Sukses

6 Fakta Unik Wyckoff House Gedung Tertua di New York, Ditetapkan Sebagai Landmark

Liputan6.com, Jakarta Berdiri kokoh selama puluhan bahkan ratusan tahun, bangunan tua di berbagai negara dunia tentunya punya fakta unik dibaliknya. Setiap negara punya keunikannya tersendiri, begitu juga dengan bangunan yang terkenal di negara tersebut, salah satunya Gedung Wyckoff House di New York, Amerika Serikat.

Disebut gedung tertua di New York, gedung Wyckoff House masih berdiri kokoh. Lantaran masih kokoh dan estetik, tentunya tak disangka jika usianya sudah puluhan tahun. Bahkan beberapa kali gedung tersebut alih fungsi agar tetap digunakan.

Melansir dari Twistedsifter dan Instagram @melliekr, Wyckoff House di Canarsie, Brooklyn adalah rumah tertua di Kota New York. Gedung tersebut dibangun pada tahun 1652, Pieter Claesen Wyckoff dan istrinya Grietje Van Ness membesarkan 11 anak di sebuah rumah pertanian satu kamar.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai Twistedsifter tentang fakta unik Wyckoff House yang merupakan gedung tertua di New York, Rabu (22/6/2022).

2 dari 7 halaman

1. Bangunan Tertua

Melansir dari Twistedsifter, pemandu wisata New York, Tommy Silk menjelaskan jika Wyckoff House adalah bangunan tertua (berdiri). Selain itu, Wyckoff House merupakan salah satu gedung unik yang menarik untuk dikunjungi.

“The Wyckoff House adalah bangunan tertua yang tersisa di NYC. Itu berasal dari setidaknya 1652 dan ditempati oleh keluarga Wyckoff selama berabad-abad.” Jelasnya dilansir Liputan6.com dari Twistedisfter.

3 dari 7 halaman

2. Pertama Kali Dibangun Tahun 1636

Dibangun pertama kali tahun 1636, usia bangunan yang disebut tertua di New York ini sudah berusia sekitar 386 tahun. Tentunya dapat dibayangkan bagaiman bangunan tua tersebut masih berdiri hingga 300 tahun lamanya.

Sebelum Pieter Claesen Wyckoff, seorang imigran Belanda lainnya, membelinya pada tahun 1652, Seorang pejabat Belanda bernama Wouter van Twiller telah lebih dulu membangun rumah itu pada tahun 1636.

Keluarga Pieter Claesen Wyckoff telah mempertahankan salah stau bangunan tertua di New York, Amerika Serikat tersebut selama berabad-abad sebelum dijual kepada pembeli pribadi pada tahun 1937.

4 dari 7 halaman

3. Sempat Akan Dihancurkan

Lantaran merupakan bangunan tua yang sudah berusia ratusan tahun, bangunan Wyckoff House tentunya pernah direncanakan untuk dihancurkan. Namun pada akhirnya, Wyckoff House & Association, Inc dibentuk untuk melindungi bangunan tersebut dari kemungkinan untuk dihancurkan.

Wyckoff House & Association, Inc secara resmi membeli rumah itu pada tahun 1961 dan menyumbangkan properti itu ke Rumah Bersejarah Trust dari Departemen Taman Kota New York pada tahun 1969.

“Hari ini, misi utama Wyckoff House Museum adalah melestarikan, menafsirkan, dan mengoperasikan bangunan tertua di New York dan taman seluas satu setengah hektar di sekitarnya. Melalui program pendidikan dan pertanian yang inovatif, kami membangun hubungan budaya dan pertanian dalam komunitas kami, menekankan imigrasi, keluarga, makanan, dan komunitas melalui sejarah.” Lansir Liputan6.com dari Twistedsifter.

5 dari 7 halaman

4. Ditetapkan Sebagai Landmark Kota New York

Beberapa kali berpindah tangan, pada tahun 1965, Wyckoff House sebenarnya merupakan struktur pertama yang menerima "Status Landmark" dan ditetapkan sebagai Landmark Kota New York.

Melansir dari Instagram @melliekr, fakta unik dari bangunan yang ditetapkan sebagai landmark bersejarah ini, nama belakang Wyckoff sangat unik sehingga sebagian besar Wyckoff Amerika Utara dapat melacak garis keturunan mereka ke salah satu dari 11 anak Pieter dan Gretje.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Pieter Claesen Wyckoff dan istrinya Grietje Van Ness membesarkan 11 anak di sebuah rumah pertanian satu kamar.

6 dari 7 halaman

5. Beberapa Kali Alami Perubahan

Melansir dari Instagram @nypap_org, salah satu babgunan bersejarah di Kota New York tersebut tentunya sering kali alami perubahan.Namun, terlepas dari perubahan dan perluasan ekstensif, bencana cuaca, dan pasir waktu, bagian asli Rumah Wyckoff masih menjadi bagian utama dari misi interpretatif rumah bersejarah

Selain itu, penambahan dan perubahan selanjutnya, termasuk sayap tambahan yang berasal dari tahun 1750-an dan bangunan Wyckoff House alami restorasi sekitar tahun 1980-an menggunakan bahan asli.

7 dari 7 halaman

6. Menyimpan Sejarah

Kota New York penuh dengan kisah-kisah hebat dan memiliki sejarah unik yang tersisa. Salah satunya adalah bangunan unik Wyckoff House yang tak lepas dari sejarah Kota New York itu sendiri.

Melansir dari Instagram @njhistorictrust dan Twistedsifter, sejak tahun 1756 bangunan ini hanya dua keluarga. Hageman Farm dan Wyckoff House terdiri dari pertanian khas abad ke-19. Bangunan ini mencerminkan perkembangan komunitas pertanian di mana semua nama properti terhubung dan buku harian yang merinci kehidupan ini dapat divisualisasikan dan dicocokkan dengan pengaturan sebenarnya.