Sukses

Contoh Simple Present Tense, Rumus, dan Penggunaan dalam Tata Bahasa Inggris

Liputan6.com, Jakarta Contoh simple present tense adalah bagian dari tata bahasa Inggris atau grammar. Biasanya, simple present tense digunakan untuk menunjukkan suatu tindakan sedang terjadi sekarang, atau ketika itu terjadi secara teratur. Contoh simple present tense akan memberi gambaran bedanya tenses ini dengan tenses yang lain. 

Mengenali contoh simple present tense sangat penting ketika mempelajari grammar. Contoh simple present tense sebearnya hanyalah bentuk dasar dari kata kerja. Contoh simple present tense digunakan untuk mengungkapkan gagasan bahwa suatu tindakan diulang atau biasa.

Contoh simple present tense juga dapat menunjukkan bahwa pembicara percaya bahwa suatu fakta dulu benar, sekarang benar, dan akan benar di masa depan. Berikut contoh simple present tense, rumus, dan penggunannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(23/6/2022).

2 dari 5 halaman

Mengenal Simple Present Tense

Simple present tense adalah tense mengungkapkan sesuatu yang sering terjadi di masa sekarang. Ini digunakan untuk menggambarkan kebiasaan, situasi yang tidak berubah, kebenaran umum, dan pengaturan tetap.

Simple present tense adalah ketika kamu menggunakan kata kerja untuk menceritakan tentang hal-hal yang terjadi terus menerus di masa sekarang, seperti setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. Simple present tense digunakan untuk apa pun yang sering terjadi atau faktual.

Tergantung pada subjeknya, simple present tense dibentuk dengan menggunakan bentuk dasar atau dengan menambahkan s atau es di akhir. Dalam simple present, kebanyakan kata kerja reguler menggunakan bentuk akar, kecuali pada orang ketiga tunggal (yang berakhiran -s ).

3 dari 5 halaman

Kapan harus menggunakan simple present tense?

Pikirkan tentang jadwal harianmu. Jam berapa kamu bangun, sarapan, atau mengerjakan pekerjaan rumah? Tindakan ini berulang. Kamu melakukannya setiap hari. Setiap kali kamu mengembangkan sesuatu dari rutinitas, kamu harus menggunakan kata kerja simple present tense untuk menggambarkannya.

Melansir Thesaurus, secara umum, simple present tense digunakan karena dua alasan. Pertama, menggambarkan suatu tindakan atau keadaan yang sedang terjadi saat ini. Misalnya, kalimat The airplane flies yang artinya pesawat itu sedang terbang. Contoh lain adalah kalimat The cheese smells like a garbage dump yang menggambarkan keju dalam keadaan bau yang sedang terjadi saat ini.

Saat menggunakan kata kerja dengan cara ini, biasanya menggunakan kata kerja statif dalam simple present tense. Kata kerja statif adalah kata kerja yang merujuk pada keadaan daripada tindakan seperti dalam Musik ini terdengar mengerikan.

Kedua, untuk merujuk pada suatu tindakan atau situasi yang terjadi secara teratur. Contohnya Jessica exercises at the park yang mengungkapkan pemikiran bahwa Jessica membuat kebiasaan berolahraga di taman secara teratur. Demikian pula kalimat The moon looks orange sometimes yang menyatakan bahwa bulan kadang-kadang berwarna jingga.

Sesuatu yang perlu diingat adalah bahwa jika sebuah kalimat menggambarkan tindakan atau keadaan sementara yang akan berlanjut ke masa depan, itu BUKAN menggunakan kata kerja simple present tense. Misalnya, kalimat My hamster is getting really fat (Hamster saya semakin gemuk) dan I am brushing my teeth (saya menyikat gigi) tidak menggunakan kata kerja dalam simple present tense. Sebaliknya, kalimat-kalimat ini menggunakan frasa kata kerja yang berada dalam bentuk kata kerja yang dikenal sebagai present continuous tense.

4 dari 5 halaman

Rumum simple present tense

Secara struktural, simple present tense dapat ditulis dalam format:

Positive statements

[Subject + verb (s/es) + object]

Negative statements

[Subject + do/does + not + verb + object]

Question statements

[Do/does + subject + verb + object + ?]

5 dari 5 halaman

Contoh simple present tense

Berikut contoh simple present tense:

He plays the piano. (positive)

He does not play the piano. (negative)

Does he play the piano? (question)

 

Romie loves to eat burgers. (positive)

Romie does not love to eat burgers. (negative)

Does Romie love to eat burgers? (question)

 

We produce biogas from manure. (positive)

We do not produce biogas from manure. (negative)

Do we produce biogas from manure? (question)

 

I come from Paris. (positive)

I do not come to Paris. (negative)

Do I come to Paris? (question)

 

His wife sets the table

His wife doesn’t set the table

Does his wife set the table?

 

I like fruits

I don’t like fruits

Do I like fruits?

 

We love flying kites

We don’t love flying kites

Do we love flying kites?

 

My son makes his bed

My son doesn’t make his bed

Does my son make his bed?

 

I play chess

I don’t play chess

Do I play chess?

 

She feels good

She doesn’t feel so good

Does she feel so good?

 

They speak English

They don’t speak English

Do they speak English ?

 

She has black hair

She doesn’t have black hair

Does she have black hair?

 

You love me

You don’t love me

Do you don’t love me?

 

I am a doctor

I am not a doctor

Am I a doctor?

 

You are an engineer

You are not an engineer

Are you an engineer?

 

He is at home.

He is not at home.

Is he at home?

 

She is my sister.

She is not my sister.

Is she my sister?

 

It is a dog.

It is not a dog.

Is it a dog?

 

We are friends.

We are not friends.

Are we friends?

 

They are farmer.

They are not farmer.

Are they farmer?