Sukses

1 Jam Berapa Menit? Ketahui Perhitungannya dalam Satuan Waktu

Liputan6.com, Jakarta 1 jam berapa menit merupakan perhitungan penting dalam kehidupan sehari-hari. Jam dan menit adalah satuan waktu. 1 jam berapa menit adalah dasar membaca waktu yang harus diketahui. 

Menghitung 1 jam berapa menit sangatlah mudah. Perhitungan 1 jam berapa menit sudah paten dan menjadi acuan perhitungan waktu. Mengukur waktu dalam jam, menit dan detik sangat penting ketika memperhitungkan waktu.

Perhitungan 1 jam berapa menit sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui 1 jam berapa menit, kamu akan bisa memperhitungkan waktu yang kamu miliki untuk menyelesaikan sesuatu. Berikut cara menghitung 1 jam berapa menit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(24/6/2022).

2 dari 5 halaman

Apa itu jam?

Jam adalah satuan waktu yang dibutuhkan jarum panjang di arloji untuk bergerak dalam satu lingkaran penuh. Dalam bahasa Inggris, jam disebut hour. Kata tersebut berasal dari bahasa Prancis Kuno hore, yang berarti "seperdua belas hari," dengan akarnya dalam bahasa Latin hora, "jam" atau "musim," dan Yunani hora, "musim."

Jam adalah satuan waktu yang secara konvensional dianggap sebagai 1/24 hari. Dalam 1 hari ada 24 jam. Konsep hari 24 jam berasal dari bangsa Mesir kuno. Mereka membagi hari menjadi 10 jam dengan perangkat seperti jam bayangan dan kemudian menambahkan satu jam di setiap ujungnya (satu untuk senja dan satu di penghujung hari). Kemudian, sebuah bar berbentuk T dibuat oleh orang Mesir, yang dikalibrasi untuk membagi waktu antara matahari terbit dan terbenam menjadi 12 bagian.

Namun, ketiadaan sinar matahari membuat sulit membagi waktu di malam hari. Di zaman kuno itu, tanpa teknologi canggih untuk digunakan, mereka malah memilih 36 kelompok bintang (rasi bintang kecil) yang disebut 'decans', yang naik secara berurutan di cakrawala saat bumi berotasi. Setiap decan terbit sebelum matahari terbit dan menandai awal dari periode 10 hari. Dengan demikian, total 36 decan menghasilkan 36*10=360 hari dalam setahun.

Namun, pada saat itu, jam tidak memiliki panjang tetap karena berubahnya musim. Para astronom Yunani yang kemudian mencoba menemukan jawaban atas perbedaan waktu ini. Hipparchus mengusulkan “Equinoctial hours” dengan mengusulkan pembagian satu hari menjadi 24 jam yang sama. Bahkan kemudian, untuk waktu yang lama, orang-orang biasa tetap menggunakan jam yang berubah-ubah berdasarkan musim.

3 dari 5 halaman

Apa itu menit?

Menit adalah satuan waktu yang biasanya sama dengan 1/60 jam atau 60 detik. Secara historis, kata "menit" berasal dari bahasa Latin pars minuta prima , yang berarti "bagian kecil pertama". Pembagian jam ini dapat disempurnakan lebih lanjut dengan "bagian kecil kedua" (bahasa Latin: pars minuta secunda), dan dari sinilah kata "second" berasal.

Satu menit berarti 60 detik. Beberapa menit yang jarang memiliki 59 atau 61 detik. Menit bukanlah satuan SI, namun diterima untuk digunakan dengan satuan SI. Satu menit adalah pengukuran waktu berdasarkan detik, yang merupakan satuan dasar waktu dalam Sistem Satuan Internasional (SI).

4 dari 5 halaman

1 jam berapa menit?

1 jam berapa menit jawabannya adalah 60 menit. Menit adalah salah satu unit kunci yang digunakan dalam cara kita mengukur waktu hari ini. Pada jam biasanya ada dua atau tiga jarum yang menunjukkan jam, menit, dan detik. Jarum yang lebih pendek menunjukkan jam, yang lebih panjang menunjukkan menit, dan yang panjang dan ramping menunjukkan detik.

Tiap jarum detik berputar dari angka 12 ke 12 lagi, ini disebut 1 menit. Pada waktu ini, jarum menit akan berpindah ke satu titik menandakan 1 menit berlalu. Jika jarum menit berpindah dari angka 12 ke 12 lagi, ini berarti 1 jam sudah terlewati. Ada 60 menit dalam satu jam, 60 detik dalam satu menit.

Pembagian jam menjadi 60 menit dan menit menjadi 60 detik berasal dari orang Babilonia yang menggunakan sistem sexagesimal (penghitungan dalam tahun 60an) untuk matematika dan astronomi. Mereka memperoleh sistem bilangan mereka dari bangsa Sumeria yang menggunakannya sejak 3500 SM.

1 jam sama dengan 60 menit. Untuk mengubah jam ke menit, cukup kalikan jam dengan 60 menit. Misalnya, jika ingin mengetahui 5 jam sama dengan berapa menit, cukup kalikan 5 dan 60. Artinya, 5 jam sama dengan 300 menit.

5 dari 5 halaman

Satuan waktu

Waktu adalah proses yang berkelanjutan dan tidak terbatas yang tidak berhenti. Satuan waktu adalah interval waktu tertentu, yang digunakan sebagai cara standar untuk mengukur atau menyatakan durasi. Satuan waktu dalam SI adalah "Sekon" atau detik. Detik selanjutnya dipecah menjadi banyak segmen untuk memudahkan menghitung waktu.

60 detik = 1 menit

60 menit = 3600 detik = 1 jam

24 jam = 1 hari = 86.400 detik

365 hari = 1 tahun

Semua unit waktu formal berskala kelipatan satu sama lain. Satuan yang paling umum adalah yang sekon, yang didefinisikan dalam proses atomik; hari, kelipatan detik yang tak terpisahkan; dan tahun , biasanya 365 hari. Satuan lain yang digunakan adalah kelipatan atau pembagian dari ketiganya.