Sukses

12 Cara Membersihkan Paru-Paru Secara Alami, Perhatikan Kebiasaan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan paru-paru perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, paru-paru merupakan organ penting yang menjadi pusat pernapasan manusia. Paru-paru memang bisa membersihkan dirinya sendiri. Namun, mendukung kesehatan paru-paru bisa meningkatkan kinerja pembersihan alaminya.

Udara yang kamu hirup sehari-hari dapat terkontaminasi oleh berbagai jenis polutan. Segala sesuatu mulai dari serbuk sari, bahan kimia, hingga asap rokok dapat terperangkap di udara dan memengaruhi paru-paru kamu.

Cara membersihkan paru-paru bisa dilakukan dengan memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Cara membersihkan paru-paru ini mungkin sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, yang menyebabkan kesulitan bernapas, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau fibrosis kistik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/6/2022) tentang cara membersihkan paru-paru.

2 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru

Olahraga perkusi

Cara membersihkan paru-paru yang pertama yaitu dengan olahraga perkusi. Perkusi, atau perkusi dada, adalah teknik yang dapat membantu mengeluarkan cairan dari paru-paru. Ini membuat tubuh berbaring dengan kepala menunduk dan mengetuk punggung dengan ringan, bekerja dari atas ke bawah.

Olahraga perkusi ini sering dikombinasikan dengan drainase postural, teknik di mana kamu mengubah posisi tubuh sehingga lebih mudah cairan keluar dari paru-paru. Banyak orang dengan fibrosis kistik atau pneumonia menggunakan perkusi dan drainase postural. Punggung individu ditepuk kuat dengan tangan yang ditangkupkan, yang mengendurkan sekresi. Posisi ini membantu sekresi bergerak ke atas dan keluar dari paru-paru.

Konsumsi makanan dan minuman anti peradangan

Makanan dan minuman tertentu mengandung antioksidan anti-inflamasi. Makanan dan minuman anti peradangan ini juga bisa dijadikan cara membersihkan paru-paru. Mengurangi peradangan saluran napas dapat membantu bernapas lebih mudah. Makanan anti peradangan yang baik untuk paru-paru seperti teh hijau, beri, brokoli, kunyit, dan cokelat hitam.

Olahraga aerobik

Cara membersihkan paru-paru lainnya yaitu olahraga aerobik. Rutinitas olahraga yang menggabungkan aktivitas aerobik dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Latihan aerobik dapat meliputi berjalan, berlari, bersepeda, renang, menari, tinju, hingga tenis.

3 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru

Lakukan Latihan Pernapasan

Cara membersihkan paru-paru lainnya yaitu dengan latihan pernapasan. Latihan pernapasan tertentu dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama bagi individu yang saat ini merokok, pernah merokok di masa lalu, atau yang memiliki kerusakan paru-paru akibat penyakit paru-paru kronis. Salah satu latihan pernapasan sederhana adalah pernapasan perut. Ini juga dikenal sebagai pernapasan diafragma.

Penuhi vitamin D

Makan makanan kaya vitamin D juga dapat menjadi cara membersihkan paru-paru. Sebuah studi tahun 2017 tentang orang dengan asma menemukan bahwa tingkat vitamin D yang tepat bisa mengurangi jumlah serangan asma yang membutuhkan perawatan kortikosteroid. Sumber makanan terbaik vitamin D biasanya produk hewani, seperti salmon, sarden, dan telur. Ada juga produk makanan yang sudah difortifikasi vitamin D seperti sereal atau susu.

Konsumsi lemak sehat

Cara membersihkan paru-paru berikutnya yaitu dengan mengonsumsi lemak sehat. Konsumsi lemak sehat omega-3 sangat bermanfaat bagi penderita penyakit peradangan paru-paru. Sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa asupan lemak omega-3 yang lebih tinggi dikaitkan dengan berkurangnya gejala Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) dan peningkatan fungsi paru-paru. Terlebih lagi, mengonsumsi makanan kaya omega-3 dapat membantu mengurangi gejala pada penderita asma.

4 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru

Teh hijau

Teh hijau bisa diterapkan sebagai cara membersihkan paru-paru secara alami. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari penghirupan asap. Teh hijau mengandung quercetin, antioksidan yang bertindak sebagai antihistamin alami.

Antihistamin membantu memperlambat pelepasan histamin dan bahan kimia inflamasi lainnya dalam tubuh yang dapat menyebabkan gejala alergi pernapasan. Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum. Air panas juga baik untuk menenangkan tenggorokan dan melindungi paru-paru dari iritasi dengan mengeluarkan selaput lendir.

Terapi uap

Uap bisa diandalkan untuk membersihkan paru-paru dengan mengeluarkan dahak. Udara uap yang lembap sangat ampuh mengecerkan dahak. Untuk air biasa, siapkan baskom atau wadah, handuk, dan air mendidih. Tutupkan handuk di atas kepala, dekatkan wajahmu ke permukaan air panas tersebut, dan hirup uap airnya.

Minimalisir aroma atau wewangian buatan

Kamu mungkin berpikir bahwa udara di rumah bisa terbantu dengan membuatnya harum dengan penyegar udara, lilin, atau penghangat lilin populer. Namun, wewangian ini seringkali penuh dengan bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi paru-paru. Bahkan pembersih rumah tangga dapat bertindak sebagai iritan. Jadi periksalah lemari dan ganti pembersih dan wewangian dengan produk alami jika memungkinkan.

5 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Paru-Paru

Manfaatkan pembersih udara

Cara membersihkan paru-paru bisa dimulai juga dengan meningkatkan kualitas udara di rumah. Kamu bisa membeli alat pembersih udara yang dapat ditempatkan di masing-masing ruangan. Beberapa jenis pembersih udara atau air purifier juga tersedia untuk menjangkau ruangan yang lebih luas. Pembersih udara pada dasarnya bekerja dengan membersihkan udara, yang mungkin termasuk polutan, alergen, dan racun. Pembersih udara dapat membantu menghilangkan sumber gejala gangguan pernapasan seperti alergi atau asma.

Bersihkan saluran dan filter udara

Selain menggunakan pembersih udara, penting juga mengganti dan membersihkan filter udara di rumah. Ini termasuk ventilasi yang ada di kamar mandi atau AC atau ventilasi pemanas. Pastikan untuk mengganti filter tungku AC setiap enam bulan juga. Cara nembersihkan paru-paru ini tentunya tidak sulit untuk dilakukan.

Dapatkan lebih banyak udara segar

Menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dengan udara segar sangat membantu sebagai cara membersihkan paru-paru. Menghirup banyak udara segar dapat membantu memperluas jaringan di paru-paru dan membuatnya bekerja dengan baik. Kamu bisa memeriksa perkiraan polusi di lingkungan sekitar. Hindari berolahraga di luar saat tingkat polusi tinggi, dan jauhi pembakaran sampah, pembakaran kayu, atau jenis asap lainnya.