Sukses

Contoh Perubahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari, Kenali Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Contoh perubahan kimia merupakan bagian dari kehidupan. Setiap reaksi kimia bisa membentuk perubahan. Contoh perubahan kimia bisa berupa perubahan bentuk, tekstur, warna, bau, dan komponen lainnya.

Contoh perubahan kimia menyebabkan satu zat berubah menjadi zat yang berbeda. Ada banyak contoh perubahan kimia yang bisa ditemui di kehidupan sehari-hari. Sebut saja penguapan, pembakaran, hingga pencernaan, semua merupakan contoh perubahan kimia.

Mengetahui contoh perubahan kimia akan memberi pemahaman tentang reaksi kimia yang terjadi sehari-hari. Perubahan kimia juga bisa terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan reaksinya. Berikut contoh perubahan kimia dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (22/6/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Apa itu perubahan kimia?

Perubahan kimia adalah proses di mana satu atau lebih zat diubah menjadi satu atau lebih zat baru dan berbeda. Perubahan kimia dihasilkan dari reaksi kimia. Contoh perubahan kimia adalah pembakaran, pemasakan, pengaratan, dan pembusukan.

Perubahan kimia terjadi ketika komposisi suatu zat berubah. Proses ini membutuhkan pemutusan dan pembentukan ikatan kimia selama reaksi kimia. Perubahan kimia menyebabkan penataan ulang atom dalam zat untuk membentuk produk dari reaksi kimia ion. Ini merupakan molekul baru yang tidak dapat dengan mudah dikembalikan ke keadaan semula.

Perubahan kimia terbagi dalam 3 jenis, perubahan kimia organik, anorganik, dan biokimia.

3 dari 6 halaman

Perubahan kimia organik dan contohnya

Perubahan kimia organik berkaitan dengan kimia karbon dan unsur-unsur dan senyawa yang bereaksi dengannya. Perubahan kimia organik merupakan reaksi kimia pada senyawa organik. Senyawa organik adalah senyawa kompleks karbon di mana satu atau lebih atom terikat secara kovalen dengan atom unsur lain.

Contoh senyawa organik adalah karbohidrat, lemak (lipid), protein, dan asam nukleat, yang merupakan dasar bagi molekul kehidupan. Senyawa organik juga termasuk minyak bumi dan gas alam, yang merupakan komponen utama bahan bakar fosil. Contoh perubahan kimia organik adalah:

Pembakaran gas alam

Pembakaran gas alam adalah contoh perubahan kimia organik yang jelas dari reaksi pembakaran. Gas alam mengandung gas metana. Ketika metana bereaksi dengan oksigen di atmosfer menghasilkan air dan karbon dioksida. Oleh karena itu, ini adalah contoh perubahan kimia.

Pematangan buah

Pematangan buah melibatkan serangkaian perubahan. Buah-buahan terdiri dari etilen. Terjadi peningkatan produksi etilen saat buah rusak atau saat dipetik. Ini menghasilkan produksi enzim baru yang pada gilirannya bereaksi dengan bahan kimia yang ada pada buah. Jadi, buah mungkin mengalami beberapa perubahan.

Perubahan kimia yang dialami buah membuat bua menjadi lebih berair dan lembut. Karena kerusakan klorofil, kulit luar buah berubah warna. Selain itu, aroma terpancar dari buah yang matang.

4 dari 6 halaman

Perubahan kimia anorganik dan contohnya

Perubahan kimia anorganik adalah reaksi kimia yang tidak melibatkan atom karbon. Perubahan biasanya terjadi di laboratorium, atau dalam skala yang lebih besar di industri berat. Jenis perubahan yang umum termasuk netralisasi (pencampuran asam dengan basa, menghasilkan air dan garam), oksidasi termasuk pembakaran, reaksi redoks , dan lain sebagainya.

Beberapa contoh perubahan kimia yang melibatkan senyawa anorganik adalah:

Pembentukan baja

Pembentukan baja adalah proses yang tidak dapat diubah. Baja dibentuk dengan penambahan beberapa elemen lain dalam jumlah tertentu ke besi, elemen dasarnya adalah karbon. Hal ini mengakibatkan terbentuknya zat baru, sehingga dianggap mengalami perubahan kimia. Sifat zat yang baru terbentuk berbeda dengan sifat besi.

Penyalaan kembang api

Kembang api terdiri dari nitrat logam sehingga merupakan senyawa pembakaran. Ketika kembang api dinyalakan, pembakaran terjadi yang mengarah pada pembentukan zat baru dengan emisi cahaya dan panas. Dengan demikian, itu dapat dianggap sebagai contoh perubahan kimia anorganik.

5 dari 6 halaman

Perubahan kimia biokimia dan contohnya

Perubahan kimia biokimia berkaitan dengan kimia aktivitas dan pertumbuhan organisme hidup. Ini adalah kimia di mana sebagian besar reaksi dikendalikan oleh protein kompleks yang disebut enzim dan dimoderasi dan dibatasi oleh hormon.

Penguraian bahan organik juga termasuk dalam ruang lingkup biokimia meskipun dalam hal ini pertumbuhan dan aktivitas jamur, bakteri, dan mikroorganisme lain yang terlibat. Berikut contoh perubahan kimia biokimia:

Fotosintesis

Jenis perubahan yang umum termasuk proses yang terlibat dalam fotosintesis, proses di mana karbon dioksida dan air diubah menjadi gula dan oksigen oleh tanaman. Fotosintesis adalah proses yang terutama digunakan oleh tumbuhan untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Ini adalah proses kimia yang terjadi pada tumbuhan. Dalam proses ini, tanaman mengubah air dan karbon dioksida menjadi gula dan oksigen.

Pencernaan

Pencernaan adalah proses perubahan kimia di mana bahan yang kaya energi digunakan oleh organisme untuk tumbuh dan bergerak. Selama proses pencernaan, makanan dipecah menjadi molekul yang lebih kecil. Kelenjar ludah yang ada di mulut membantu dalam pemecahan makanan. Pada proses ini terjadi pembentukan zat baru. Oleh karena itu, itu dianggap sebagai perubahan kimia.

6 dari 6 halaman

Contoh perubahan kimia lainnya

Berikut contoh perubahan kimia yang ada dalam kehidupan sehari-hari:

- Membakar kayu

- Pencampuran asam dan basa

- Merebus telur

- Pemanasan gula untuk membentuk karamel

- Memanggang kue

- Pengasaman susu

- Pengaratan besi

- Penggunaan baterai kimia

- Berbagai reaksi metabolisme yang terjadi di dalam sel

- Pembusukan buah-buahan

- Penguraian sampah

- Menyalakan batang korek api

- Membakar lilin

- Menuangkan peroksida pada luka

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.