Sukses

Contoh Gerak Manipulatif dalam Kehidupan Sehari-Hari, Kenali Jenisnya

Gerak manipulatif merupakan gerakan dasar tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Contoh gerak manipulatif merupakan gerakan dasar tubuh. Gerak adalah segala jenis pergerakan yang dikaitkan dengan aktivitas fisik manusia. Gerak dasar tubuh yang paling umum termasuk keterampilan seperti berlari, melompat, melempar, menangkap, melompat, dan meloncat. 

Gerak manipulatif adalah satu dari tiga gerak dasar tubuh. Dua lainnya adalah gerak lokomotor dan non-lokomotor. Contoh gerak manipulatif dapat berupa keterampilan motorik kasar dan halus. Contoh gerak manipulatif bisa mulai terlihat pada masa anak-anak.

Contoh gerak manipulatif bahkan sudah dimulai ketika bayi memegang sesuatu, seperti jari. Berbeda dengan gerak lokomotor dan non-lokomotor yang menggunakan tangan kosong, contoh gerak manipulatif selalu menggunakan bantuan benda.

Mengetahui contoh gerak manipulatif bisa membantu mengenali jenis gerak apa yang sedang dilakukan. Berikut contoh gerak manipulatif dan penjelasannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(21/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu gerak manipulatif

Menurut KBBI, gerak manipulatif adalah gerak menirukan kegiatan seperti menendang, melempar, atau menangkap. Secara umum, gerap manipulatif adalah keterampilan motorik yang menggunakan tangan, kaki atau bagian tubuh lain untuk menggerakkan atau memanipulasi suatu benda.

Gerakan manipulatif dapat berupa keterampilan motorik kasar, seperti menendang bola, atau keterampilan motorik halus, seperti mewarnai dengan krayon atau mengambil benda kecil. Gerak manipulatif juga disebut sebagai 'keterampilan kontrol objek'.

3 dari 6 halaman

Seperti apa gerak manipulatif?

Gerak manipulatif mengacu pada kemampuan untuk memindahkan dan memposisikan objek menggunakan tangan, kaki, atau anggota badan lainnya. Gerak manipulatif digunakan saat memegang potongan puzzle, mengunci, menulis atau bahkan memotong dengan gunting.

Melakukan gerak manipulatif memerlukan koordinasi banyak keterampilan untuk kinerja yang sukses, termasuk kontrol motorik halus (otot), integrasi bilateral, koordinasi dan koordinasi tangan-mata. Banyak aktivitas sehari-hari yang membutuhkan manipulasi objek.

Gerakan manipulatif dimulai dengan bayi ketika mereka memegang sesuatu, seperti jari. Keterampilan berkembang dengan balita saat mereka belajar bermain dengan balok dan mainan. Pada saat seorang anak berusia prasekolah, gerakan manipulatifnya kuat dan dia menjadi lebih mandiri. Seiring kemajuan gerakan manipulatif, perawatan diri anak meningkat, memungkinkan dia untuk berpakaian sendiri dan menyikat rambut dan giginya.

4 dari 6 halaman

Contoh gerak manipulatif

Gerakan manipulatif terdiri dari dua jenis, gerak motorik kasar dan motorik halus. Gerak motorik halus adalah kemampuan untuk melakukan gerakan menggunakan otot-otot kecil di tangan dan pergelangan tangan. Gerak motorik kasar adalah keterampilan yang melibatkan seluruh tubuh.

Untuk motorik halus, benda yang digunakan bisa berupa pensil, krayon, kancing, atau benda yang kecil. Untuk gerak motorik kasar, objeknya mungkin peralatan olahraga atau mainan bola, raket, atau lompat tali.

Contoh gerak manipulatif kasar:

- memantulkan

- menangkap

- Menggiring bola (menggerakkan bola dengan kaki, seperti dalam sepak bola)

- Menendang atau menggelinding (bola)

- Pengangkatan

- Mendorong dan menarik

- Pukulan (seperti mengayunkan tongkat baseball atau tongkat golf untuk memukul bola)

- Pelemparan

- Volleying (melempar bola ke orang lain, baik dengan tangan atau raket)

Contoh gerak manipulatif halus:

- menjiplak gambar

- mewarnai

- menumpuk koin

- bermain catur

- mengambil benda kecil

5 dari 6 halaman

Keterampilan yang dibutuhkan dalam gerak manipulasi

Berikut keterampilan yang dibutuhkan dalam mengembangkan gerak manipulasi:

Kekuatan tangan dan jari

Kemampuan untuk mengerahkan kekuatan melawan resistensi menggunakan tangan dan jari, yang menggunakan kekuatan otot untuk kinerja tugas.

Koordinasi tangan-mata

Kemampuan untuk memproses informasi yang diterima dari mata untuk mengontrol, membimbing dan mengarahkan tangan dalam melakukan tugas seperti memanipulasi potongan puzzle atau pensil.

Dominasi tangan

Penggunaan satu tangan (biasanya sama) secara konsisten untuk kinerja tugas, yang memungkinkan berkembangnya keterampilan manipulasi yang halus.

Pembagian tangan

Menggunakan hanya ibu jari, telunjuk dan jari tengah untuk manipulasi, membiarkan jari keempat dan kelingking terselip di telapak tangan tidak berpartisipasi tetapi memberikan stabilitas untuk 3 jari yang tersisa.

Integrasi bilateral

Menggunakan dua tangan bersama-sama dengan satu tangan memimpin (misalnya merangkai benang dengan satu tangan sementara tangan lainnya membantu memegang manik-manik).

Kontrol postural

Kemampuan untuk menstabilkan batang tubuh dan leher untuk memungkinkan koordinasi lengan dan tangan untuk kinerja tugas fisik.

Kesadaran Tubuh (Proprioception)

Informasi yang diterima otak dari otot dan persendian untuk membuat sadar akan posisi tubuh dan gerakan tubuh, yang kemudian memandu gerakan terkontrol di masa depan.

6 dari 6 halaman

Macam gerak lainnya

Gerak lokomotor

Gerak lokomotor adalah gerakan terarah yang memungkinkan seseorang atau sesuatu bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain. Keterampilan gerak lokomotor adalah keterampilan di mana tubuh digerakkan dalam satu arah, atau kombinasi arah, dari satu titik ke titik lain.

Gerakan lokomotor dapat terjadi dalam arah yang berbeda dan dengan kecepatan yang bervariasi. Manusia mengembangkan keterampilan lokomotor mulai saat lahir, ketika mulai menggoyangkan dan menggeliat, berguling, merangkak, berlutut, dan kemudian berjalan.

Gerak non-lokomotor

Gerak non-lokomotor adalah gerakan di mana tubuh tidak melakukan perpindahan. Gerakan dapat dilakukan sambil menetap di ruang yang sama. Gerak ini meliputi gerakan tubuh di sekitar porosnya sendiri.

Gerak non-lokomotor adalah keterampilan stabilitas yang mencakup gerakan anggota badan atau bagian tubuh. Gerakan ini juga disebut gerakan aksial, yang meliputi menekuk, meregangkan, mendorong, menarik, memantul, mengayun, gemetar, dan memutar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.