Sukses

Syukron Artinya Terima Kasih, Kenali Penggunaan dan Ucapan Balasannya

Liputan6.com, Jakarta Syukron artinya perlu dipahami oleh setiap orang, terutama bila kamu senang menggunakan bahasa Arab. Syukron memang merupakan ungkapan yang berasal dari bahasa Arab. Istilah ini sudah sering pula digunakan oleh orang Indonesia, dan mungkin sudah cukup familier terdengar.

Syukron artinya berkaitan dengan kamu ungkapan terima kasih kamu terhadap seseorang. Syukron merupakan salah satu kata untuk mengucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih selain sebagai balasan terhadap budi baik seseorang, juga bisa menjadi pengingat untuk senantiasa bersyukur.

Syukron artinya adalah terima kasih. Selain syukron, ada berbagai istilah bahasa arab lainnya yang bisa kamu gunakan saat ingin mengungkapkan rasa terima kasih terhadap orang lain. Kamu tentunya juga perlu mengenali jawaban dari ungkapan terima kasih tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022) tentang syukron.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Syukron Artinya

Mengutip dari KapanLagi, syukron artinya secara harfiah adalah "terima kasih". Syukron artinya dalam bahasa Arab berasal dari syakaro - yaskuru - syukron. Sesuai dengan artinya, syukron artinya terima kasih tentunya digunakan sebagai salah satu kata untuk mengucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih ini selain sebagai balasan terhadap budi baik seseorang, juga bisa menjadi pengingat untuk senantiasa bersyukur. Dengan mengucapkan syukron artinya terima kasih, kamu bisa terhindar dari kufur nikmat.

Hal ini tertulis dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini:

"Siapa pun yang mendapat kebaikan dari orang lain, hendaklah dia membalasnya. Jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu untuk membalasnya, sebaiknya dia memuji orang tersebut, karena jika ia telah memujinya maka dia telah mensyukurinya. Jika dia menyembunyikannya, itu berarti bahwa "Dia menyangkal kebaikannya. Seseorang yang dihiasi dengan (kebaikan) yang tidak dia miliki, seolah-olah dia mengenakan dua helai pakaian kepalsuan." .(HR. Tirmidzi)

3 dari 5 halaman

Mengenal Syukron Katsiron

Terkadang, penggunaan syukron artinya terima kasih ini juga digabungkan dengan kata lain, biasanya dengan "katsiron". Katsiron sendiri berati banyak maka jika digabungkan. Jadi syukron katsiron artinya yaitu terima kasih banyak. Ucapan tersebut digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas budi atau kebaikan seseorang.

Syukron artinya adalah terima kasih. Selain syukron katsiron, masih ada beberapa kata lainnya yang bisa kamu gabungkan dengan syukron untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Berikut beberapa ungkapan terima kasih lainnya dalam bahasa Arab:

- Syukron jazilan: Terima kasih banyak.

- Syukron ala: Terima kasih atas kebaikannya.

- Syukron ala du'aiki: Terima kasih atas doamu (untuk wanita).

- Syukron ala du'aiha: Terima kasih atas doanya (untuk wanita).

- Syukron yaa habibati: Terima kasih sayangku (untuk pria).

- Syukron laki: Terima kasih untukmu (untuk wanita).

- Syukron Laka: Terima kasih untukmu (untuk pria).

- Syukron ala du'ai'ihi: Terima kasih atas doanya (untuk pria).

- Syukron yaa habibi: Terima kasih sayangku (untuk wanita).

- Syukron ala du'aika: Terima kasih atas doamu (untuk pria).

4 dari 5 halaman

Ungkapan Terima Kasih Lainnya dalam Bahasa Arab

Selain syukron artinya terima kasih, kamu juga bisa menggunakan kata lainnya untuk mengucapkan terima kasih kepada orang lain. Salah satunya adalah kalimat “jazakallah khairan”. Arti jazakallah khairan terdiri dari dua kata yakni jazakallah dan khair. Jazakallah adalah istilah bahasa Arab yang digunakan untuk mengucapkan terima kasih.

Jazakallah artinya "semoga Allah membalasmu". Sementara khair atau khairan berarti kebaikan. Jadi, arti jazakallah khairan adalah "semoga Allah membalas kebaikanmu". Jazakallah khairan merupakan ungkapan terimakasih kepada orang yang berbuat baik termasuk juga bentuk syukur kepada Allah SWT. Tak hanya sekadar berterima kasih, di dalam kalimat ini terselip doa yang baik.

Pengucapan kalimat jazakallah khairan berbeda peruntukannya sesuai dengan orang yang ingin diucapkan. Jika laki-laki pengucapannya Jazakallah Khairan, jika perempuan Jazakillah Khairan, jika banyak orang Jazakumullah Khairan. Jazakallah Khairan diucapkan saat seseorang mendapan nikmat atau bantuan dari orang lain.

Selain mengungkapkan rasa terima kasih, jazakallah khairan juga menjadi doa bagi orang yang menerimanya. Jazakallah khairan bahkan bisa juga diberikan pada orang yang membenci, mencela, atau menghina. Ini bisa jadi cara menghadapi kebencian dengan kebaikan. Jazakallah Khairan biasanya diucapkan setelah seseorang mendapat ucapan tabarakallah. Secara harafiah arti tabarakallah adalah "semoga Allah memberkahimu". Arti Tabarakallah juga merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Jawaban Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Arab

Sykuron artinya terima kasih tentunya memiliki jawaban tertentu pula dalam bahasa Indonesia. Layaknya kamu sebagai orang Indonesia menjawabn dengan kalimat “sama-sama”, sykuron artinya bisa dijawab dengan ucapan “afwan”. Afwan artinya adalah sama-sama, dan bisa digunakan sebagai jawaban dari ucapan syukron dalam komunikasi. Afwan juga bisa digunakan untuk menunjukkan kerendahan hati sebagai orang yang menerima ucapan terima kasih.

Sementara itu, jika kamu mendapat ucapan jazakallah khairan, penting untuk membalasnya dengan ungkapan baik pula. Apalagi, kamu paham arti jazakallah adalah “Semoga Allah membalas kebaikanmu”.

Oleh karena itu, kamu bisa membalas atau menjawabnya dengan kalimat wajazakallahu khairan yang artinya semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.

Selain itu, kamu juga bisa menjawab dengan kalimat Wa iyyaka (untuk laki-laki) yang "artinya dan kebaikan untukmu juga" atau wa iyyaki untuk perempuan. Selain kalimat ini kamu juga bisa mengamini kalimat jazakallah khairan, karena itu merupakan doa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS