Sukses

16 Wisata Madiun yang Bagus dan Populer, Sudah Buka Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata Madiun yang bagus.

Liputan6.com, Jakarta - Memutuskan berlibur ke Jawa Timur, wajib banget mampir ke tempat wisata Madiun yang bagus dan populer. Wisata alam Madiun tak kalah memesona dari Pulau Dewata, Bali loh. 

Di mana saja wisata Madiun yang bagus dan populer itu? Di tempat wisata Madiun ada banyak sekali air terjun, hutan pinus dengan keasriannya, kemudian waduk, taman gunung, hingga monumen bersejarah yang bisa bercerita tentang kisah lama kota Madiun.

Wisata Madiun yang bagus dan populer apabila sudah buka, cocok banget dikunjungi bersama keluarga, kerabat, teman-teman, sahabat, hingga pasangan. Jangan dilewatkan!

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam enam belas tempat wisata Madiun yang bagus dan populer, Kamis (23/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Madiun yang Bagus dan Populer

1. Air Terjun Seweru

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah air terjun seweru. Air Terjun Seweru terletak di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Air terjun yang menjadi wisata Madiun yang bagus dan populer ini merupakan salah satu tempat wisata di Madiun yang tidak boleh pengunjung lewatkan.

Untuk sampai ke wisata Madiun yang bagus dan populer seperti air terjun Seweru ini dibutuhkan perjuangan yang cukup keras, tetapi semua usaha yang pengunjung lakukan akan terbayar lunas oleh keindahan yang dimiliki Air Terjun Seweru ini.

Air di wisata Madiun yang bagus dan populer ini berasal dari sumber mata air dari bawah gunung yang muncul di atas pohon rindang. Lokasinya yang berada di lereng gunung wilis dan berada di ketinggian sekitar 400 mdpl dengan luas sekitar 6 hektar, membuat Air Terjun Seweru ini memiliki pemandangan dan suasana yang menakjubkan.

2. Taman Wisata Gunung Kendil

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Taman Wisata Gunung Kendil. Lokasinya berada di Pilangrejo, Wungu, Madiun. Dari sini, pengunjung bisa melihat suasana pegunungan yang luas dan asri. Akan tampak perbukitan, hutan, serta hamparan sawah.

Uniknya, perbukitan di wisata Madiun yang bagus dan populer Gunung Kendil didominasi kecokelatan, berupa tebing, tanpa pepohonan. Ada gazebo, arena balap motor, mobil off road, dan tempat latihan menembak. Kawasan ini juga menjadi tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbenam.

3. Hutan Pinus Nongko Ijo

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Hutan Pinus Nongko Ijo berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Madiun, Jawa Timur. Tempat wisata Madiun yang bagus dan populer ini menyuguhkan pepohonan pinus menjulang tinggi yang sangat asri.

Berada di kaki Gunung Wilis Hutan Pinus Nongko Ijo menyajikan hawa sejuk pegunungan dengan pemandangan hijau memanjakan mata. Wisata Madiun yang bagus dan populer ini menyediakan area perkemahan untuk para pengunjung. Ada rumah pohon, ayunan, spot foto, warung makan, dan ruang terbuka untuk bersantai.

4. Air Terjun Krecekan Denu

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Air Terjun Krecekan Denu. Lokasi wisata Madiun yang bagus dan populer ini berada di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Meskipun debit air salah satu tempat wisata di Madiun ini tidak begitu deras namun air terjun setinggi kurang lebih 20 meter ini memiliki keindahan yang tak boleh dilewatkan. Air terjun wisata Madiun yang bagus dan populer ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan tempat wisata Grape di Kecamatan Kare.

Pemandangan pepohonan tropis di sekeliling air terjun ini menjadi salah satu penarik wisatawan karena sangat bagus untuk berfoto. Selain itu, akses ke air terjun ini cukup mudah dengan jalan yang sudah beraspal.

5. Kampung Warna-Warni

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah kampung warna-warni. Awalnya, kampung warna-warni adalah kawasan kumuh dan tidak terawat. Kini, masyarakat sekitar mengubahnya menjadi tempat wisata penuh warna yang layak posting di Instagram.

Wisata Madiun yang bagus dan populer ini terletak di Jalan Jatijajar. Tempat wisata Madiun ini pun didekorasi dengan lukisan mural. Nggak heran jika banyak yang menganggap Kampung Warna-Warni mirip Gamcheon Culture Village di Busan, Korea.

6. Waduk Notopuro

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Waduk Notopuro. Waduk ini sebenarnya berguna untuk irigasi dan merupakan waduk tadah hujan yang menampung aliran air dari sekitar hutan lereng gunung pandan.

Waktu terbaik untuk menikmati suasana wisata Madiun yang bagus dan populer seperti Waduk Notopuro adalah di pagi hari menjelang terbitnya matahari. Lokasinya berada di Dusun Notopuro, Desa Duren, Kecamatan Pilangkenceng, Madiun.

7. Wana Wisata Grape

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah wana wisata grape. Tempat ini bisa ditemukan lima belas kilometer dari Kota Madiun, atau tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, ada tempat wisata yang bernama Wana Wisata Grape.

Di wisata Madiun yang bagus dan populer ini, pengunjung akan dibawa pada nuansa hutan asri yang berpadu dengan panorama persawahan dan perbukitan. Banyak kegiatan yang bisa pengunjung lakukan di sini, mulai dari bersepeda, hiking, main di sungai sampai berkemah.

8. Bendungan Jati

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah bendungan jati. Tempat wisata instagenic yang penuh warna tidak hanya ada di kampung warni-warni. Bendungan Jati sebagai wisata Madiun yang bagus dan populer pun menawarkan panorama serupa. Semua dinding, pagar, dan jembatan di bendungan tersebut dipoles cat beragam warna cerah. Bahkan, tangga menuju bendungan tampak apik dibalut warna kuning, merah muda, dan biru tua.

3 dari 3 halaman

Wisata Madiun yang Bagus dan Populer

9. Air Terjun Kedung Malam

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Air Terjun Kedung Malam. Lokasinya berada di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Untuk menuju wisata Madiun yang bagus dan populer ini pengunjung perlu menempuh jarak kurang lebih 25 km dari pusat Madiun.

Air Terjun Kedung Malam sebagai wisata Madiun yang bagus dan populer berada di kawasan perkebunan kopi lereng Gunung Wilis. Tinggi wisata Madiun yang bagus dan populer ini kurang lebih 30 meter, air terjun ini menyajikan kesegaran alam yang hijau dan masih sangat asri.

10. Waduk Bening Widas

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Waduk Bening Widas. Waduk ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dari aliran Sungai Brantas, juga dijadikan sebagai salah satu wisata andalan Kabupaten Madiun.

Ada pemandangan permukaan waduk yang dikelilingi hutan, pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, bermain banana boat, sampai keliling waduk naik perahu. Tertarik berkunjung ke wisata Madiun yang bagus dan populer ini?

11. Monumen Kresek

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Monumen Kresek. Ini tempat wisata di Madiun yang didirikan untuk mengenang tragedi berdarah politik tahun 1948. Orang-orang sering menyebut dengan Peristiwa Madiun, yang kemudian dibuat dalam diorama dan relief-relief.

Lokasi wisata Madiun yang bagus dan populer ini, hanya berjarak 8 kilometer menuju arah timur dari Kota Madiun. Tragedi Madiun sendiri tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Peristiwa ini menelan banyak korban di Desa Kresek mulai dari anggota TNI, Pamong Desa, hingga warga biasa.

12. Situs Bersejarah Nglambangan

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah situs Bersejarah Nglambangan. Lokasinya di desa Nglambangan, kecamatan Wungu, tepatnya berjarak delapan kilometer ke arah timur dari kota Madiun.

Tempat wisata di Madiun ini memiliki sejumlah peninggalan yang dipercaya sudah ada sejak jaman Majapahit. Ada bangunan dan artefak yang masih terjaga sampai sekarang, seperti Pura Lambangsari, Watu Dakon yang biasa digunakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno, serta Sendang Jambangan.

13. Waduk Kedungbrubus

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah waduk Kedungbrubus berada di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Tempat wisata di Madin berupa waduk ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan irigasi warga dan tempat rekreasi. Di sekitar Waduk Kedungbrubus banyak sekali ditemukan fosil purba.

14. Makam dan Masjid Kuno Taman

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Makam dan Masjid Kuno Taman. Ini peninggalan sejarah terletak di Kelurahan Taman, Madiun. Nama lain dari wisata Madiun yang bagus dan populer ini adalah Masjid Donopuro atau Masjid Besar Kuno Madiun.

Wisata Madiun yang bagus dan populer ini dibangun oleh Kiai Ageng Misbach atau Kiai Donopuro tahun 1754. Masjid yang semula bernama Masjid Donopuro ini didirikan di tanah bebas pajak atau perdikan Kerajaan Mataram.

Setelah masjid kuno yang dikelilingi makam para mantan bupati Madiun ini masuk dalam daftar peninggalan cagar budaya tahun 1981, maka namanya pun diganti menjadi Masjid Besar Kuno Madiun.

15. Klenteng Tri Dharma

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Klenteng Tri Dharma atau Hwi Ing Kiong. Saat berfoto di wisata Madiun yang bagus dan populer ini, serasa seperti kembali ke masa silam. Bangunan klenteng yang didominasi warna merah, ornamen khas Tionghoa, dan ukiran naga, makin menambah kesan klasik.

Selain itu, ada pagoda empat tingkat di belakang klenteng dan dua patung naga. Lokasi wisata Madiun yang bagus dan populer terletak di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 63, Kelurahan Kejuron, Kota Madiun ini sangat strategis. Pengunjung bisa menjangkaunya dengan naik kendaraan umum. Klenteng ini berada tepat di depan SMPN 6 Madiun.

16. Alun-Alun Kota Madiun

Wisata Madiun yang bagus dan populer adalah Alun-Alun Kota Madiun. Kini, tempat ini disulap menjadi taman yang cantik. Di sekelilingnya terdapat beragam pohon dan aneka tanaman hias. Saat malam, lampu aneka warna bersinar terang di sepanjang taman.

Spot foto terbaik wisata Madiun yang bagus dan populer ini bisa pengunjung temukan di area duduk. Uniknya, tempat duduk di wisata Madiun yang bagus dan populer ini dipoles aneka warna dengan membentuk lingkaran. Selain itu, ada juga hamparan rumput hijau dan bangku tembok yang dapat dijadikan latar foto instagenic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.