Sukses

6 Ciri-Ciri Leukimia yang Perlu Diwaspadai, Salah Satu Tandanya Nyeri Sendi dan Tulang

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri leukimia wajib diketahui supaya cepat mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter. Leukemia adalah kanker yang menyerang jaringan pembuat darah yakni sumsum tulang dan sistem limfatik. Leukimia terjadi karena jumlah sel darah putih jumlahnya melebihi kebutuhan atau kapasitas tubuh. 

Penyakit leukemia disebabkan salah satu sel di sumsum tulang mengalami mutasi DNA. Dampaknya, sel darah putih yang berguna untuk menangkal penyakit dan infeksi tumbuh abnormal dan fungsinya terganggu.

Leukemia biasanya menyerang anak-anak di bawah 15 tahun. Namun, tak jarang kanker darah juga diderita orang berusia di atas 55 tahun. Untuk mengatasinya, anda perlu mengenali ciri-ciri leukimia terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai ciri-ciri leukimia dan penyebabnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/6/2022).

2 dari 6 halaman

Mengenal Leukimia

Melansir Cleveland Clinic, leukemia adalah penyakit kanker sel darah putih yang biasanya dimulai dari sumsum tulang. Pengertian lain, penyakit leukimia atau lebih tepatnya leukemia adalah kanker darah akibat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal.

Sel darah putih merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang diproduksi di dalam sumsum tulang. Ketika fungsi sumsum tulang terganggu, maka sel darah putih yang dihasilkan akan mengalami perubahan dan tidak lagi menjalani perannya secara efektif.

Berbeda dari kebanyakan kanker lainnya yang membentuk tumor atau benjolan ganas, leukemia tidak membentuk massa ketika dipantau dari tes pencitraan. Penyakit ini menyebabkan sel darah putih tumbuh dan membelah tidak teratur, sehingga sel darah putih jadi berlebihan dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu, leukemia juga dapat menyebabkan produksi sel darah normal berkurang. Tanpa sel darah yang cukup, organ dan jaringan tubuh kekurangan oksigen, susah melawan infeksi, dan tidak dapat membekukan darah.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Leukimia

1. Darah Sulit Membeku

Ciri-ciri leukimia yang pertama adalah darah sulit membeku. Leukimia dapat menyebabkan seseorang mudah memar atau berdarah dan sulit untuk sembuh. Penderita Leukimia juga bisa mengembangkan petechiae yang merupakan bintik-bintik merah dan ungu kecil di tubuh. Ini menunjukkan bahwa darah tidak membeku dengan baik.

2. Sering Mengalami Infeksi

Sel darah putih sangat penting untuk melawan infeksi. Jika sel darah putih tidak berfungsi dengan benar, seseorang dapat sering mengalami infeksi. Sistem kekebalan dapat menyerang sel-sel tubuh sendiri.

3. Anemia

Sebab lebih sedikit sel darah merah efektif yang tersedia, penderita leukimia akan mengalami anemia. Ini berarti mereka tidak memiliki cukup hemoglobin dalam darahnya. Hemoglobin mengangkut zat besi ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kesulitan bernapas atau kesulitan bernapas dan kulit pucat.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Leukimia

4. Kelelahan

Kelelahan dan mudah lelah adalah ciri-ciri leukimia yang paling umum. Ciri-ciri leukimia ini sering disebabkan oleh anemia atau kekurangan sel darah merah, yang hanya menambah kelelahan fisik. Dalam kasus kronis dan akut, seseorang mungkin mengalami rentang dari sedikit kelelahan hingga kelemahan fisik yang ekstrem, tetapi dalam semua kasus, gejalanya hanya memburuk dari waktu ke waktu.

5. Muncul Memar

Ciri-ciri leukimia lainnya adalah munculnya ruam atau bintik-bintik merah di kulit, memar, atau perdarahan secara tiba-tiba dan tidak diketahui penyebabnya. Perdarahan ini bisa terjadi sebagai mimisan atau gusi. Pengidapnya juga bisa mengalami perdarahan yang berkepanjangan dari luka, menstruasi yang berat, atau darah di dalam urine atau tinja. Ini karena leukemia telah mengganggu kemampuan sumsum tulang untuk memproduksi trombosit yang dibutuhkan tubuh. Trombosit yang cukup di tubuh ini berfungsi membantu pembekuan darah.

6. Nyeri Sendi dan Tulang

Sumsum tulang adalah jaringan spons yang berada di dalam tulang dan mengandung sel induk yang berkembang menjadi semua jenis sel darah. Saat leukemia terjadi, penumpukan sel darah putih abnormal menyebabkan sumsum tulang membesar dan ini akan memberi tekanan pada saraf di dalam jaringan tulang, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Ciri-ciri leukemia ini cukup sering dirasakan di tulang panjang lengan dan kaki atau di tulang rusuk dan juga tulang dada.

5 dari 6 halaman

Penyebab Leukimia Secara Umum

Leukimia memengaruhi leukosit, atau sel darah putih. Sel darah putih adalah penangkal infeksi yang ampuh. Mereka biasanya tumbuh dan membelah secara teratur, sesuai kebutuhan tubuh. Tetapi pada orang dengan leukimia, sumsum tulang menghasilkan jumlah sel darah putih abnormal yang berlebihan, yang tidak berfungsi dengan baik.

Sel darah putih yang bermutasi atau berubah, melumpuhkan kemampuannya untuk mengontrol pertumbuhan dan pembelahan. Dalam beberapa kasus, sel-sel yang bermutasi ini keluar dari sistem kekebalan dan tumbuh di luar kendali, menekan sel-sel sehat dalam aliran darah.

Seiring waktu, sel-sel abnormal ini dapat mengeluarkan sel darah sehat di sumsum tulang, menyebabkan lebih sedikit sel darah putih sehat, sel darah merah dan trombosit, yang menyebabkan ciri-ciri leukimia.

6 dari 6 halaman

Pengobatan Leukemia

Sebelum menentukan pengobatan leukemia, dokter lebih dulu memeriksa ciri-ciri leukemia dalam darah atau sumsum tulang penderita. Terdapat beberapa tes, antara lain tes darah, biopsi sumsum tulang, atau tes pencitraan (CT, MRI, PET scan).

Setelah diketahui secara pasti jenis dan persebarannya, dokter memberikan opsi perawatan. Perawatan tersebut antara lain kemoterapi, radiasi, terapi biologis, terapi target, transplantasi sel induk, sampai operasi. Dengan diagnosis yang tepat, dapat menentukan tingkat keberhasilan pengobatan pasien leukemia.