diri dari najis, namun bisa kamu terapkan sebelum beraktivitas agar hatimu bisa menjadi tenang.

12. Perbanyak melakukan salat sunnah

Salah satu cara menenangkan hati dalam Islam yakni dengan memperbanyak melakukan salat sunnah. Selain salat wajib, salat sunnah bisa memberikan pahala dan memberikan ketenangan pada hati. Lakukanlah salat sunnah seperti salat tahajud, salat dhuha, salat taubat, salat hajat dan sebagainya.

5 dari 5 halaman

Cara Menenangkan Hati yang Gelisah Secara Umum

13. Bangunlah dinding pelindung

Membangun dinding untuk melindungi diri sendiri bisa menjadi cara menenangkan hati yang gelisah. Lingkungan sekitar bisa menimbulkan pikiran yang gelisah. Untuk itu ada baiknya kamu membatasi diri dari orang-orang yang bisa menimbulkan kegelisahan bagi dirimu.

14. Menanamkan rasa syukur

Cara menenangkan hati yang gelisah yakni dengan mengambil waktu untuk berdiam sejenak. Sisihkan waktu tenang untuk kembali mengingat-ingat hal kecil yang ada di sekelilingmu. Bersyukurlah dengan apa yang ada, agar pikiranmu kembali tenang.

15. Tetap berpikir positif

Ketika hatimu gelisah, pikiranmu hanya akan dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif. Cobalah cara menenangkan hati yang gelisah dengan tetap berpikir positif agar dirimu bisa merasa tenang dan tentram.

16. Ambillah waktu tenang

Cara menenangkan hati yang gelisah yakni dengan mengambil waktu tenang. Setidaknya ambillah waktu 1-2 jam untuk menenangkan diri. Bersantailah dalam keheningan, buanglah suara negatif yang muncul dalam dirimu, supaya tubuhmu dilingkupi rasa tenang dan damai.