Sukses

10 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah yang Aman Dilakukan, Pasti Manjur

Liputan6.com, Jakarta - Masalah bibir kering selalu dibarengi dengan keluhan bibir menjadi pecah-pecah hingga berdarah. Penyebab bibir kering adalah dehidrasi, alergi, paparan sinar matahari, cuaca, konsumsi makanan, dan kebiasaan menjilat bibir.

Lalu bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang aman dilakukan?

Melansir dari American Academy of Dermatology Association (AAD), pada Selasa (21/6/2022) cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah mengandalkan pelembap bibir atau lip balm dengan SPF tinggi dan menjaga dari gangguan penyebab iritasi.

Penting sekali dilakukan dari cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah mengoleskan pelembap bibir lebih sering. Sebelum tidur hingga mengoleskannya 2 jam sekali bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Cukupi juga konsumsi air putihnya! Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sepuluh cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, Selasa (21/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

1. Pelembap Bibir

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah cobalah menggunakan pelembap bibir. Mulai dari cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan lip balm, lipstik, dan produk lain yang tidak menyebabkan iritasi pada bibir.

Bahan-bahan yang dapat diandalkan sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah:

- Minyak biji jarak

- Ceramide

- Dimetikon

- Minyak biji rami

- Minyak mineral

- Petrolatum

- Mentega shea

- Bahan pelindung matahari, seperti titanium oksida atau seng oksida

- Jeli minyak putih

- Menggunakan produk yang bebas pewangi dan hipoalergenik

2. Menghindari Iritasi

Adanya ketidaknyamanan ketika menggunakan pelembap bibir sebenarnya menjadi tanda terjadinya iritasi. Itu artinya seseorang harus segera menghentikan penggunaan produk tersebut, ini termasuk cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

“Banyak orang salah mengira ketidaknyamanan, seperti rasa terbakar, perih, atau kesemutan, sebagai tanda bahwa bahan aktif dalam suatu produk bekerja. Bukan itu yang terjadi,” dijelaskan.

Bahan yang harus dihindari saat bibir pecah-pecah umumnya mengandung bahan sebagai berikut:

- Kamper

- Kayu putih

- Rasa kayu manis, jeruk, mint, dan peppermint (bisa sangat mengiritasi bibir kering dan pecah-pecah)

- Keharuman

- Lanolin

- Menthol

- Octinoxate atau oxybenzone

- Fenol (atau fenil)

- Propil galat

- Asam salisilat

3. Merawat Sebelum Tidur

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah mulailah dengan merawatnya sebelum tidur dengan mengoleskan pelembap bibir. Direkomendasikan mengoleskan pelembap bibir (atau pelembab bibir) non-iritasi beberapa kali sehari dan sebelum tidur.

Jika bibir sangat kering dan pecah-pecah, cobalah cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan salep kental, seperti petroleum jelly putih. Salep segel dalam air lebih lama dari lilin atau minyak.

4. Menggunakan Lip Balm SPF Tinggi

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah cobalah menggunakan lip balm non-iritasi dengan SPF yang tinggi. Direkomendasikan lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum pergi ke luar ruangan.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah ini penting dilakukan juga selain di musim dingin. Matahari dapat membakar bibir kering dan pecah-pecah lebih mudah, yang dapat memicu luka dingin.

5. Bahan Pelindung Matahari

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selain penting menggunakan lip balm yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi, juga bisa menggunakan bahan pelindung matahari lainnya seperti titanium oksida dan seng oksida.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Selanjutnya

6. Mengoleskan Lip Balm 2 Jam Sekali

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah khusus yang sering beraktivitas di luar ruangan penting untuk mengoleskan lip balm atau pelembap bibir 2 jam sekali.

“Saat berada di luar ruangan, oleskan lip balm setiap 2 jam,” dijelaskan.

7. Minum Air Putih Cukup

cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah cukupkan konsumsi air putih setiap harinya. Mengapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah demikian? Dijelaskan, bibir pecah-pecah adalah bibir yang kering, jadi untuk mengatasinya seseorang harus tetap terhindrasi dengan mencukupkan konsumsi air putih.

8. Tidak Menjilat Bibir

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah berhentilah menjilat, menggigit, dan mengorek bibir. Perilaku seperti ini bisa memperparah kering dan pecahnya bibir seseorang.

Saat bibir terasa kering, mungkin terasa alami untuk membasahinya dengan menjilatinya, tetapi ini bisa memperburuk masalah. Saat air liur menguap, bibir dijelaskan akan menjadi lebih kering.

9. Menghindari Logam

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah mulailah dengan menghindari bahan logam untuk disentuhkan ke bibir. Mengapa bisa demikian?

“Logam dapat mengiritasi bibir yang sudah sensitif,” dijelaskan.

Dicontohkan cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah menghindari penjepit kertas, perhiasan, dan produk sehari-hari lainnya yang terbuat dari logam

10. Pelembap Udara

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah mengandalkan pelembap udara di rumah atau kamar tidur. Pelembab udara di kamar tidur bisa sangat membantu, terutama jika seseorang cenderung lebih sering bernapas melalui mulut di malam hari atau mengorok.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS